Catat, Delapan Wisata Andalan di Pulau Sumba - Travel - www.indonesiana.id
x

Rumah adat dan batu jaman megalitum yang unik

Ullank YA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 November 2019

Senin, 18 November 2019 10:55 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Catat, Delapan Wisata Andalan di Pulau Sumba

    Dibaca : 561 kali

    Pulau Sumba mungkin belum masuk radar traveling kalian. Padahal banyak tempat wisata di Sumba yang bikin kamu lupa sama keindahan Bali dan Lombok. Terlebih saat ini Sumba merupakan destinasi anti mainstream yang belum banyak dikunjugi oleh traveler dadakan. Beragam destinasi tempat wisata alami.

    Dari air terjun spektakuler sampai desa-desa kuno, Sumba pasti akan menjadi tujuan yang tidak akan Anda lupakan. Meski perlahan mulai mendapat daya tarik di media sosial, pulau ini masih dianggap sebagai destinasi yang cukup tersembunyi.

    Jadi jika Anda tertarik melakukan petualangan eksotis, segera baca sebelum mengkemasi barang-barang dan kami akan tunjukkan ke mana anda harus pergi.

    1. Air Terjun Lapopu

    Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Air terjun ini bertingkat. Jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, tapi masih berundak-undak. Penat atau galau hilang seketika ketika berkunjung ke sini.
    Alamat Jalan Adyaksa, Waikabubak, Sumba, NTT.

    Air Terjun Lapopu

     2. Pantai Walakiri

    Pantai Walakiri terkenal dengan pasir putih dan pantainya yang landai. Bahkan saat air laut surut kamu bisa berjalan-jalan hingga menuju pepohonan bakau dan bibir pantai. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan selain berjemur, kamu juga bisa berenang dan bersantai di tepi pantai sambil menikmati es kelapa muda.

    Pantai Walakiri tempat bersantai yang sempurna, tersedia diPantai Mangrove Walakiri yang memiliki hamparan pantai berpasir putih yang indah dengan ombak lembut, pohon kelapa dan bakau kerdil unik yang tidak boleh anda lewatkan. Kalau gemar mengumpulkan kulit kerang, Anda beruntung karena di pantai ini ada banyak sekali. Tempat paling romantis dan istimewa untuk melihat sunset atau matahari terbenam yang indah.

    Alamat Watubaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Cara ke Sana: Berkendara ke arah timur dari Waingapu ke Malolo. Ini harus memakan waktu sekitar 30 menit.

    Pantai Walakiri Sumba Timur

     3. Bukit Warinding

    Menghilang dalam ruang dan waktu ditengah hamparan savana Bukit Wairinding. Savana yang belum terjamah ini adalah pemandangan yang memanjakan mata. Dengan bukit-bukit rumput hijau berumput bersaling-silang di cakrawala, ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan bersantai setelah perjalanan yang jauh. Biarkan angin membelai kulit Anda dan pikiran mengembara dalam ketenangan.

    Cara ke Sana: Savana ini terletak 30 menit di sebelah barat Waingapu dan dapat dicapai menggunakan mobil atau sepeda motor.

    Bukit Warinding

     4. Air Terjun Waimarang

    Berendam di kolam zamrud tersembunyi air terjun Waimarang memberikan sensasi tersendiri. Waimarang merupakan salah satu air terjun paling indah di Sumba. Daya tarik utama tempat ini adalah kolam air terjun yang spektakuler. Dinding batu yang mengelilingi kolam menciptakan sensasi seolah tengah berada di dalam gua, dengan dinding tertutup lumut hijau dan pepohonan rindang yang menjulang di atas. Rasanya seperti ada di film Indiana Jones.

    Cara ke Sana: Berkendaralah ke Kota Melolo di Sumba Timur dan minta petunjuk arah dari penduduk setempat menuju lokasi air terjun.

    5. Air Terjun Tenggedu

    Serunya river tubing di Air Terjun Tanggedu, anda akan melewati desa-desa tradisional Mondu dan Prainatang saat menuju ke air terjun yang mulai populer di kalangan warga lokal dan wisatawan ini. Lihat saja pasti menakjubkan, tak heran kalau tempat ini populer, diantara formasi bebatuan yang menyerupai ngarai, mengalirlah air jernih dan sejuk yang berasal dari air terjun, dikelilingi oleh alam yang asri.

    Cara Menuju Kesana: Terletak 45 km sebelah utara Waingapu, air terjun ini paling baik dicapai menggunakan mobil atau sepeda motor. Anda akan melewati desa tradisional Mondu dan Prainatang.

    Air Terjun Waimarang

     6. Kampung Praijing

    Salah satu desa adat yang dibangun di atas bukit dan masih mempertahankan kearifan lokal yang ada adalah Kampung Praijing di Sumba barat. Kampung ini masih dikelilingi hutan d an pepohonan yang tinggi. Kampung adat Praijing sudah ditetapkan menjadi situs dengan batu-batu megalitik yang menjadi magnet para pecinta sejarah.

    Tempat wisata di Sumba yang wajib didatangi adalah kampung adat seperti ini. Punya kuburan unik dan menarik yang disebut sebagai kuburan megalitik. Batu-batuan yang digunakan beratnya hingga berton-ton.


    7. Desa Adat Ratenggaro

    Mengunjungi desa tradisional dan membaur dengan tradisi lokal di rumah kuno dari bambu dengan atap yang unik Desa Ratenggaro ini merupakan salah satu dari sedikit tempat di pulau ini di mana anda bisa menemukan rumah tradisional yang terbuat dari bamboo dengan atap unik setinggi 25 meter.

    Seperti desa-desa lain di Sumba, atap tinggi dibangun untuk menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.
    Pantai tersembunyi adalah bonus yang sempurna yang bisa ditemukan di desa kecil di Sumba barat daya ini. Airnya jernih dan ombaknya cukup besar dengan gulungan panjang, cocok untuk berselancar.

    Sekitar 500 meter dari desa, di sepanjang pantai, Anda juga bisa melihat beberapa makam megalitik yang berasal dari 4500 tahun yang lalu.

    Cara ke Sana: Desa Ratenggaro berjarak 50 kilometer barat daya Waitabula. Bisa dicapai dengan naik bus ke Bondokodi dan menyewa ojek.

    Kampung Adat Praijing Sumba NTT


    8. Taman Nasional Manupeu Tanahdaru

    Luas kawasan Taman Nasional Manupeu Tahandaru ini mencakup sekitar 87.894,09 hektar. Koleksi tanamannya mencapai 118 jenis seperti Suren, Tanduk, Jambu Hutan sampai Cemara Gunung. Tempat wisata di Sumba belum lengkap kamu kunjungi jika belum ketemu padang savana di dekat Taman Nasional ini. Salah satu satwa endemik yang dilindungi di TN Manupeu Tanahdaru ini seperti burung kakatua cempaka, julang Sumba hingga 87 jenis burung lainnya yang hidup liar di kawasan hutan lindung.
    Alamat Jalan Adyaksa, Waikabubak, Sumba, NTT.

    Taman Nasional Manupeu


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.