x

Iklan

Ande Ryan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2020

Selasa, 7 Juli 2020 09:28 WIB

Cara Terbaik Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belajar bahasa asing merupakan salah satu tren saat ini. Alasan orang berbeda-beda dalam mempelajari bahasa. Ada yang belajar dengan tujuan pendidikan, ada juga yang memperdalaminya karena tuntutan pekerjaan, atau bahkan sekedar hobi dan meningkatkan skill. Nah, disini penulis ingin berbagi tips mempelajari bahasa asing secara otodidak.

Mencatat Kosa Kata, Ungkapan dan Tata Bahasa

Dalam sehari, kamu perlu mencatat beberapa kosa kata, ungkapan, dan tata Bahasa. Misalnya dalam sehari kamu menargetkan 10 kosa kata yang ingin dihafal dengan rincian 5 kata kerja dan 5 kata benda. Kemudian mecatat 5 ungkapan ringan dan menghafalnya. Kamu mungkin akan membutuhan setidaknya satu halaman dalam sehari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menggunaan Aplikasi

Dunia saat ini menawaran segala kemudahan yang bisa diakses setiap orang. Belajar bahasa asing pun menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Beberapa aplikasi di smartphone yang bisa menjadi solusi belajar bahasa diantaranya ada aplikasi Cake yang khusus untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Kemudian ada aplikasi Memrise yang menawarkan banyak bahasa asing untuk dipelajari diantaranya Bahasa Jepang, Mandarin, Korea, Inggris, Jerman, dan masih banyak yang lainnya.

Aplikasi Babble juga menawarkan banyak bahasa asing untuk dipelajari diantaranya Bahasa Jerman, Spanyol, Italia, Swedia, Belanda, Portugal, Turki, dan Bahasa Indonesia. Aplikasi sangat berguna bagi kamu untuk mengetahui cara penguacapan dan meningkatkan kemampuan mendengarkan.

Praktik

Belajar Bahasa adalah ilmu praktik seperti halnya belajar mengemudi. Jadi, setelah kamu mengetahui teori dasar dalam berbahasa, kamu harus mempraktikkannya. Misalnya dalam mempraktikkan Bahasa Arab kamu bisa pergi ke lembaga pondok pesantren dan bercakap dengan para santri.

Jika tidak memungkinkan, coba carilah grup atau orang di dunia maya yang bisa kamu ajak berbicara bahasa asing. Dengan kemudahan yang ada, bukan suatu yang tidak mugkin kamu bisa mendapatkan teman ngobrol di dunia maya.

Ikuti tulisan menarik Ande Ryan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB