Singkirkan Kamboja, Misi Raih Tropi AFF Perdana Dimulai - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Evan Dimas Darmono, pemian Timnas Indonesia. PSSI.org

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 9 Desember 2021 12:18 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Singkirkan Kamboja, Misi Raih Tropi AFF Perdana Dimulai

    Menghadapi Kamboja, para penggawa Garuda asuhan Shin Tae-yong tak boleh jemawa. Kamboja kini dimanajeri legenda sepakbola Jepang, Keisuke Honda, mantan pemain AC Milan. Mereka tentu saja juga ingin memecahkan telur, sebab dalam 16 pertemuan sebelumnya, mereka 15 kali kalah dan sekali seri. Shin Tae-yong berpendapat Kamboja cukup baik. Tapi, jika pertahanan Indonesia tak ceroboh, Garuda berpeluang menang banyak.

    Dibaca : 1.183 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Timnas

    Perjuangan pasukan Garuda melepaskan diri dari belenggu spesialis runner-up di Piala AFF, hingga edisi ke-12, segera dimulai. Laga perdana timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020, akan berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, Kamis malam, 9 Desember 2021 meladeni Kamboja.

    Perlu di ketahui, Piala AFF adalah tolok ukur dan gengsi sepak bola untuk negara-negara di Asia Tenggara. Dan mirisnya, meski sudah 12 kali diperebutkan, Indonesia tak sekalipun pernah menyabet gelar.

    Dalam edisi ke-13 ini, lawan perdana yang akan dihadapi adalah Kamboja. Para penggawa Garuda asuhan Shin Tae-yong tak boleh jemawa. Pasalnya, Kamboja kini dimanajeri oleh legenda sepakbola Jepang, Keisuke Honda, mantan pemain AC Milan. Pengalaman Honda, tentu signifikan mendongkrak perubahan pada permainan Kamboja. Mereka juga tentu saja ingin memecahkan telur, sebab dalam 16 pertemuan sebelumnya, Kamboja hanya berhasil 1kali menahan imbang Garuda. Selebihnya, 15 kali harus takluk dari Indonesia.

    Bahkan dalam SEA Games 1995, gawang Kamboja harus rela dihujani 10 gol tanpa balas oleh pasukan Indonesia. Namun, berselang 22 tahun, dalam pertemuan terakhir dengan tajuk uji coba pada 2017, Kamboja telah berubah. Mereka mampu memberikan perlawanan, hingga mampu menjebol gawang Indonesia. meski tetap kalah dengan skor 3-1.

    Kini, Indonesia akan mencoba untuk menjaga rekor tak terkalahkan, sementara Kamboja akan berjuang memecahkan telur dengan mengalahkan Indonesia.

    Dari segi statistik, peluang pasukan STy untuk kembali menggilas Kamboja cukup besar, terlebih kini di dalamnya ada bocah-bocah ajaib yang sudah menjadi bagian skuat timnas.

    Kamboja terkini

    Menurut STy, Kamboja terkini bukan lagi tim lemah, sehingga timnas Indonesia wajib waspada. Sebab, STy menyaksikan sendiri pertandingan pertama Kamboja yang berhadapan dengan Malaysia dan menyebut Kamboja mampu tampil baik pada laga tersebut.

    Namun begitu, STy yakin bahwa dengan bekerja lebih keras, Indonesia akan mendapatkan hasil positif. “Kamboja sangat baik dalam pertandingan kemarin (melawan Malaysia). Oleh karena itu, kami akan mempersiapkan dan akan lebih keras dalam bermain agar kami bisa meraih kemenangan,” ujar STy pada konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

    Selain itu, seperti yang diungkap oleh STy, timnas Indonesia wajib fokus pada setiap pertandingan di Grup B demi lolos dari fase Grup.

    Atas dasar rekam jejak laga versus Kamboja, serta dengan keberadaan timnas Indonesia terkini, maka Indonesia saya prediksi juga akan mampu mencetak minimal 3 gol ke gawang Kamboja. Pasalnya, Kamboja ditekuk Malaysia di laga perdana dengan skor 1-3.

    Bila pertahanan Indonesia tak ceroboh, maka Kamboja tak akan mampu menceploskan bola ke gawang Indonesia dan rekor kemenangan Indonesia menjadi 16 kali atas Kamboja.

    Ayo kejar misi raih tropi Piala AFF perdana, tetap hati-hati meladeni Kamboja, sebab lawan berat Indonesia di Grup B, tetap Vietnam dan Malaysia.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.