x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 5 Juli 2019 14:57 WIB

Berkenalan dengan Ciri Khas Arsitektur Rumah Bali

sebelum memanggil jasa arsitek dan meniru model yang sama pada beberapa bangunan rumah Bali. Akan lebih baik bila kita kenali terlebih dahulu apa saja sih ciri khas arsitektur rumah Bali? Agar demikian elemen-elemen yang selalu hadir pada bangunan rumah Bali tidak kita lewatkan untuk diterapkan dalam bangunan rumah sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keberagaman budaya di Indonesia yang harmonis dengan alam membentuk keberagaman arsitektur yang luar biasanya banyak lahir darinya. Demikian pula dengan arsitektur rumah Bali yang dikenal dengan ciri khas bangunan yang begitu eksotis dan menarik. Sebagai salah satu daerah di tanah air yang sudah dikenal baik oleh dunia, banyak orang tertarik mempelajari arsitektur rumah Bali dan segala ornamen khas yang hadir di dalamnya.

Termasuk mungkin anda dan saya yang saat ini sama-sama mengagumi betapa desain rumah adat Bali dan vila serta penginapan yang ada di Bali selalu punya ciri khas yang elok dan cantik sehingga hal inilah yang melatar belakangi mimpi menerapkan arsitektur yang sama pada rumah idaman kita.

Namun sabar, sebelum memanggil jasa arsitek dan meniru model yang sama pada beberapa bangunan rumah Bali. Akan lebih baik bila kita kenali terlebih dahulu apa saja sih ciri khas arsitektur rumah Bali? Agar demikian elemen-elemen yang selalu hadir pada bangunan rumah Bali tidak kita lewatkan untuk diterapkan dalam bangunan rumah sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Harmoni dengan Alam

Salah satu ciri khas yang paling utama dijumpai pada bangunan rumah Bali adalah harmonisasi bersama dengan alam yang seolah menjadi karakter dan watak dasar dari arsitektur Bali. Pemanfaatan ruangan terbuka dan pencahayaan alam menjadi pemandangan yang selalu dijumpai pada beberapa bangunan rumah bila anda mampir ke Bali.

Material alami tersebut diharapkan mampu menciptakan harmonisasi antara manusia dengan lingkungan, antar sesama manusia dan juga kedekatan manusia bersama dengan Sang Khalik. Dengan senantiasa menghadirkan konsep alam di dalam rumah diharapkan manusia mampu menjaga keseimbangan alam dan tidak melupakan rasa saling memelihara dan menghargai satu dengan yang lainnya.

Peralatan Bernuansa Batu dan Kayu

Beberapa ciri khas lain yang mungkin dijumpai pada bangunan rumah Bali adalah peralatan bernuansakan kayu dan batu yang selalu dihadirkan. Tujuannya adalah itu tadi tetap menjaga harmonisasi bersama dengan alam. Disadari atau tidak beberapa peralatan ini akan mampu memberikan kesan yang teduh, tenang dan santai di dalam sebuah hunian.

Nah, bagi anda yang punya impian menerapkan arsitektur yang sama pada bangunan rumah anda maka jangan lupakan elemen tersebut ke dalam rumah anda. Peralatan kayu dan konsep batu alam yang dihadirkan di dalam rumah diharapkan mampu membawa ketenangan yang sama di dalam ruangan rumah anda.

Ukiran Pada Batu

Disadari atau tidak ketika anda menggunakan penginapan di Bali atau berkunjung ke beberapa restoran dan bangunan lainnya. Anda akan cenderung mudah sekali menjumpai ukiran pada batu yang terpampang di dinding atau di lantai. Nah, ciri khas seperti inilah yang mungkin tidak kita jumpai pada bangunan arsitektur lainnya.

Kesan yang cantik dan artistic akan tentu menambah nilai estetika dari sebuah bangunan. Sayangnya, ukiran batuan semacam ini biasanya tidaklah murah namun kembali lagi, menghadirkan ukiran semacam ini akan pula menjadi aset yang baik dimana harga jual rumah anda pun akan tentu jauh lebih mahal.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Bagimana anda tertarik menerapkan konsep yang sama pada bangunan rumah anda?

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu