Mengenal Identitas dan Perilaku Fans Manchester United Indonesia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Sebuah acara fans Manchester United Indonesia. Ahok.org

Ardhyanda Varella A.P

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Mei 2022

Sabtu, 28 Mei 2022 17:31 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Mengenal Identitas dan Perilaku Fans Manchester United Indonesia

    Musim ini memang bukanlah merupakan musim yang bagus untuk Manchester United dan para fans setianya, karena pada musim ini mereka "puasa gelar" alias tidak mendapatkan gelar apapun. Padahal riwayat transfer Manchester United mengeluarkan dana yang cukup besar, dan hal ini membuat para fans berekspektasi tinggi ke Manchester United. Tim yang dijuliki Setan Merah itu juga memiliki salah satu pemain terbaik dunia yaitu Cristiano Ronaldo. Adanya legenda sepakbola dunia itupun juga belum mampu membantu Manchester United untuk memenangkan gelar.

    Dibaca : 1.132 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Identitas Komunitas Fans 

    Komunitas yang berdiri pada 20 Agustus 2006 ini merupakan komunitas penggemar Manchester United terbesar di Indonesia. Menurut Humas United Indonesia, Intan Pradina, saat ini komunitas ini memiliki lebih dari 27.876 anggota yang tersebar lebih dari 180 chapter dari Sabang sampai Merauke. Saat awal terbentuk, 6 orang founder awal bersepakat lebih aktif mengadakan kegiatan baik online maupun secara offline. Hingga hari ini, komunitas ini telah mengalami banyak perkembangan yang pesat.

    Media Komunikasi Fans Manchester United Indonesia

    Adapun media yang biasa digunakan para fans untuk update soal perkembangan club bola ini, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Grup WhatsApp.

    Terdapat banyak sekali akun-akun media sosial yang memberikan informasi seputar tim Manchester United, yaitu informasi seputar pertandingan, jadwal pertandingan dan live streaming, informasi nonton bareng, hasil dan ulasan pertandingan serta informasi terkait dengan kondisi internal dan eksternal tim Manchester United. Seperti lewat akun instagram @unitedmaatchh yang sudah memiliki sekitar kurang lebih 117 ribu pengikut di media sosial instagram. Selanjutnya ada salah satu grup di media sosial Facebook dengan nama Manchester United Info Indonesia yang berisikan 52,4 ribu anggota di dalamnya. Yang tentu anggota-anggota yang ada digrup tersebut saling bertukar pikiran dan informasi seputar tim kesayangan mereka, Manchester United yang sedang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir ini. Di Twitter juga terdapat salah satu akun yang bernama @utdfocusid yang memiliki sekitar 42,9 ribu pengikut di media sosial instagram.

    Dari akun-akun tersebut saja sudah dapat disimpulkan bahwa, banyaknya fans Manchester United yang berada di Indonesia, sehingga penggunaan media komunikasi yaitu media sosial merupakan hal yang sangat penting untuk menjalin komunikasi antar anggota fans Manchester United Indonesia atau sekedar media untuk mencari infomasi apapun, terkait dengan keadaan dan kondisi tim Manchester United. 

    "Selain itu, Alat untuk nonton bareng juga tidak ribet, hanya seperangkat laptop dan charger kemudian disambungkan ke infocus", ujar fans.

    Perilaku Fans Menanggapi Hasil Akhir Pertandingan Musim Ini

    Performa club bola asal inggris yang di juluki setan merah ini mengalami sedikit penurunan pada beberapa pertandingan penentu di akhir musim ini. Hal tersebut tak terlepas dari tanggapan para fans setan merah ini yang mengaku sedikit kecewa atas hasil pertandingan beberapa pekan lalu.

    Musim ini memang bukanlah merupakan musim yang bagus untuk Manchester United dan para fans setianya, karena pada musim ini mereka "puasa gelar" alias tidak mendapatkan gelar apapun. Padahal riwayat transfer Manchester United mengeluarkan dana yang cukup besar, dan hal ini membuat para fans berekspektasi tinggi ke Manchester United. Tim yang dijuliki Setan Merah itu juga memiliki salah satu pemain terbaik dunia yaitu Cristiano Ronaldo. Adanya legenda sepakbola dunia itupun juga belum mampu membantu Manchester United untuk memenangkan gelar.  

    Namun, para fans Manchester United yakin pada musim depan Manchester United akan kembali ke masa kejayaannya, setelah ada berita resmi bahwa, mereka kedatangan manager atau pelatih baru yaitu Eric Ten Hag. Para fans tersebut yakin dengan datangnya Eric Ten Hag dapat membantu Manchester United untuk kembali bermain bagus dan kembali bermain di kompetisi teratas UEFA Champions League. 

    "Faktor-faktor atau hal-hal yang dapat mengembalikan peforma dari tim Manchester United pada musim depan, terdapat pada pundak seorang Erick Ten Hag, yang merupakan pelatih baru tim yang berjuluk setan merah tersebut. Dengan datangnya Erick Ten Hag diharapkan dapat mengangkat dan mengembalikan performa permainan Manchester United", ujar fans setan merah tersebut.

    Eric Ten Hag tentu memiliki kemampuan dan kualitas yang tentunya mampu untuk kembali membuat Manchester United menjadi salah satu tim yang kuat dan sangat ditakuti oleh lawan-lawannya di Liga Inggris, tidak hanya itu Kompetisi Eropa pun akan menjadi target yang sangat penting. Beberapa nama pemain pun mulai dikaitkan dengan transfer Manchester United untuk menghadapi musim depan.

    Selain itu, salah satu opsi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa permainan yaitu dari segi formasi yang diterapkan. Bagi para fans, perlu ada nya strategi baru untuk menunjang kebangkitan club bola ini di musim depan seperti menjual dan membeli pemain baru yang sesuai dengan skema yang akan diterapkan kedepannya. 

    Tentu para fans Manchester United memiliki harapan dan ekspektasi yang cukup besar, bagaimana peforma Manchester United di Liga Inggris musim depan, setalah beberapa musim ini menjadi tim yang memiliki peforma yang tidak konsiten sepanjang musimnya. Dengan adanya Manager baru dan mungkin nanti disusul dengan para pemain baru, fans-fans Manchester United tersebut juga yakin jika MU mampu berbicara banyak dimusim depan dan kembali ke tren positifnya, seperti di zaman-zaman kejayaannya dulu.

    Ikuti tulisan menarik Ardhyanda Varella A.P lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Adiatman

    5 hari lalu

    Bernalar Kritis

    Dibaca : 593 kali