Jokowi Tokoh Asia 2019: Kenapa Soal Pancasila dan Nadiem Justru Jadi Poin Positif? - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Jokowi Tokoh Asia 2019--The Straits Times

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Kamis, 5 Desember 2019 12:23 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Jokowi Tokoh Asia 2019: Kenapa Soal Pancasila dan Nadiem Justru Jadi Poin Positif?

    Presiden Joko Widodo dipilih sebagai tokoh Asia 2019 oleh surat kabar asal Singapura The Straits Times. Koran ini menganggap Jokowi sebagai tokoh pemersatu di tengah kondisi Indonesia, yang surat kabar ini anggap, sedang dalam kondisi tidak stabil.

    Dibaca : 2.421 kali

    Presiden Joko Widodo dipilih sebagai tokoh Asia 2019 oleh surat kabar asal Singapura The Straits Times. Koran ini menganggap Jokowi sebagai tokoh pemersatu di tengah kondisi Indonesia sedang dalam kondisi tidak stabil.

    "Kemampuan dalam berhubungan dengan banyak orang serta berempati kepada rakyat jelata mampu menarik perhatian masyarakat di dalam negeri," kata editorial Straits Times seperti dikutip pada Kamis, 5 Desember 2019.

    Jokowi, kata editorial itu, dipilih karena mampu dan pintar mengarahkan arus politik dalam negeri yang rumit. Sementara itu, di kancah internasional Jokowi dipuji karena mampu menghadapi tantangan strategis.

    Tokoh sebelumnya  yang pernah memenangi penghargaan Strait Times  diantaranya pendiri sekaligus perdana menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, kemudian Presiden China Xi Jinping, dan PM India Narendra Modi.

    Soal  Pancasila dan fundamentalis
    Dalam memutuskan Presiden RI sebagai  pemimpin pilihan 2019, editor The Striits Times antara lain kemampuan Jokowi melihat tantangan dunia  yang dihadapi Indonesia. Adapun di dalam negeri, Jokowi dinilai mampu  berkomunikasi  dan berempati  dengan rakyat biasa yang menyebabkan ia memiliki banyak dukungan.

    The Strait Time menggambarkan adanya daya tahan Jokowi dalam menghadapi perubahan geopolitik dunia,  perubahan teknologi yang mempengaruhi industri  dan 270 juta penduduk Indonesia. Begitu pula tantangan menyatukan masyarakat lewat  Pancasila, yang diusik  oleh kekuatan fundamentalis yang sering berbahaya.

    Jokowi Tokoh Asia 2019--The Straits Times

    Koran ini  juga menyingung  pengangkatan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan.  Pengangkatan  pendiri Gojek ini dianggap sebagai naluri Jokowi dalam melihat masa depan.  Kita tahu,  langkah Jokowi menjadilkan Nadiem sebagai Menteri Pendidikan sempat mengundang kontroversi di dalam negeri.

    Harapan  dan Tantangan
    The Straits Times mengungkapkan optimismenya bahwa Jokowi akan mampu menghadapi tantangan ke depan, serta berharap agar Jokowi tak berkompromi dalam upaya membangun RI yang demokratis, bebas korupsi, toleran, terbuka, dan inklusif.

    Adapun,  hal yang menjadi   pekerjaan rumah di antaranya  membangun ekonomi modern yang tak terlalu bergantung pada komoditas.  Jokowi harus pula mengembangkan sumber daya manusia selain perbaikan infrastruktur.  ***



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.