x

Ilustrasi ibu dan anak. Shutterstock

Iklan

hanifa oktaviana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juli 2019

Senin, 8 Juli 2019 17:37 WIB

Mengatasi Kecanduan Anak Terhadap Gadget

Beberapa tantangan dan tips milenials parenting di era teknologi saat ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemajuan teknologi sekarang ini sangat pesat dan semakin canggih. Banyak teknologi canggih yang telah diciptakan membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang. Seperti halnya gadget yang memberikan dampak begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Saat ini setiap orang di seluruh dunia pasti sudah memiliki gadget. Dewasa ini pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja, tetapi hampir semua kalangan termasuk anak dan balita sudah memanfaatkan gadget dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari.

Hampir setiap orang yang memanfaatkan gadget menghabiskan banyak waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget. Oleh karenanya, gadget juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri bagi kalangan orang tertentu. Akan tetapi banyak dampak negatif yang muncul dalam pemanfaatan gadget bagi kalangan remaja, anak, bahkan balita. Meskipun sebagian besar dari masyarakat memanfaatkan gadget untuk komunikasi, urusan pekerjaan atau bisnis, mencari informasi, ataupun hanya sekedar untuk mencari hiburan.

Generasi saat ini merupakan tipikal yang aktif, tidak mengenal lelah, serta cerdas. Mereka menghabiskan waktu menonton televisi atau sibuk memainkan gadget. Oleh karena kebiasaan menggunakan gadget, kecanduan gadget pada anak perlahan timbul. Sering kita temui orang tua membelikan gadget yang canggih dengan model yang sesuai dengan keinginan anak. Orang tua yang memiliki karir diluar rumah gadget digunakan untuk memantau aktivitas dan berkomunikasi dengan anak yang ada dirumah. Sedangkan ibu yang standby dirumah memberikan gadget dengan tujuan untuk mengalihkan perhatian si anak agar tidak menganggu aktivitas sang ibu dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Awalnya tujuan mereka berhasil, untuk komunikasi dan sebagai pengalih perhatian. Namun lama-kelamaan anak akan bosan dan lebih aktif untuk mencoba fitur serta aplikasi lain yang lebih menarik. Dimulai dari sinilah, anak akan lebih terfokus pada gadgetnya dan mulai meninggalkan dunia bermain mereka. Anak akan lebih individuali dan takpeka terhadap lingkungan sekitarnya. Penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi anak. Anak yang menghabiskan waktunya dengan gadget akan lebih emosional, pemberontak karena merasa sedang diganggu saat asyik bermain game. Malas mengerjakan rutinitas sehari-hari. Bahkan untuk makanpun harus disuap, karena sedang asyik menggunakan gadgetnya. Lebih mengakhawatirkan lagi, jika mereka sudah tidak tengok kanan kiri atau mempedulikan orang disekitarnya,bahkan menyapa kepada orang yang lebih tuapun enggan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada beberapa dampak negatif karena berlebihan dalam penggunaan gadget pada perkembangan anak yang membuat anak menjadi ketagihan atau kecanduan. Diantaranya adalah:

  • Waktu yang terbuang sia-sia. Anak-anak akan sering lupa waktu ketika sedang asyik bermain gadget. Mereka membuang waktu untuk aktifitas yang tidak terlalu penting, padahal waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk aktifitas yang mendukung kematangan berbagai aspek perkembangan pada dirinya.
  • Perkembangan otak. Terlalu lama dalam penggunaan gadget dalam seluruh aktifitas sehari-hari akan menganggu perkembangan otak. Sehingga menimbulkan hambatan dalam kemampuan berbicara (tidak lancar komunikasi), serta menghambat kemampuan dalam mengeskpresikan pikirannya.
  • Banyaknya fitur atau aplikasi yang tidak sesuai dengan usia anak, miskin akan nilai norma, edukasi dan agama.
  • Menganggu kesehatan. Semakin sering menggunakan gadget akan menganggu kesehatan terutama pada mata. Selain itu akan mengurangi minat baca anak karena terbiasa pada objek bergambar dan bergerak.
  • Menghilangkan ketertarikan pada aktifitas bermain atau melakukan kegiatan lain. Ini yang akan membuat mereka lebih bersifat individualis atau menyendiri. Banyak dari mereka diakhir pekan digunakan untuk bermain gadget ketimbang bermain dengan teman bermain untuk sekedar bermain bola dilapangan.

