Inilah 8 Jenis Ikan Nila yang Unggul di Indonesia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Jumat, 15 Mei 2020 10:24 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Inilah 8 Jenis Ikan Nila yang Unggul di Indonesia

    Dibaca : 524 kali

    Salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia adalah ikan nila. Karena, ikan nila memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa dikonsumsi.

    Nah, apa Anda tahu kalau ikan nila memiliki beraneka ragam macam jenis? Yuk simak jenis-jenis ikan nila berikut ini.

    Ada delapan jenis ikan nila yang unggul di Indonesia, diantaranya yaitu:

    1. Ikan Nila Merah NIFI

    Ikan nila merah

    Seperti namanya, ikan nila merah NIFI (National Inland Fish Institute) merah memiliki tubuh berwarna kemerah-merahan dengan garis hitam di siripnya. Ikan nila jenis ini kebanyakan dijadikan sebagai ikan hias karena memiliki bentuk tubuh yang kecil dan warna yang indah.

    2. Ikan Nila Citralada

    Ikan Nila Citralada

    Nila citralada merupakan jenis dari Thailand yang diintroduksi pada tahun 1989. Citralada merupakan salah satu jenis ikan nila merah. Penampakan fisik ikan nila citralada secara umum hampir sama dengan ikan nila merah lainnya. Namun, nila citralada mempunyai warna tubuh lebih terang, sirip ekor yang panjang dan terdapat garis vertikal pada tubuh yang lebih jelas dibandingkan dengan jenis nila merah lainnya.

     

    3. Ikan Nila Gesit

    Ikan Nila Gesit

    Ikan nila gesit merupakan ikan nila yang banyak dibudidayakan masyarakat. Nila Genetically Supermale indonesian Tilapia (gesit) ini dikembangkan oleh BPPT sejak 2002 lalu. Para pembudidaya ikan nila gesit diarahkan pada produksi ikan berkelamin jantan alias monosex sehingga para pembudidaya mendapatkan hasilkan yang oftimal.

    Dalam waktu 6 bulan, ikan nila gesit bisa berbobot 400 sampai 500 gram/ekor. Ikan nila gesit ini sangat sesuai dengan namanya, karena memiliki gerakan yang gesit serta lincah.

    4. Ikan Nila Jatimbulan

    Ikan Nila Jatimbulan

    Ikan Nila Jatimbulan merupakan ikan nila baru dari hasil selective yang dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Indukan Ikan Nila (PPIIN) yang bertujuan untuk memperbaiki induk yang bermutu dan menghasilkan bibit unggul. Ikan nila jenis ini memiliki kelebihan yaitu memilki pertumbuhan yang cepat dibandingkan ikan lainnya dan memiliki rasa daging yang lebih kenyal.

    5. Ikan Nila Anjani

    Ikan Nila Anjani

    Ikan Nila Anjani merupakan hasil rekayasa UPTD BBIS (Balai Benih Ikan Sentral) Sicincin Kabupaten Padang Pariaman dan telah melakukan studi banding di UPTD BBIAT (Balai Benih Ikan Air Tawar) Aikmel Nusa Tenggara Barat. Ikan Nila Anjani memiliki keunggulan yaitu bisa hidup di suhu yang dingin dan tahan terhadap penyakit.

    6. Ikan Nila Sila Best

    Ikan Nila Sila Best

    Ikan Nila Sila Best banyak dibudidayakan di indonesia karena memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis ikan nila lokal. Masa pemeliharaan Ikan Nila Sila Best hanya 4 bulan untuk menacapai bobot 400-500 gram/ekor. Selain itu, ikan ini memiliki keunggulan bagi petani ikan karena bisa memproduksi ikan lebih cepat dari biasanya. Ikan jenis ini memiliki kekebalan tubuh 140% sehingga bisa tahan terhadap penyakit.

    7. Ikan Nila Srikandi

    Ikan Nila Srikandi

    Singkat saja, pada tahun 2012 Ikan Nila Srikandi diperkenalkan oleh BPPI (Badan Penelitian dan Pengembngan Industri). Ikan nila srikandi memiliki kelebihan yaitu bisa bertahan dari segala macam jenis penyakit dan ikan ini bisa di budidayakan pada prairan payau.

    8. Ikan Nila Nirwana

    Ikan Nila Nirwana

    Ikan Nilai Nirwana memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan jenis lainnya seperti, dagingnya putih, tebal & padat, tidak terlalu banyak duri dan bisa tumbuh cepat. Dalam jangka waktu 6 bulan saja ikan Nirwana ini bisa berbobot hingga 1 kg. Ikan ini biasa di budidayakan di kolam air deras dan tambak.

    Itulah 8 jenis ikan nila yang unggul di Indonesia, untuk kalian yang hobi memancing pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis ikan nila diatas, bukan?


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.