x

Iklan

Dewi Hastuti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sadari Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga

Mahasiswa KKN Aaak asyarakat memahami perencanaan keluarga serta permanfaatan rumah pangan lestari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), mulai memasuki babak baru. Memasuki minggu ke-4, TIM II KKN Desa Suruh mulai melaksanakan kegiatan program kerja setelah masa survey berakhir. Sabtu, 04 Agustus 2018, kegiatan pelaksanaan program kerja dimulai dengan pemaparan materi mengenai Perencanaan Keuangan Keluarga, yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat desa dalam hal ini adalah ibu-ibu PKK Desa Suruh, mengenai pentingnya mengatur keuangan keluarga agar keuangan keluarga dapat berjalan se-efisien mungkin.

            Dilanjutkan dengan program Edukasi Kesadaran dan Pengetahuan mengenai POSKESDES (Pos Kesehatan Desa), yang dipaparkan kepada ibu-ibu PKK Desa Suruh. Bertempat di Balai Desa Suruh, kegiatan pemaparan program dimulai pukul 13.00 WIB yang berlangsung kondusif hingga pukul 15.00 WIB. Pemaparan materi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya peran POSKESDES dan manfaatnya di Desa.

            Pemaparan program selanjutnya, adalah mengenai Rumah Pangan Lestari (RPL), dengan pemanfaatan lahan secara vertikultur dan memanfaatkan sampah bekas air mineral untuk media tanamnya. Pemaparan materi diawali dengan memberikan edukasi mengenai pengertian RPL, manfaat serta tata cara pelaksanaannya. Berjalannya program ini, ditujukan agar masyarakat tau bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan baik dan efisien sehingga bisa menghasilkan keuntungan bagi keluarga itu sendiri. Pemaparan materi dilakukan dengan presentasi dengan menunjukkan alat praga berupa tanaman vertikultur yang telah disusun dalam media tanam, serta pembagian benih sayuran kepada peserta yang hadir serta diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh pemateri dengan peserta yang hadir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Minggu, 05 Agustus 2018 kegiatan dilanjutkan dengan menghadiri perlombaan 17-an di Dusun Krajan, Desa Suruh. Perlombaan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan agenda acara yaitu lomba gebug bantal, yang diikuti oleh warga Dusun Krajan, usia muda maupun tua. Kegiatan berlangsung meriah dan gembira, hingga diakhiri pada pukul 12.00 WIB waktu setempat.

Ikuti tulisan menarik Dewi Hastuti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

15 jam lalu

Terpopuler