Menghindari anak dari gadget pada zaman sekarang tentunya hal yang mustahil. Namun, sebagai orangtua wajib mengontrol dan membatasi penggunaannya. Psikolog dan pendiri Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, mengatakan orang tua tidak akan bisa melarang anak untuk tidak bermain gadget. Yang bisa dilakukan adalah perlahan-lahan mengurangi kecanduan anak dengan mengajaknya bermain.

Mengatasi kecanduan gadget pada anak berarti menyelamatkan kualitas hidup anak di masa depan. meski sulit, Anda harus sabar dalam menghadapainya. Catherine Steiner Adair, seorang peneliti di Harvard Medical School sekaligus penulis buku The Big Disconnect: Protecing Childhood and Family Relationship in The Digital Age menjelaskan kunci untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak.

“Anak-anak belajar dari bermain, terutama anak-anak prasekolah dan anak-anak usia dini, Untuk mengatasi kondisi ini, pastikan anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan belajar secara langsung bukan dari layar

Cara mengatasi anak kecanduan gadget merupakan informasi yang sangat dibutuhkan orang tua akhir-akhir ini. Seperti diketahui, di ea modern ini perkembangan gadget terus mengarah ke arah yang lebih baik. Setiap hari terus bermunculan macam-macam gadget baru yang tidak mungkin tidak akan diketahui oleh anak-anak kita. Tanpa disadari, anak-anak pun kemudian menjadi terikat pada keberadaan gadget ini. Permasalahan mengenai anak-anak yang kecanduan gadget pun terus bertambah jumlahnya. Orang tua pun mengalami kekhawatiran, apa yang harus mereka lakukan untuk mencegah anak-anak semakin kecanduan pada gadget? Tentunya dibutuhkan cara mengatasi anak kecanduan gadget. Apa saja cara yang dapat dicoba untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Membatasi Kebiasaan Anak Memegang Gadget

Anak-anak yang sudah kecanduan dengan gadet akan terlihat seolah mereka seperti tidak dapat menjalankan kehidupannya tanpa gadget dan smartphonenya untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya langkah yang dapat diambil adalah dengan membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. Reaksi yang akan ditimbulkan pada diri anak-anak saat pertama kali anda memberlakukan pembatasan gadget pada anak-anak, mungkin akan terlihat berlebihan dan mungkin saja sebagain besar anak akan menangis dengan histeris ketika gadget mereka diambil. Namun, bukan berarti anda akan mengambil dan merampas untuk selama-lamanya, melainkan hanya memberikan batasan untuk mereka. Misalkan, anda hanya akan membiarkan mereka menyentuh dan bermain dengan gadget mereka diakhir pekan saat waktu libur. Sementara dari senin sampai sabtu, mereka hanya boleh menyentuhnya saat mereka selesai belajar, itupun tidak melebihi waktu tidurnya. Menerapkan hal ini mungkin akan terasa berat, baik bagi anda yang merasa tidak tega, ataupun untuk anak-anak anda. Namun, perlahan namun pasti hal ini akan mulai terbiasa dan membuat kecanduan anak berkurang.

