x

Ibu- ibu antrian minyak goreng di Bandung. Foto Reka Nurul

Iklan

Rima Nefira

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juni 2022

Sabtu, 4 Juni 2022 20:23 WIB

Dampak Kenaikan Harga Minyak Goreng bagi Masyarakat

Opini, Rima Nefira (2174201074)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Harga minyak goreng mengalamin lonjakan tahun ini. Menurut pantauan Pusat Infomasi Harga Pangan Strategis Nasional harga minyak mengalami kenaikan untuk semua kualitas. Bahkan untuk minyak makan kualitas sudah mencapai 25.000/liter (di DKI).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kenaikan harga minya ini berpotensi meningkatkan jumlah penduduk miskin. Hal ini karena minyak termasuk bahan pokok. Penyebab harga minyak naik karena banyaknya minyak diekspor ke luar negeri.

Upaya yang seharusnya dilakukan pemerintah adalah menurunkan harga sawit dan memberhentikan eskpor luar negri. Ini, agar tidak ada lagi kemiskinan di Indonesia.

Masyarakat kebanyakan membeli minyak curah daripada minyak berkualitas dikarenakan naiknya minyak makan secara drastis. Sebagian masyarakat miskin tidak menyanggupi. Masyarakat miskin juga banyak merebus bahan pokok dikarenakan tidak sanggup membeli minyak.

Jika masyarakat kelas menengah atas masih kuat menghadapi kenaikan harga minyak, tidak demikian dengan penduduk berpendapatan rendah. Bagi penduduk berpendapatan rendah ini kenaikan harga minyak akan menurunkan daya beli. Dan itu semakin memperdalam kemiskinan.

Ikuti tulisan menarik Rima Nefira lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

17 jam lalu

Terpopuler