7 Tip Atasi Kantuk Saat Bekerja Sambil Puasa Ramadan di Rumah - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: Great People Inside

Arai Amelya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2022

Jumat, 8 April 2022 06:54 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 7 Tip Atasi Kantuk Saat Bekerja Sambil Puasa Ramadan di Rumah

    Bekerja di rumah saat bulan puasa memiliki tantangan sendiri yakni mudahnya kita tertidur. Agar tetap produktif, tips berikut bisa Anda coba.

    Dibaca : 934 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jika bukan sedang menjalani puasa Ramadan, rasa kantuk biasanya dapat dihadang dengan minum kopi atau camilan sehat supaya pikiran segar. Namun ketika dalam kondisi menahan makan dan minum, rasa kantuk bakal muncul lebih sering dan tak tertahankan.
     
    Memang kenapa sih kita kok mudah ngantuk saat puasa?
     
    Dilansir Hello Sehat, saat kita memasuki bulan suci Ramadan, siklus tidur memang berubah karena harus bangun lebih pagi untuk sahur. Jika Anda tidak tidur lebih cepat usai shalat tarawih, jam tidur normal bakal berkurang hingga rata-rata 40 menit.
     
    Hal ini berkaitan dengan penelitian dalam Journal of Sleep Research, yang mana berkurangnya jam tidur normal maka akan mengurangi durasi tahap tidur pulas alias REM (Rapid Eye Movement). Kondisi ini jika dibiarkan bakal membuat Anda mudah mengantuk keesokan harinya.
     
    Belum lagi karena saat puasa tubuh kita tidak memperoleh asupan makanan dan minuman selama berjam-jam, rasa lemas bakal lebih muncul dan akhirnya disusul rasa kantuk. Imbasnya, Anda bisa kehilangan semangat melakukan pekerjaan di rumah dan bisa saja dikeluhkan oleh klien.

    Rahasia Tahan Rasa Kantuk Saat Kerja di Rumah Waktu Puasa

    Apakah satu-satunya cara mengusir rasa kantuk saat bekerja di rumah pada bulan Ramadan ini harus makan atau minum? Tentu tidak! Ada beberapa rahasia yang bisa coba Anda lakukan:

    1. Olahraga Ringan

    Salah satu cara terampuh mengusir rasa kantuk saat bekerja saat puasa adalah olahraga ringan. Anda tak perlu jogging, tapi cobalah membuat tubuh bergerak aktif meskipun sederhana seperti jalan kaki selama sepuluh menit saja.
     
    Kendati cuma sebentar, jalan-jalan singkat itu membuat oksigen di seluruh pembuluh darah terpompa lancar ke otak dan otot, sehingga rasa kantuk yang dipicu kekurangan oksigen saat puasa bisa hilang.

    2. Maksimalkan Sumber Cahaya

    Photo by Windows on Unsplash
    Beberapa orang yang bekerja di rumah, biasanya kurang memperhatikan urusan pencahayaan pada ruang kerja. Padahal pencahayaan seperti lampu yang terang akan membuat mata lebih waspada.
     
    Ya, sinar yang redup akan membuat mata mengira itu sinyal untuk istirahat sehingga mudah mengantuk. Anda juga bisa membuka jendela-jendela pada kamar supaya cahaya matahari masuk dan tidak menguap terus.

    3. Tidur Malam Berkualitas

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mudah ngantuk saat puasa Ramadan juga dipicu jam tidur normal saat malam terganggu. Untuk itulah, cobalah tetap melakukan tidur malam berkualitas, dan jangan suka begadang. Coba atur suasana kamar dengan nyaman, sehingga setelah ibadah sholat tarawih dan witir, Anda yang siap untuk rebahan.

    4. Alihkan Pandangan

    Photo by Yasmina H on Unsplash

    Dibandingkan di kantor, bekerja di rumah memang relatif memiliki pemandangan membosankan seperti layar laptop dan kamar atau ruangan kerja saja. Untuk itulah mata yang bosan dan lelah malah bikin mudah mengantuk.
     
    Kondisi ini bahkan lebih sering terjadi jika akses internet yang digunakan melambat sehingga kita menatap layar dalam diam selama beberapa waktu. Kalau sudah begini, ada baiknya Anda memang menggunakan jaringan internet stabil supaya kegiatan bekerja di rumah tidak membosankan.
     
    Karena kalau kita terlalu lama melamun hanya menanti loading data internet, rasa kantuk bakal muncul. Untuk itulah IndiHome memaksimalkan kualitas layanan data bagi mereka yang harus bekerja di rumah. Atau mungkin jika ingin langsung hempaskan rasa kantuk yang muncul, alihkan langsung pandangan dari layar komputer selama 20 detik ke hal lain, setiap 20 menit sekali. Dengan begitu mata bakal segar dan kantuk pun hilang.

    5. Atur Napas

    Terdengar begitu sederhana, faktanya mengatur napas dengan tepat bisa membuat rasa kantuk pergi. Caranya adalah menarik napas dalam-dalam supaya kadar oksigen dan aktivitas di dalam otak meningkat. Lalu setelah perut mengembang penuh, coba hembuskan napas secara perlahan selama beberapa kali, sampai pikiran jadi fresh.

    6. Tidur Siang

    Photo by Nubelson Fernandes on Unsplash
    Benar-benar tak sanggup menahan rasa kantuk? Tenang saja, cobalah untuk tidur sejenak saat siang hari. Jangan terlalu lama karena justru membuat tubuh makin lemas karena jam biologis terganggu. Maksimal 25 menit saja, Anda akan merasa segar dan bisa melanjutkan kerja di depan laptop dengan lancar.

    7. Berbincang

    Tips terakhir saat rasa kantuk tetap tak tertahankan waktu WFH di kala puasa Ramadan adalah berbincang alias mengobrol dengan orang lain. Bisa dengan pasangan sambil berkomentar pemberitaan di TV, dengan saudara atau bahkan Anda bisa ngobrol sendiri dengan hewan peliharaan. Tentu semakin serius obrolannya, otak bakal bekerja maksimal sehingga rasa kantuk pergi.
     
    Bagaimana? Ternyata rasa kantuk saat bekerja di rumah bukanlah hal yang sulit untuk diatasi, bukan? Anda bisa mencoba beberapa cara di atas ketika akhirnya sudah sering menguap. Dengan begitu tidak ada lagi alasan malas bekerja ketika menjalankan puasa Ramadan. Justru momen Ramadan adalah waktu untuk makin produktif, semangat!

    Ikuti tulisan menarik Arai Amelya lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.