  • Membatasi Akses Internet

Pada dasarnya bukan hal yang baru lagi jika para orang tua memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. Namun perlu anda ketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak anda kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak anda akan individualis mengurung diri di kamar bermain internet. Selanjutnya, anak-anak yang kecanduan gadget pun dapat diatasi dengan memberikan batasan akses internet di rumah and. Maksudnya adalah jangan membiarkan internet mudah diakses di rumah dengan membiarkan jaringan wifi menyala terus menerus. Jangan juga membiarkan anak anda tahu password dari jaringan wifi anda. Hal-hal sederhana seperti ini dapat menyadarkan anak anda bahwa menggunakan internet untuk bermain bukanlah hal yang cuma-cuma.

  • Memberikan Kesibukan atau Kegiatan Positif kepada Anak

Semakin banyak waktu luang dalam hari anak-anak akan semakin membuat mereka bosan dan semakin mereka merasa bosan, maka akan semakin besar keinginan mereka untuk dapat mengakses internet. Untuk itulah, tidak ada salahnya mengalihkan anak pada kegiatan-kegiatan yang bisa menyibukan hari-harinya. Kegiatan ini tentunya bisa dimanfaatkan menjadi kegiatan brmanfaat untuk anak, seperti les bahasa Inggris, les menari dan bahkan bimbel sepulang sekolah. Ketika hari-hari anak sibuk dengan berbagai kegiatan, maka akan secara otomatis hal ini membuat mereka lelah. Dan sepulangnya dari kegiatan tersebut hal yang paling diinginkan oleh mereka adalah beristirahat. Dengan begini, kecanduan mereka akan muali teralihkan pada hal-hal yang lebih bermanfaat dan dalam kehidupannya. Selain itu, ada berbagai aktivitas lain yang menyenangkan dilakukan oleh anak-anak selain bermain gadget. Aktivitas yang melibatkan pergerakan fisik seperti bermain sepakbola, bersepeda, berkemah, dan sebagainya, tidak hanya mengatasi kecanduan gadget pada anak, juga mengajarkan anak cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

  • Mengajak Anak Anda Berdiskusi

Cara lain untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak adalah dengan mengajak anak anda berdiskusi. Anggaplah anak-anak anda memiliki hak untuk mengetahui mengapa bermain gadget dalam waktu yang lama tidak diperbolehkan. Berikanlah penjelasan dengan berdiskusi apa bahaya dari bermain gadget dan apa kerugian yang akan disebabkan jika anak-anak anda hanya bermain gadget untuk menghabiskan waktunya.  Jelaskan pada anak anda mengapa anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka jika sudah kecanduan dengan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan, seperti: insomia, indifidual yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya dimasa yang akan datang. Dengan begini anak diharapkan mampu menangkap tujuan orangtua sebenarnya dalam mengatasi kecanduan gadget pada mereka. Berdiskusi dengan anak bisa membuat mereka sadar untuk tidak bermain gadget secara berlebihan.

  • Mengajak Anak Bersosialisasi dengan Teman Sebaya.

Boleh jadi anak bermain gadget  karena tidak ada aktivitas menyenangkan dengan teman-teman sebaya. Tanpa disadari, anak-anak yang tidak memiliki teman sebaya kemudian akan lebih menyukai menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Maka dari itu, perlu mengajak anak untuk bergaul/bermain dengan teman sebayanya, bisa dengan mengundang teman-temannya ke rumah atau ajak ia berkunjung ke rumah salah sobatnya di sekolah. Dengan banyak teman, ia akan sibuk dengan teman-temannya dan bisa lupa dengan gadgetnya. Dorong mereka untuk bermain aktif, seperti bermain bola, petak umpet, dan sebagainya.

  • Meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama anak

Orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak untuk terhindar dari kecanduan gadget. Selalu sediakan waktu luang bersama dengan anak untuk melakukan aktivitas bersama di luar ruangan. Jangan lupa siapkan banyak kegiatan berbeda, karena pada umumnya anak mudah bosan dengan kegiatan yang sama terus-menerus. Untuk membawa anak bermain ke luar rumah, tentunya anda harus memberikan waktu luang anda. Karena tidak mungkin seorang anak dapat bermain ke luar tanpa pengawasan orang tua. Itulah sebabnya mengapa salah satu cara mengatasi anak kecanduan gadget adalah dengan dimulai dari orang tua. Orang tua diharapkan mampu mengatur waktu hingga dapat memberikan waktu luangnya untuk menemani anak bermain. Apabila anda menginginkan anak tidak kecanduan gadget maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu anda ketahui salah satu alasan mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, jangan sibuk bekerja melulu tetapi luangkan waktu untuk si kecil.

