Brasil Pertahankan Gelar Olimpiade - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Brasil

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 8 Agustus 2021 11:13 WIB

  • Olah Raga
  • Topik Utama
  • Brasil Pertahankan Gelar Olimpiade

    Brasil buktikan diri sebagai unggulan 1 dan meraih emas, Jepang anti klimaks.

    Dibaca : 1.405 kali

    Brasil yang saya prediksi dan saya tempatkan sebagai unggulan 1 pada sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020, sukses membuktikan prediksi setelah menggulung unggulan 2, Spanyol.

    Brasil=emas

    Pertandingan partai final yang tersaji di Stadion Internasional Yokohama, Yokohama, Sabtu malam, 7 Agustus 2021
    benar-benar menjadi laga paling menarik dibandingkan seluruh laga lainnya sejak fase grup.

    Mereka membuktikan kelasnya sebagai unggulan 1 dan 2, sekaligus mewakili sepak bola Benua Amerika Selatan dan Benua Biru dengan permainan cerdas, penuh skill teknik dan speed yang mumpuni.

    Saling jual beli serangan sepanjang menit, setelah hasil imbang 1-1 di waktu normal, Brasil pun menyudahi perlawanan Spanyol di extra time dengan skor 2-1.

    Sejatinya, Brasil yang membuka keunggulan lebih dulu lewat gol yang dicetak Matheus Cunha pada injury time babak pertama dan menjebol gawang Unai Simon setelah meneruskan umpan Dani Alves, nampak akan mempertahankan kemenangannya hingga waktu normal.

    Tetapi perlawanan Pedri dan kawan-kawan tak luntur, hingga akhirnya
    Spanyol membalas lewat gol Mikel Oyarzabal pada menit ke-61, menjebol gawang Aderbar Santos setelah meneruskan umpan Carlos Soler yang datang dari bench pemain. Hingga membuat skor 1-1 bertahan hingga babak normal usai.

    Namin, di babak extra time, Malcom yang masuk di babak perpanjangan kemudian mencetak gol penentu kemenangan Brasil pada menit ke-108 setelah mendapat umpan terukur dari Antony, lalu memenangi duel melawan satu bek Spanyol, dan menaklukkan Unai Simon.

    Andai tendangan pinalti Richarlison pada babak pertama tak melambung di atas mistar, mungkin laga tak harus ada perpanjangan waktu. Sayang, Richarlison yang berikutnya juga punya kesempatan emas menceploskan bola, kaki Unai Simon masih mampu menghalangi hingga bola berbelok membentut mistar

    Hasil ini, mengantar Brasil meraih medali emas, sekaligus mempertahankan juara Olimpiade, yaitu Olimpiade Rio 2016.

    Jepang anti klimaks

    Dalam perebutan gelar juara 3, Meksiko keluar sebagai pemenang dalam perebutan medali perunggu di Stadion Saitama, Jumat (6/8/2021) sore WIB, dengan skor 3-1 atas tuan rumah Jepang.

    Dalam laga ini, menjadi anti klimaks bagi Jepang. Tanda-tandanya adalah sejak partai 8 besar, Jepang harus menang lewat adu pinalti, lalu semi final takluk dari Spanyol. Dan di perebutan perunggu dihempaskan Meksiko.

    Padahal di fase grup, Jepang sangat impresif dengan menyapu bersih 3 kemenangan termasuk menjegal Meksiko 2-1. Sayang, Jepang tak kuasa dibalas Meksiko dengan skor 1-3, meski Meksiko datang sebagai tim kuda hitam, dan Jepang saya unggulkan di urutan 6.

    Tiga gol Meksiko masing-masing dicetak oleh Sebastian Cordova (13'), Johan Vasquez (27'), dan Alexis Vega (58').
    Sementara tuan rumah Jepang baru bisa membobol gawang Meksiko 12 menit sebelum pertandingan usai. Gol semata wayang Jepang dicetak oleh Kaoru Mitoma pada menit ke-78.

    Dengan demikian usai sudah laga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang gelarannya sukses mengikuti kesuksesan gelaran Piala Eropa 2020, Copa America 2021, dan Piala Emas 2021.

    Selamat untuk Brasil, Spanyol, Meksiko, dan Jepang.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.