x

Banjir Jakarta 2020

Iklan

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Sabtu, 4 Januari 2020 06:06 WIB

Kenapa Basuki Desak Anies? Inilah Simulasi dan Penyebab Banjir Temuan Peneliti ITB

Polemik mengenai solusi banjir di Ibukota sempat sengit. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono cukup yakin normalisasi Ciliwung akan mengurangi banjir

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Penyebab banjir
Hasil kajian  Segel juga menyimpulkan bahwa banjir besar yang pernah terjadi di Jakarta hingga 2014  umumnya  karena  hujan yang merata di seluruh daerah aliran sungai. Banjir juga bisa disebabkan hujan di daerah hulu, tapi dampaknya  hanya akan lebih  buruk  bila diikuti oleh hujan lokal.

Menurut  kesimpulan kajian itu,  banjir di Jakarta karena hujan yang terjadi di hulu  hanya mampu menaikan muka air di Manggarai sampai pada + 800 cm .   Nah, jika jika disertai dengan hujan lokal di Jakarta, maka dapat menaikan muka air sampai pada + 900 cm.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Segel juga menyimpulkan, lama perjalanan banjir dari Katulampa sampai dengan Depok sekitar 4 jam, dan perjalanan banjir dari Depok sampai dengan Manggarai berkisar antara 10 sampai dengan 13 jam, tergantung daripada kondisi muka air di hilirnya. Selengkapnya  kajian Segel bisa dilihat  di sini .

Untuk keperluan sekarang,  simulasi itu tentu harus dilakukan ulang sesuai data banjir terbaru. Tulisan ini sekedar menunjukkan bahwa  semua program pengendalian banjir  mudah diukur efektivitasnya, tak perlu capek berdebat. Apalagi, dalam pengendalian banjir, semua jurus perlu digunakan dan tak bisa cuma dengan satu cara. 

***

 

Ikuti tulisan menarik Dian Novitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler