x

Iklan

saryanto senapati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jamban (WC) adalah solusi untuk lingkungan yang sehat

Pembuatan jamban sehat keluarga (WC) adalah solusi menuju hidup sehat di lingkungan pemukiman masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pati, Ternyata masih banyak masyarakat kita yang belum sadar tentang sanitasi sehat di lingkungan pemukiman, perlunya ketersediaan air bersih, pengelolaan pembuangan sampah, serta pembuangan kotoran manusia (Tinja) masih banyak kita jumpai di lingkungan masyarakat kita yang masih semrawut. Selasa, 10/04/2018

Banyak pula masyarakat kita yang sudah sadar akan kesehatan dan sanitasi tersebut, tetapi untuk membuat jamban yang sehat (WC) namun terhadang oleh mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, ahirnya dengan sebisa mereka dengan kemampuan yang dimiliki merekapun membuat jamban tapi tergolong belum sehat, kita sebut saja yang sudah populer di masyarakat jawa dengan nama Jumbleng.

Memang tak banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat jumbleng ini, cukup dengan modal tenaga, menggali tanah dan menutup atasnya dengan bambu yang dianyam, jadilah jumbleng yang dapat dipergunakan untuk membuang hajat setiap harinya. Namun setelah lama kelamaan digunakan, kotoran menumpuk dan ahirnya pencemaran timbul dari pembuangan kotoran yang tidak sehat itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peduli akan hal tersebut, pada Program TMMD Reguler ke-101 ta. 2018 Kodim Pati memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu berupa 20 unit jamban sehat keluarga, dengan harapan terciptanya sanitasi sehat di lingkungan pemukiman masyarakat.

Ikuti tulisan menarik saryanto senapati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu