Laga Pembuka, Laga 2, Laga 3 adalah Ujian untuk Liga 1 - Viral - www.indonesiana.id
x

Liga 1

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 26 Agustus 2021 16:52 WIB

  • Viral
  • Topik Utama
  • Laga Pembuka, Laga 2, Laga 3 adalah Ujian untuk Liga 1

    Semoga laga pembuka akan lulus. Lalu, lulus pula laga kedua dan ketiga, sehingga kompetisi akan bergulir hingga akhir. Ayo suporter, sukseskan laga 1, 2, dan 3, lalu sukseskan laga ke-4 sampai akhir. Menonton di rumah saja. Patuhi prokes Covid-19. Liga 1 sukses, Liga 2, 3 dan seterusnya, mengikuti. Aamiin.

    Dibaca : 451 kali

    Mimpi publik sepak bola nasional kembali menyaksikan laga-laga kontestan klub Indonesia dalam gelaran kompetisi domestik segera terwujud. Selain Kompetisi Liga 1 Musim 2021/2022 telah mengantongi izin pelaksanaan dari Kepolisian Republik Indonesia (RI), PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI juga telah menetapkan kick off akan berlangsung pada Jumat, 27 Agustus 2021, dan siapa tim yang akan tampil sebagai pembuka kompetisi pun telah dirilis.

    Bubble to bubble

    Sebab kompetisi dilaksanakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, serta adanya kesepakatan pelaksanaan kompetisi yang merujuk persyaratan dari Gugus Tugas Covid-19 maupun persyaratan izin dari Kepolisian RI, maka kompetisi Liga 1 akan dijalankan dengan sistem Bubble to Bubble

    Maksudnya, klub-klub yang berpartisipasi di Liga 1 tidak boleh keluar dari zona yang telah ditentukan; hotel dan Stadion selama kompetisi berlangsung di setiap serinya. PSSI sudah membentuk satgas covid khusus dan dipimpin Direktur Operasional.

    Dengan sistem bubble to bubble dan tanpa kehadiran suporter serta penerapan protokol kesehatan ketat, wilayah Jabodetabek menjadi salah satu tuan rumah. Selain itu, ada pula Bandung, Surabaya, dan Semarang.

    Sistem bubble to bubble juga menjadikan nantinya tak ada sistem kandang dan tandang. Pertandingan tetap memakai sistem kompetisi penuh tapi digelar di empat wilayah yang telah ditetapkan tersebut

    Sebagai langkah awal kompetisi, atau sebagai ujian awal, jadwal laga pada tanggal 27-29 Agustus akan dievaluasi bagaimana jalannya pertandingan. Namun, karena sudah ada pengalaman dari gelaran Piala Menpora yang terbilang sukses, berbagai pihak yakin, ujian tanggal 27-29 akan dilalui dengan mulus, terlebih. panpel dan lain-lain sudah ada pengalaman dan tahu harus berbuat apa.

    Terlebih untuk kali ini, penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan melakukan tes PCR menjelang pertandingan yang pembiayaannya ditanggung oleh PT LIB sebagai operator kompetisi.

    Jadwal awal kompetisi

    Meski Surat Izin sudah keluar, dan kick off kompetisi pada Jumat, 27 Agustus 2021, namun PT LIB belum merilis jadwal pertandingan Liga 1 2021/22 semusim penuh. Jadwal yang dirilis baru 3 laga awal. Pasalnyw, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Luhut B Pandjaitan, menerangkan bahwa pemerintah akan melihat dulu jalannya Liga 1 selama 27-29 Agustus 2021.

    Dari 3 laga awal itu, partai pembuka akan dilakoni oleh Bali United versus Persik yang digelar pada Jumat, 27 Agustus 2021, pukul 19:00 WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga kedua, mempertemukan Persipura Jayapura meladeni Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 28 Agustus 2021. Berikutnya, pertandingan ketiga mempertemukan Bhayangkara Solo FC yang akan bentrok dengan Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu, 29 Agustus, pukul 19.00 WIB.

    Bali United diunggulkan

    Dalam laga pembuka kompetisi Liga 1, banyak pihak yang mengunggulkan Bali United akan mampu mengatasi Persik Kediri. Meski, baik Persik Kediri maupun Bali United dipastikan tak diperkuat beberapa pemain andalannya di sektor lini belakang. Sebabnya, Macan Putih maupun Serdadu Tridatu sama-sama kompak meninggalkan sejumlah pemainnya lantaran cedera. Namun demikian, diyakini laga tak akan berkurang pamornya.

    Serdadu Tridatu, Bali United yang diasuh Stefano Cugurra atau Teco kabarnya tak membawa dua pemainnya, Gunnawan Dwi Cahyo dan Sidik Saimima. Absennya mereka sedikit banyak akan mempengaruhi permainan tim asal Pulau Dewata tersebut.

    Atas kondisi ini, diyakini Bali United akan mampu mengatasi Persik Kediri. Namun, sebagai catatan, karena ini laga pembuka setelah sekian lama kompetisi berhenti. Maka, kedua tim tentu akan bermain hati-hati, bermain tertutup, dan fokus pada pertahanan. Karena hasil seri tentu menjadi alternatif pilihan dari pada bermain terbuka, kalah. Jadi, siapa yang tak hati-hati dan hilang konsentrasi, tentu akan menuai hasil buruk.

    Semoga laga pembuka akan lulus. Lalu, lulus pula laga kedua dan ketiga, sehingga kompetisi akan bergulir hingga akhir. Ayo suporter, sukseskan laga 1, 2, dan 3, lalu sukseskan laga ke-4 sampai akhir. Menonton di rumah saja. Patuhi prokes Covid-19. Liga 1 sukses, Liga 2, 3 dan seterusnya, mengikuti. Aamiin.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.