x

Iklan

Iwan Singadinata

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

TTI Center Kabupaten Garut “Gelar Pangan Murah”

Sebagai salah satu upaya pemerintah, menjaga stabilitas harga wajar di tingkat produsen,mempermudah aksesibilitas pasokan dan harga di tingkat konsumen

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TTI Center Kabupaten Garut “Gelar Pangan Murah”

“Gejolak harga pangan hingga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi kesejahteraan petani selaku produsen pangan maupun masyarakat luas selaku konsumen akhir. Oleh karena itu, stabillitas harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas dalam pembangunan nasional.”

Kementerian Pertanian (Kementan-RI), dalam mengatasi gejolak harga pangan, saat ini telah melakukan langkah melalui Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai salah satu upaya pemerintah, dalam menjaga stabilitas harga wajar di tingkat produsen, serta untuk mempermudah aksesibilitas pasokan dan harga di tingkat konsumen.

Toko Tani Indonesia Center (TTI Center) Kabupaten Garut, saat ini sedang melakukan kegiatan Gelar Pangan Murah, dalam rangka penyaluran pangan kepada masyarakat secara langsung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan setempat Enok Rihawati, dalam rilisnya mengatakan, kegiatan  Gelar Pangan Murah TTI Center akan dilaksanakan setiap hari Jum’at di minggu pertama setiap bulannya, dan bertempat dihalaman kantor Dinas, untuk menjangkau masyarakat yang tersebar di 42 kecamatan sekabupaten Garut, selain itu Gelar Pangan Murah ini juga akan dilakukan dengan menggunakan kendaraan “PANGLING” (Pangan Keliling)”, tuturnya.

TTI Center telah memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak, khususnya para petani produsen akan mendapatkan harga jual yang relatif lebih baik, karena rantai tata niaga lebih pendek, sedangkan bagi masyarakat konsumen dapat dengan mudah memperoleh bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau

Enok Rihawati menjelaskan, kegiatan seperti ini penting dalam rangka memfasilitasi PUPM, maka dibentuk Toko Tani Indonesia Center (TTI Center) agar dapat memberikan kontribusi dalam kelancaran distribusi pangan, pemasaran komoditas pangan ke masyarakat dengan harga yang terjangkau, ketersediaan pasokan dan kemudahan akses dalam mendapatkan pangan murah. TTI Center adalah  lembaga yang melakukan pengelolaan arus informasi pengadaan pasokan pangan dalam pendistribusian dari Gapoktan/LUPM/Pemasok ke TTI dan konsumen.

Keberadaan TTI Center diharapkan mampu memangkas mata rantai distribusi komoditas pangan yang dipasarkan langsung melalui TTI Center, sehingga harga dapat selalu dikendalikan lebih rendah daripada harga pasar pada umumnya.

Kabupaten Garut.(10/4/2018)

IWAN SINGADINATA

Ikuti tulisan menarik Iwan Singadinata lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

15 jam lalu

Terpopuler