KKN Mandiri Mahasiswa UNTAG Surabaya Membantu Meningkatkan Omset UMKM Minyak Kayu Putih di Desa Namlea - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

siti khotimah rolobessy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Januari 2022

Sabtu, 8 Januari 2022 06:42 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • KKN Mandiri Mahasiswa UNTAG Surabaya Membantu Meningkatkan Omset UMKM Minyak Kayu Putih di Desa Namlea

    Artikel Media Massa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

    Dibaca : 315 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    PENDAMPINGAN MENINGKATKAN DAYA JUAL UMKM MINYAK KAYU PUTIH DI DESA NAMLEA KABUPATEN BURU

    Buru, MALUKU(23/12/2021) Di tengah masa pandemi saat ini kegiatan KKN Reguler dilakukan secara mandiri/daring. Terutama bagi Mahasiswa semester akhir yang bernama Siti Khotimah Rolobessy  Prodi Ekonomi Pembangunan melakukan kegiatan KKN di Desa Namlea, RT 03 RW 02 , Kabupaten BURU yang mana DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Drs.Hwihanus, SE., MM., CMA. Kali ini saya sebagai Mahasiswa Untag Surabaya membantu  menyelesaikan permasalahan Mitra UMKM Minyak Kayu Putih di Desa Namlea. Dimana Masalah yang dialami oleh mitra yaitu Kemasan yang kurang menarik dan biasa saja dan juga kurang nya pengetahuan mitra tentag media sosial sehingga menyulitkan mitra untuk memprommosikan produk melalui media sosial.

    Secara umum program KKN di setiap Perguruan Tinggi memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat, namun tiap Perguruan Tinggi memiliki fokus tersendiri dalam mencapai tujuan tersebut yang disesuaikan dengan jenis, kualitas maupun kapasitas yang dimiliki oleh mahasiswa masing-masing Perguruan Tinggi. dan dari permasalahan diatas Disini saya melakukan Metode Pelaksanaan KKN dengan salah satu cara yaitu metode interview agar dapat lebih mengetahui tentang Permasalahan yang dialami oleh mitra. Disini mitra saya mengatakan “Masalah yang masih saya alami itu untuk kemasan dan cara mempromosikan produk saya melalui internet” Kata Bapak Yusuf Kaupagu, Selaku Mitra Saya. Dengan masalah yang telah diketahui tersebut maka saya selaku mahasiswa KKN akan membantu mitra dalam menyelesaikan masalah nya yaitu dengan membuat dan mengajari mitra cara membuat stiker untuk produk agar kemasan produk dengan menggunakan situs Canva, serta membuat, membantu dan juga mengajari mitra tentang cara mempromosikan produknya melalui internet atau media social seperti Instagram, facebook, dan beberapa media sosial lainnya, agar produknya dapat dikenal luas oleh konsumen, agar dapat menaikan omset penjualan.

    Peluang bisnis MInyak kayu Putih  ini cukup mempunyai potensi dan perkembangan yang bisa membawa keuntungan tersendiri dan bisa meningkatkan perekonomian di desa. Pemerintah juga diharapkan membantu para pelaku UMKM desa berupa bantuan demi meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat  dan kesejahteraan. Mendorong dan mengarahkan pelaku UMKM pada fasilitas modern, kreatif, inovasi, serta sering di ikutkan ke acara festival/bazar. Sehingga para pelaku UMKM mempunyai peluang besar dan kesempatan dalam semangat berwirausaha.

    #UntagSurabaya

    #KitaUntagSurabaya

    #UntukIndonesia

    #UntagSurabayaKeren

    #EcoCampus

    #KampusKompeten

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.