x

Iklan

Herdisti Caca

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2019

Jumat, 10 Mei 2019 04:19 WIB

Beberapa Caleg Artis Diprediksi Lolos Jadi Anggota DPR 2019

Dengan patokan hasil perhitungan sementara ini, nama-nama seperti Mulan Jameela, Krisdayanti, Kirana Larasati, Olla Ramlan, dan Della Puspita diprediksi melaju sebagai anggota DPR dan bakal menjadi perwakilan suara rakyat Indonesia. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pencoblosan Pemilu 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini masih menghitung ulang suara guna memastikan calon anggota legislatif yang berhasil lolos ke Senayan. Wajah-wajah baru dan petahana diprediksi
mengisi kursi anggota DPR, termasuk mereka yang berlatar belakang artis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak hanya melakukan perhitungan surat suara untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019, tapi partai mana saja yang bakal menduduki kursi legislatif, baik itu pusat, provinsi, atau daerah. Sejauh ini, hasil sementara sudah keluar dan dari quick count tersebut bisa dilihat beberapa partai tidak lolos melaju ke Senayan. Pasalnya, ambang batas persentasi partai tersebut di bawah 4 persen.

Dengan patokan hasil perhitungan sementara ini, nama-nama seperti Mulan Jameela, Krisdayanti, Kirana Larasati, Olla Ramlan, dan Della Puspita diprediksi melaju sebagai anggota DPR dan bakal menjadi perwakilan suara rakyat Indonesia. 
Kepala Badan Saksi Pemenangan Nasional (BNSP) PDI Perjuangan, Arif Wibowo mengatakan partainya menyodorkan 16 caleg dari kalangan artis. Namun, hingga saat ini baru beberapa nama yang diperkirakan melenggang ke parlemen.
Pesohor lain yang diprediksi lolos adalah musisi Ahmad Dhani Prasetyo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Meski saat ini tengah mendekam di penjara karena dua kasus yang dihadapinya, perolehan suara Dhani melesat di Dapil Jawa Timur I, yakni Surabaya dan Sidoarjo. Namun, Dhani masih harus bersaing dengan caleg Partai Gerindra lainnya, Bambang Haryo Soekartono. "Ahmad Dhani masih 50:50, dia masih kejar-kejaran sama Bambang Haryo," ujar Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade. Partai Gerindra memang tak banyak mengusung caleg dari kalangan artis.

Selain Ahmad Dhani, mereka hanya mencalonkan Jamal Mirdad, Rachel Maryam, Fauzi Baadila, Mulan Jameela, dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Meski Dhani saat ini harus mendekam di Rutan Kelas I Surabaya Medaeng
Waru, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, Hendarsam meyakini kasus hukum yang menjerat Dhani tak akan berpengaruh terhadap perolehan suaranya.

Menurut dia, melejitnya suara Ahmad Dhani di Jawa Timur sebagai bukti masyarakat masih
berharap Ahmad Dhani bisa menjadi wakil rakyat dalam menyuarakan aspirasi masyarakat. Kepopuleran Pileg yang kalah tenar daripada Pilpres dinilai menjadi alasan
partai-partai untuk meraih suara di Pemilu 2019 kali ini. Para artis ini sungguhannya sudah memberikan sumbangan berarti bagi kemenangan partai, dan bisa saja tugas mereka memang hanya untuk meraih suara. Oleh karena itu sangat sulit
mengharapkan kinerja luar biasa para artis ini. Parpol pun mungkin tak terlalu berharap banyak dari para artis ini untuk bekerja sebagaimana politisi kader parpol yang lainnya.

Pencalonan anggota legislatif periode 2019-2024 dari kalangan artis meningkat tajam dibanding periode sebelumnya yang hanya 46 orang.Pada periode 2014-2019, setidaknya ada 15 artis dan tiga atlet yang duduk sebagai legislator. Partai
Amanat Nasional (PAN) menjadi partai yang paling banyak menyumbang nama artis, disusul PDI Perjuangan, dan Gerindra. Hampir 70% anggota DPR periode 2014-2019 mencalonkan diri lagi dan kemungkinan besar mereka terpilih.

Sumber:
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-48084654
https://tirto.id/caleg-artis-lolos-ke-senayan-apa-yang-bisa-dihasilkan-dnvQ

Ikuti tulisan menarik Herdisti Caca lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB