Pemahaman Mengenai Inovasi - Analisis - www.indonesiana.id
x

SULTAN RAYHAN DEFIQRI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:12 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pemahaman Mengenai Inovasi

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kesehatan dan kesempatan hingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa shalawat beriring salam kita hadiahkan kepada junjungan semesta alam nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Terimakasih kami ucapkan kepada Ibu Siti Khusnul Riffani Badrudin, selaku dosen pengampu yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

    Dibaca : 452 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pengertian inovasi penting untuk diketahui. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu kerap mendengar kata inovasi. Inovasi dalam organisasi pertama kali diperkenalkan oleh Schumpeter di tahun 1934.

    Inovasi ialah semua hal baru yang berangkat dari ilmu pengetahuan, serta dapat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan dalam pengembangan inovasi.

    Tanpa adanya ilmu pengetahuan, inovasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, bisa saja malah salah sasaran, tidak bertahan lama, dan menjadi angan-angan saja.

    Inovasi sangat berguna di segala bidang kehidupan, oleh karena itu, memahami beberapa hal terkait inovasi memang diperlukan.

    UU No. 19 Tahun 2002

    Inovasi ialah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

    Ciri-Ciri Inovasi

     

    Terdapat beberapa ciri-ciri inovasi yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

     

    Baru

     

    Ciri-ciri inovasi yang pertama yaitu selalu bersifat baru. Artinya, gagasan yang benar-benar murni dan belum pernah digunakan oleh siapapun. Dapat pula diartikan sesuatu yang sudah pernah digunakan orang lain, tetapi ingin diadopsi lantaran dirasa cocok dijadikan solusi.

     

    Khas

     

    Ciri-ciri inovasi berikutnya yaitu memiliki ciri khas. Inovasi akan selalu bersifat khas walaupun berawal dari pengadopsian. Ini bisa diartikan, dengan segala pengadopsian yang dipraktikkan di tempat baru akan memunculkan ciri khas tersendiri.

     

    Terencana

     

    Inovasi merupakan suatu hal yang terencana karena termasuk sengaja dibuat. Artinya, inovasi dilakukan melalui proses yang dipersiapkan dengan matang, jelas, tidak tergesa-gesa dan sudah direncanakan terlebih dulu.

     

    Memiliki Tujuan yang Jelas

     

    Suatu inovasi pasti memiliki tujuan yang jelas. Ini berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang digunakan.

     

    Ilmu pengetahuan pasti menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan. Jika tidak menentukan objek dan subjek yang jelas, maka inovasi tidak akan tepat sasaran bahkan gagal diterapkan.

    Manfaat Inovasi

     

    Memecahkan Masalah

     

    Inovasi ialah ide dan gagasan baru yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Masalah baru tentunya harus diselesaikan dengan ide baru juga.  

    Menciptakan Kualitas Unik

     

    Manfaat inovasi berikutnya yaitu menciptakan kualitas yang unik. Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki kualitas yang unik.

     

    Dan apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, maka perbedaannya pun akan terlihat. Itu artinya, inovasi akan menonjolkan diri dan terlihat memiliki kualitas yang unik.  

     

    Meningkatkan Produktivitas

     

    Berinovasi juga akan berdampak baik bagi produktivitas. Mulai dari karyawan, bos, atau bahkan mahasiswa akan mendapat dampak ini jika melakoninya.

     

    Tangguh

     

    Seseorang yang pintar dalam berinovasi ialah sosok yang tangguh. Hal ini berarti penyesuaian diri dengan masalah baru dan penyelesaiannya bisa dilakukannya dengan baik.

     

    KELOMPOK 1

    21101040 Muhammad Riqfi Syahrial

     

    21101011 Hafidz Nurfadillah Akbar

     

    21107022 Sultan Rayhan Defiqri

    Ikuti tulisan menarik SULTAN RAYHAN DEFIQRI lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.