Jenis Artikel Berita Menurut Isinya yang Perlu Kalian Ketahui - Travel - www.indonesiana.id
x

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Jumat, 26 Maret 2021 20:07 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Jenis Artikel Berita Menurut Isinya yang Perlu Kalian Ketahui

    Semestinya sebuah cerita, konten artikel dibikin dengan tujuan dan maksud tertentu. Apa saja tipe artikel menurut didalamnya itu? Simak pembahasannya disini.

    Dibaca : 423 kali

    Tahukah kamu jika rupanya artikel punyai banyak tipe? Semestinya sebuah cerita, konten artikel dibikin dengan tujuan dan maksud tertentu. Apa saja tipe artikel menurut didalamnya itu? Apa sesungguhnya arah penulisan artikel itu? Baca di ulasan berikut ini, ya!

     

    Jenis Artikel Berita

    Kerap dipandang sama, kenyataannya artikel dicatat dengan style tulisan dan arah yang lain. Itu kenapa saat kamu membaca artikel, akan menjumpai kesan-kesan yang lain pada tiap tulisan. Setelah ngobrol dengan Agus , salah satu kontributor di Kontenius, saya simpulkan ada 5 jenis artikel yang harus kita pahami. Baca tipe artikel berikut ini:

     

    1. Artikel Deskripsi

    Artikel deskripsi ialah cerita yang mempunyai tujuan untuk menulis kisah satu bukti hingga pembaca bisa memikirkannya dalam pikiran. Saya lebih senang menyebutnya sebagai artikel gambar. Karena 100 % artikel ini berisi kisah kondisi, peristiwa, kejadian.

     

    2. Artikel Narasi

    Artikel tipe ini diperuntukkan untuk bercerita satu kondisi atau keadaan, baik berdasar posisi waktu atau posisi peristiwa. Artikel cerita dapat seperti narasi (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel cerita harus ada penokohan, seperti pada narasi biasanya.

    Si figur dilukiskan sebagai figur yang bergelut dengan permasalahan dan berkonflik dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertarungan itu. Ada perselisihan kehidupan membuat tulisan tipe ini memancing ketertarikan baca. Karena jika tidak ada perselisihan, karena itu sebuah cerita bisa menjadi cemplang.

     

     

    3. Artikel Eksposisi

    Artikel tipe ini sebagai cerita yang mempunyai tujuan untuk merinci satu topik. Bisa berbentuk rincian mengenai pengertian, peranan, sisi dan manfaat satu ide. Dapat berbentuk cara, langkah atau proses kerjakan suatu hal.sebuah hal.

    Keunikan artikel ini ialah memperlihatkan beberapa poin, urut-urutan angka, step untuk step cara, menyejajarkan pengertian, dan lain-lain. Kadang ada elemen pendapat individu dalam artikel tipe ini, kadang tidak.

     

    4. Artikel Persuasi

    Artikel tipe ini populer dengan arikel motivasi. Karena penulisannya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau mengikut suatu hal dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal.

    Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa yang ingin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka pasarkan.

     

    5. Artikel Argumentasi

    Tipe artikel menurut didalamnya yang ini kelihatannya banyak disaksikan di beberapa media. Artikel argumentasi sebagai artikel yang dicatat dengan arah untuk menunjukkan kebenaran satu pendapat, atau mengkritik sebuah hal dengan menyuguhkan bukti yang dapat jadi sebagai bukti.
    Banyak yang menyebutkan argumentasi sebagai tes legalitas.

    Karena didalamnya penulis berpendapat akan satu kebenaran yang benar disetai data dan bukti simpatisan pendapat. Beberapa artikel memiliki sifat argumentatif yang tersebar di mass media. Misalkan, artikel yang menerangkan mengenai hasil kemenangan PilPres Amerika Serikat tahun 2020.

    Joe Biden disampaikan menang atas Donald Trump dan menangnya dipandang memberikan keuntungan Indonesia. Nach, di sini penulis memberi pendapat, tapi juga ada data dan bukti yang memberikan dukungan pendapat itu.

     

    Begitu pembahasan berkenaan beberapa jenisnya semoga menambah wawasan kita dan menambah khasanah menulis para pembaca sekalian. Mudah-mudahan berguna.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.