x

Iklan

mac_ko76 Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

WARGA DI JUNGPASIR KIRAB 73 INGKUNG DI HUT RI

rasa syukur di Hari Kemerdekaan Indonesia. Ribuan warga di Desa Jungpasir Kecamatan Wedung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak - Ada beragam cara untuk mengungkapkan rasa syukur di Hari Kemerdekaan Indonesia. Ribuan warga di Desa Jungpasir Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak menggelar kirab 73 ayam ingkung sebelum melangsungkan doa bersama.

Kirab ayam ingkung tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa setempat, Zabidi disusul ibu-ibu dengan berbaris menuju masjid desa.

Usai kirab, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al Barzanji sebelum kemudian berdoa untuk kemakmuran Indonesia dan sujud syukur secara massal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ini adalah hari penting dan bersejarah bagi semua warga masyarakat di Indonesia. Desa Jungpasir menjadi bagian dari negara tercinta ini. Sehingga sudah sepatutnya hari kemerdekaan dirayakan dan disyukuri," ujarnya kepada detikcom di sela acara, Kamis (16/8/2018).

Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sedikitnya ada 73 ayam ingkung yang dikirab dan dimakan secara bersama setelah serangkaian doa.

"Ini simbol bahwa kemerdekaan RI sudah yang ke-73 tahun. Kebahagiaan ini sudah sepatutnya disyukuri. Kemerdekaan itu milik semua warga masyarakat," paparnya.

Dalam kesempatan itu, semua warga Desa Jungpasir menggelar doa dan sujud syukur bersama untuk memohon kemakmuran dan kedamaian bagi Indonesia.

"Harapan besar kami adalah kemakmuran dan kedamaian. Kita ini disatukan dalam negera Indonesia yang bhineka tunggal ika," lanjutnya.

Aminah, seorang warga Desa Jungpasir mengatakan bahwa perayaan kemerdekaan dapat juga menjadi momen kebersamaan.

"Kita tidak bisa membayangkan para pejuang dulu dalam melawan penjajah. Kita ini kan enak tinggal mensyukuri, mosok tidak mau. Mari bersama-sama bersyukur," tandasnya.(Pendim 0716/Demak)

 

Ikuti tulisan menarik mac_ko76 Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu