Jepang atau Meksiko yang Kali ini Unggul? - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Jepang

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 5 Agustus 2021 18:34 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • Jepang atau Meksiko yang Kali ini Unggul?

    Jepang yang boleh dibilang tampil impresif dan konsisten sepanjang gelaran Olimpiade, diunggulkan akan kembali menekuk Meksiko asal tak Jemawa. Bila Jepang over percaya diri dan lengah bukan tidak mungkin Meksiko mampu membalikkan keadaan di waktu normal atau extra time atau di adu pinalti. Semoga spirit  dan performa Jepang sebagai wakil  Benua Asia yang mampu menembus empat besar Olimpiade, menginspirasi PSSI dan sepak bola nasional.

    Dibaca : 1.459 kali

    Gelaran sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 segera usai. Perebutan medali perunggu akan dihelat pada Jumat (6/8/2021), lalu medali emas dan perak pada Sabtu (7/8/2021).

    Untuk perebutan medali perunggu, akan bentrok wakil dari Benua Asia sekaligus tuan rumah Jepang menghadapi tim kuda hitam Meksiko, wakil dari Benua Amerika Utara, Tengah, dan Karibia pada Jumat (6/8/2021) di Saitama Stadium.

    Akan greget

    Partai Jepang versus Meksiko adalah rematch, sebab mereka berasal dari grup yang sama, Grup A dan saat itu Meksiko takluk dari Jepang dengan skor 2-1.

    Sejatinya, baik Jepang maupun Meksiko juga sama-sama layak masuk partai final bila melihat hasil akhir di partai semi final. Pasalnya, Meksiko mampu memaksa unggulan 1 Brasil hingga babak adu pinalti. Begitu pun Jepang, hampir mengajak unggulan 2 Spanyol ke babak pinalti. Sayang kelengahan di menit akhir babak kedua extra time, harus mengubur mimpi Jepang masuk babak final.

    Karenanya, partai rematch mereka, dipastikan akan greget dan bertenaga, terutama akan ada banyak adu speed alias tempo permainan cepat dalam laga nanti.

    Terlebih bila memperhatikan catatan perjalanan mereka sejak fase grup. Pada matchday 1, Jepang menang tipis 1-0 atas Afrika Selatan. Sementara, Meksiko melumat Prancis 4-1. Mereka lalu bertemu di matchday 2. Dalam laga di Saitama Stadium itu, Jepang mengalahkan Meksiko 2-1.
    Jepang unggul lewat gol Takefusa Kubo menit 6 serta penalti Ritsu Doan menit 11, dan Meksiko hanya bisa menipiskan selisih skor melalui gol Roberto Alvarado menit 85.

    Berikutnya, Jepang menghajar Prancis 4-0 pada matchday 3, sementara Meksiko menghantam Afrika Selatan 3-0. Jepang lolos sebagai juara grup didampingi Meksiko sebagai runner-up.

    Selanjutnya, Jepang menyingkirkan Selandia Baru melalui adu penalti di perempat final, sedangkan Meksiko menghabisi Korea Selatan 6-3.

    Setelah sama-sama kandas di semi final,
    Jepang dan Meksiko pun bertemu lagi, tapi kali ini di perebutan medali perunggu dengan venue-nya yang sama seperti ketika mereka bentrok di fase grup, yaitu Saitama Stadium.

    Jepang diunggulkan

    Menilik ulang partai mereka di fase grup yang berjalan ketat, pun menghssilkan skor tipis 2-1, maka partai di Saitama nanti akan kembali berjalan ketat. Bila Meksiko saat itu harus mengakui keunggulan Jepang, kali ini Meksiko tak mau mengulangi kesalahan.

    Modal menahan imbang Brasil di semi final, tentu strateginya akan diterapkan lagi saat bentrok ulang dengan Jepang. Sebaliknya, Jepang pun tak ingin dipermalukan kedua kali seperti saat harus kebobolan di menit akhir dari Spanyol. Apalagi melihat performa Meksiko, tentu tidak akan tampil sama saat dikalahkan.

    Namun, Jepang yang boleh dibilang tampil impresif dan konsisten sepanjang gelaran Olimpiade, diunggulkan akan kembali menekuk Meksiko asal tak Jemawa. Bila Jepang over percaya diri dan lengah bukan tidak mungkin Meksiko mampu membalikkan keadaan di waktu normal atau extra time atau di adu pinalti.

    Semoga spirit  dan performa Jepang sebagai wakil  Benua Asia yang mampu menembus empat besar Olimpiade, menginspirasi PSSI dan sepak bola nasional.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.