Perkuliahan Hybrid Kampus Unisa Yogyakarta di Masa Pandemi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Nur Nasywa Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 06:52 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Perkuliahan Hybrid Kampus Unisa Yogyakarta di Masa Pandemi


    Dibaca : 458 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kuliah Hybrid-Seperti yang telah kita ketahui maraknya Covid-19 disekitar kita beberapa tahun belakangan, yang mana otomatis tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya pembelajaran tatap muka dikampus secara normal, juga untuk menghindari resiko yang mungkin akan mengancam kesehatan mahasiswa dan para dosen. Tidak adanya jaminan bahwa pandemi ini akan benar-benar tuntas, Kemendikbudristek telah menyatakan pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia adalah dengan diselenggarakannya perkuliahan hybrid dan kuliah hybrid akan menjadi pilihan yang sangat efektif. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran hybrid di Indonesia adalah Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

    Lalu apa itu Perkuliahan Hybrid?  Kuliah hybrid merupakan sistem perkuliahan tatap muka di kampus sebanyak 50% dan sisanya kuliah secara daring (online). Ada yang menyatakan bahwa perkuliahan hybrid adalah perkuliahan yang mengombinasikan perkuliahan di luar kelas dan di dalam kelas. Adapun yang menyatakan perkuliahan secara hybrid adalah perkuliahan yang dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih metode perkuliahan. Nah, gabungan dari pembelajaran tersebut bisa disebut dengan metode hybrid learning, Hybrid Learning sendiri dinilai sebagai cara pembelajaran yang sangat tepat dengan menggabungkan metode pembelajaran antara asynchronous, synchronous ataupun face to face (tatap muka).

    Seperti pembelajaran biasanya, pada Hybrid Learning pengajar juga wajib membuat silabus dan rencana pembelajaran yang telah dipersiapkan sedemikian rupa  agar para mahasiswa bisa memahami materi yang disampaikan oleh dosen meskipun ada beberapa kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan secara online, sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    Penerapan Hybrid Learning ala Unisa Yogyakarta-Uwes menyatakan penerapan Hybrid Learning di perguruan tinggi dapat diselenggarakan melalui beberapa cara, misalnya dengan pembelajaran secara virtual synchronous learning, pembelajaran ini dapat dilakukan dengan menggunakan audio, web conference, video, youtube, zoom meeting, dan juga google meet. Ataupun pembelajaran secara self-direct asynchronous learningdan collaborative asynchronous learning yang lebih mengandalkan pembelajaran dengan menggunakan platform pembelajaran dengan Learning Management System (LMS). Di UNISA sendiri biasanya menggunakan google kelas ataupun LENSA (E-learning UNISA) diplatform tersebutlah mahasiswa dapat melakukan diskusi dan juga mengerjakan tugasnya.

    Adapun sebelum pelaksanaan Hybrid Learning dengan metode tatap muka, mahasiswa UNISA diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan seperti, mahasiswa sudah melakukan vaksinasi (minimal dosis 1), memenuhi standar protokol kesehatan, dan juga wajib melakukan swab test H-1 sebelum dilaksanakannya perkuliahan tatap muka. Kurang lebih seperti itulah sistem perkuliahan hybrid yang telah diterapkan oleh kampus Universitas Aisyiyah Yoygakarta.

    Ikuti tulisan menarik Nur Nasywa Azizah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.