x

Dokumentasi kegiatan proses pembelajaran di Rumah Belajar Desa Beji yang dilaksanakan oleh Kelompok PMM 73 Universitas Muhammdiyah Malang

Iklan

Lupita Abril Siwana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Desember 2020

Selasa, 15 Desember 2020 07:16 WIB

Kelompok PMM 73 Membuka Rumah Belajar untuk Menunjang Pembelajaran Selama New Normal

Kelompok PMM 73 Universitas Muhammdiyah Malang telah mengadakan pembukaan rumah belajar bagi peserta didik yang terdampak dari efek pandemi covid-19 sehingga belum bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah. maka kelompok PMM 73 berinisiatif untuk senantiasa membantu peserta didik dalam hal belajar dan memahami wawasan lebih luas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PMM kelompok 73 gelombang 12 Universitas Muhammadiyah Malang telah membuka rumah sebagai tempat belajar bagi peserta didik yang masih belum bisa mengikuti pembelajaran langsung di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu proses belajar adik-adik yang saat ini maish belajar di rumah dan hanya terbantu oleh orangtua. Padahal di siis lain peran orangtua yang mempunyai anak lebih dari 1 harus mengurus anak yang lain. Keadaan ini dapat memicu kurangnya pengetahuan bagi peserta didik selama di rumah, maka pendirian rumah belajar ini sangatlah membantu bagi peserta didik juga bagi orangtua.

Saat mendirikan rumah belajar PMM UMM terlebih dahulu meminta izin dengan cara door to door kepada setiap wali dari peserta didik. Kepadacmereka juga dijairng pendapat mengenai kegiatan tersebut. Orangtua murid sangath mendukung kegiatan tersebut. Bahkan tidak jarang orangtua peserta didik berterimakasih karena peran PMM sangatlah membantu beliau dalam membagi waktunya. Jadi bisa memikirkan bagaimana kondisi rumah seperti memasak, membaca dan lain-lain dengan baik.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang disini, yaitu, membantu peserta didik dalam belajar terkait dengan apa yang masih belum dimengerti. Para mahasiswa juga membantu mendapatkan tuags dari sekolah, karena sekarang masih belum dilaksanakan pembelajaran langsung dari sekolah. Saat ini media yang digunakan saat pembelajaran menggunakna  telepon genggam, padahal tidak semua peserta didik mempunyai alat tersebut. Maka mahasiswa membantu menyediakan media bagi pembelajaran peserta didik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa PMM bukan memberikan langsung jawaban atau membantu menjawab secara langsung, karena ahl tersbeut justruu tidak akan membantu perkembangan pola fikir para peserta didik. Para mahasiswa PMM membantu memberikan media pembelajaran dan meminta peserta didik untuk berusaha menjawab setiap pertanyaan yang dierikan terlebih dahulu. Aapabila ada suatu hal yang masih belum dipahami maka dapat ditanyakan, kemudian setelah selesai mahasiswa akan mengoreksi terlebih dahulu mengenai bagaimana jawaban pertanyaan yang telah diberikan. Apabila ada yang salah,  kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang salah dari jawaban tersebut.

Peserta didik yang mengikuti program belajar rumah belajar PMM Desa Beji ini, bukan hanya yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Ttetapi kami juga membatu bagi peserta didik yang mungkin mempunyai keinginan untuk belajar menulis maupun membaca. Bahkan juga membantu mereka yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama yang merasa kurang faham selama melakukan pembelajaran di rumah.

Disini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang tidak hanya mengajak peserta didik untuk hanya terfokus kepada belajar secara terus menerus, melainkan juga dengan memberikan banyak kegiatan yang menarik lainnya. Karena apabila peserta didik hanya diberikan full study maka peserta didik akan mulai merasa jenuh dan tidak bersemangat lagi karena tidak adanya hal yang menarik dalam pembelajaran tersebut, maka dari itu mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang juga mengajak peserta didik untuk melihat video motivasi bersama dan respond dari peserta didik terkait hal tersebut sangatlah bersemangat, karena umunya mereka lebih menyukai pembelajaran dengan yang ada videonya.

Kegiatan lain yang dapat menunjang dari kegiatan tersebut yaitu mahasiswa PMM mengajak peserta didik untuk olahraga bersama, seperti senam bersama, melakukan penanaman bibit pohon secara bersama dan banyak kegiatan menarik lain. Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang juga memberikan kegiatan lomba kepada peserta didik. Lomba yang diadakan yaitu mengenai lomba mewarnai, banyak sekali yang mengikuti kegitatan tersebut.

Dari kegiatan tersebut banyak peserta didik merasa senang karena dapat mewarnai gambaran yang telah disediakan dan ketika sudah selesai hal yang kana memberikan semangat yaitu dengan memberikan award atau penghargaan bagi peserta didik yang mewarnai dengan baik dan rapi. Dengan diberlakukannya hal tersebut para peserta didik menjadi lebih bersemangat lagi dalam mengikuti perlombaan tersebut. Jadi disini kegiatan yang telah disediakan oleh mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang sangatlah membantu bagi pola fikir perkembangan peserta didik.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau disingkat PMM merupakan suatu kegiatan penganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Agustin Dwi Haryanti., SE., M.SA., Ak.

Ikuti tulisan menarik Lupita Abril Siwana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB