Gibran Uji Kelayakan di DPP PDIP, Besarkah Peluangnya Maju ke Pilkada Solo? - Pilihan - www.indonesiana.id
x

tuluswijanarko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 10 Februari 2020 07:57 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Gibran Uji Kelayakan di DPP PDIP, Besarkah Peluangnya Maju ke Pilkada Solo?

    Hari ini, Senin 10/02, anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, akan menjalani uji kepatutan di DPP PDIP, Jakarta, guna mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju sebagai Calon Wali Kota Surakarta. Selain Gibran, Achmad Purnomo yang sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta, juga akan menjalani uji yang sama. Berapa besar pelaung Gibran untuk terpilih mewakili PDIP?

    Dibaca : 3.671 kali

    Jakarta – Hari ini, Senin 10/02, anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, akan menjalani uji kepatutan di DPP PDIP, Jakarta, guna mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju sebagai Calon Wali Kota Surakarta. Selain Gibran, Achmad Purnomo yang sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta, juga akan menjalani uji yang sama.

    Achmad Purnomo maju ke proses ini karena dicalonkan Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo). Dia akan berpasangan dengan Teguh Prakosa, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solo.

    Sedangkan Gibran mendaftar melalui Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Tengah. Sebelumnya, Oktober lalu, Gibran juga menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk meminta restu

    Siapakah yang akan dipilih DPP untuk bertarung dalam Pilkada Kota Sala pada bulan September mendatang?

    Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto, menyatakan rekomendasi untuk calon kepala daerah Kota Solo menunggu hasil uji kepatutan dan kelayakan di DPP PDIP. Ia mengingatkan, bila partai telah mengambil keputusan, semua pengurus dan kader partai harus patuh. “Apa pun yang diputuskan DPP PDIP, semua harus tegak lurus mengikutinya,” kata dia seperti dikutip Koran Tempo, Senin, 10/02.

    Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, menyatakan peluang Gibran untuk mendapat rekomendasi dari DPP PDIP sangat besar karena berlatar belakang putra presiden. Menurut dia, PDIP akan kehilangan suara jika meninggalkan Gibran.

    Adi menambahkan, Gibran berpotensi menjadi rebutan partai lain jika PDIP tidak memberi rekomendasi dukungan. Bila Gibran mendapat rekomendasi PDIP, Achmad Purnomo otomatis bakal tersingkir. “Ini dilema karena sebelumnya DPC PDIP Solo telah memproklamasikan pasangan Purnomo-Teguh untuk maju dalam pilkada Solo 2020,” kata Adi kepada Koran Tempo.

    Gibran mengatakan tak tahu sama sekali materi yang akan diujikan. "Persiapannya cuma belajar saja," kata Gibran di Solo pada Ahad, 9 Februari 2020, kepada Tempo.co. Rencananya, pengusaha katering ini akan berangkat dengan penerbangan Senin pagi dari Bandara Adi Sumarmo.

    Kemarin, Gibran menemui F.X. Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung, Solo, untuk berpamitan Bagi dia menemui Rudy —panggilan Hadi Rudyatmo—sungguh penting. Selain dikenal sebagai politikus senior di Solo, Rudy merupakan mentor politik ayahnya sejak mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada 2005. Apalagi, dalam pemilihan Wali Kota Solo tahun ini, Rudy tak mengusulkan Gibran sebagai calon wali kota.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.