x

Iklan

Ronaldo Angga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2021

Senin, 21 Juni 2021 15:13 WIB

Apakah Penting Perusahaan Menggunakan Audit Internal?

Mengidetifikasikan resiko yang terjadi pada suatu perusahaan dan perusahaan menggunakan audit internal ini sebagai controlling yang dimana akan di gunakan untuk mengarahkan perusahaan atau memberikan informasi yang peroleh audit internal dan informasi ini akan digunakan untuk dasar pengambilan keputusan supaya perusahaan berjalan dengan baik atau sesuai rencana yang di tetapkan, Dengan adanya sistem internal audit ini maka auditor-auditor yang terdapat dalam perusahaan dapat mendeteksi dan mengidentifikasi jika ada kejanggalan sehingga top manajemen dapat membuat keputusan dengan lebih objektif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perlu anda ketahui bahwa audit internal atau internal audit ini sangat lah penting bagi perusahaan.  Karena audit internal ini cara dimana para audit menilai laporan keuangan perusahaan dan operasionaal perusahaan secara independen. Internal audit ini juga mempunyai tanggung jawab yang cukup besar yang dimana akan menggunakan pendekatan yang sistematis dan terstruktur. pendekatan internal audit pada perusahaan tersebut dilakukan dengan cara evaluasi dan meningkatkan keefektifan manajemen resiko, controlling dan proses tata kelola.

Apakah penting, perusahaan menggunakan audit internal? Jawabanya “iya”, audit internal sangatlah penting bagi perusahaan. Karena audit internal dapat berkerja sama dengan perusahaan untuk mengidetifikasi kan resiko yang terjadi pada suatu perusahaan dan perusahaan menggunakan audit internal ini sebagai controlling yang akan di gunakan untuk mengarahkan perusahaan atau memberikan informasi yang peroleh audit internal dan informasi ini akan digunakan untuk dasar pengambilan keputusan supaya perusahaan berjalan dengan baik atau sesuai rencana yang di tetapkan,

Dengan adanya sistem internal audit ini maka auditor-auditor yang terdapat dalam perusahaan dapat mendeteksi dan mengidentifikasi jika ada kejanggalan sehingga top manajemen dapat membuat keputusan dengan lebih objektif. Auditor ini juga akan memantau perkembangan proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan agar tujuan tercapai dan juga akan sebagai catatan evaluasi resiko.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sehingga perusahaan akan berada dalam keadaan aman dan terhindar dari resiko kecurangan yang dilakukan pada pihak manajemen, juga membantu untuk meningkatkan integritas keuangan perusahaan, membantu melindungi asset dari kecurangan, meningkatkan effisiensi. Dengan demikian maka dapat ditemukan kesalahan dalam sebuah informasi akuntansi, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan tidak menyesatkan dan dapat digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan yang tepat.

Untuk saat ini audit tidak lagi hanya sekedar menemukan kecurangan dalam penyajian laporan keuangan oleh manajemen, namun juga menjadi hal yang sangat penting karena adanya tuntutan dari pemerintah, investor, pemegang saham, serta publik untuk menilai performa perusahaan.

Ikuti tulisan menarik Ronaldo Angga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

7 jam lalu

Terpopuler