  • Bermain Mengenalkan Alam Semesta

Ketika anda sudah tidak ada pekerjaan di kantor maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah atau dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan. Satu lagi cara untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget adalah dengan membawanya bermain ke alam bebas. Alam bebas yang jauh dari koneksi internet, alat-alat elektronik, dan hiruk pikuk kota akan mengajarkan kedamaian alam pada anak-anak anda. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mencoba membawa anak anda menikmati alam bebas di saat liburan. Contohnya anda dapat membawa anak berkemah, mendaki gunung, dan banyak hal lainnya.

  • Bersikap Tegas terhadap Peraturan yang Orang Tua Tetapkan

Mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget memang tidak mudah. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat anak terlepas dan tidak lagi bergantung pada alat elektronik tersebut. Meskipun demikian, Anda harus sabar dan tegas dalam menerapkan peraturan-peraturan yang telah disepakati, seperti berapa lama anak boleh bermain gadget. Jika peraturan itu terus dilakukan, anak pun akan mulai terbiasa hidup tanpa gadget. Anda dapat memberikan pujian atau hadiah bagi anak-anak yang patuh dalam mengikuti aturan penggunaan gadget yang telah anda buat. Sedangkan bagi anak yang tidak patuh, anda dapat memberikan peringatan pun hukuman agar mengerti bagaimana penggunaan gadget yang benar harus dilakukan.

  • Mendatangkan Ahli

Orangtua sebaiknya mendatangi ahli, entah psikolog atau psikiater, bila langkah-langkah di atas sudah diterapkan, tapi tidak berhasil. Anak semakin sulit diatur, sering mengamuk bila gadgetnya diambil dan menunjukkan perilaku lain yang sangat mengganggu. Ahli akan mengobservasi penyebab kecanduan gadget  pada anak. Kemudian akan melakukan berbagai intervensi untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Menjadi orangtua dari anak-anak yang hidup di era globalisasi informasi seperti sekarang ini memang tidaklah mudah. Tidak saja dibutuhkan keteguhan. kecakapan. kesabaran dan kearifan dalam bersikap tetapi juga dalam bertindak. Apalagi dalam zaman sekarang yang serba membutuhkan barang teknologi untuk melakukan kegiatan apapun. Ini menyebabkan peran orangtua penting terhadap perkembangan anak-anaknya yang semakin canggih dengan gadget yang mereka punya.

Gadget memang dibutuhkan untuk sarana komunikasi terhadap segalanya. tetapi pengawasan serta bimbingan orang tua terhadap anak harus selalu dilakukan karena jika orangtua terlena dengan anak yang bisa bermain gadget lama-lama anak hanya bisa bermain gadget dan tidak bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya orangtua mengenalkan gadget pada anak dan juga mengenalkan budaya atau tradisi dalam arti cara menghormati dan sopan santun dalam bermasyarakat. Sehingga peran anak di masa yang akan datang menjadi lebih baik.


Sumber: 

Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. FKIP Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Payne, V.G. & Isaacs, L.D. (2012). Human Motor Development: A Lifespan Approach. New-York: McGraw-Hill.

Hasil seminar pengaruh gadget terhadap perkembangan anak pada tanggal 25 september 2016 oleh Suwarsi

https://bidanku.com/tips-bijak-mendidik-dan-mengatasi-anak-yang-sudah-ketergantungan-gadget  sejak-kecil | Bidanku.com

 

Ikuti tulisan menarik hanifa oktaviana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu