x

Iklan

liga ponsel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Juni 2022

Kamis, 16 Juni 2022 08:01 WIB

Denda Telat Bayar Shopee Paylater 1 Hari, Berapa?

Keterlambatan pembayaran tagihan SPayLater akan berdampak pada: Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Denda Shopee Paylater - Kemudahan berbelanja di era digital membuat pengguna dimanjakan tanpa harus mengunjungi toko. Hanya dengan smartphone, sudah bisa membeli apa pun yang Anda butuhkan dan hanya menunggu di rumah.

berapa denda shopee paylater
denda shopee paylater per hari

 

Berbagai layanan ditawarkan oleh perusahaan E-Commerce sehingga membuat pengguna nyaman. Salah satunya adalah Shopee yang memiliki fitur untuk memudahkan pengguna mendapatkan barang yang Anda cari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudahan tersebut terdapat pada sistem transaksi, dimana pengguna bisa mendapatkan barang tanpa harus membayarnya secara langsung. Berbeda dengan sistem Cash on Delivery, sistem ini lebih kepada Shopee meminjamkan uang kepada pengguna.

Sistem atau cara tersebut disebut SPayLater atau Shopee PayLater. Dari namanya terlihat jika fitur tersebut bernama Shopee "Bayar Nanti".

Namun, banyak pengguna yang masih bingung tentang hal itu, terutama ketika sudah lewat jatuh tempo atau sudah ditentukan dalam pembayaran. Jadi baca artikelnya sampai tuntas!

Apa Itu SPayLater?

Shopee PayLater atau SPayLater adalah sistem bayaran nanti yang diterapkan oleh PT. Commerce Finance di aplikasi Shopee. Sistem atau metode tersebut memungkinkan pengguna untuk membeli barang yang diinginkan terlebih dahulu tanpa harus membayarnya secara langsung.

Metode tersebut secara resmi diluncurkan oleh perusahaan E-Commerce Shopee pada tahun 2019. Fitur pembayaran dipantau langsung oleh lembaga resmi yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak semua pengguna bisa menggunakan SPayLater dan harus memenuhi syarat serta ketentuan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai upaya Shopee dalam meminimalisir penyalahgunaan metode pembayaran "Beli Sekarang Bayar Nanti".

Fitur "Beli Sekarang Bayar Nanti" ini hanya dapat digunakan pada saat transaksi pembelian barang dan tidak dapat dikreditkan ke akun pengguna. Pengguna harus mengganti uang yang telah dipinjam di bulan berikutnya, atau mencicil selama beberapa bulan.

Cara Kerja Spaylater

Ketika pengguna meminjam tentunya harus mengembalikan, itu menjadi sebuah hukum yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna SPayLater. Sebelum menggunakan fitur, pengguna harus mengetahui ketentuan yang diterapkan oleh Shopee.

Berikut rincian suku bunga, biaya tambahan, dan denda keterlambatan yang dilaporkan dari Shopee.co.id.

bunga spaylater
cicilan spaylater

 

Bagi pengguna yang baru menggunakan SPayLater akan diberikan limit pinjaman sebesar Rp.750.000. Pembayaran yang dilakukan pengguna nantinya didasarkan pada periode cicilan yang dipilih. Jangka waktu cicilan adalah 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan (untuk pengguna tertentu).

Setiap transaksi menggunakan SPayLater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen dan bunga sebesar 2,95 persen. Misalnya, jika transaksi sebesar Rp. 100.000 maka pengguna harus membayar pada saat jatuh tempo sebesar Rp. 103.950.

Berapa Denda Telat Shopee Paylater 1 Hari

Seperti terlihat pada tabel di atas, jika denda keterlambatan adalah 5 persen dari total harga produk yang dibeli. Misalnya, jika jumlah transaksi adalah Rp. 100.000 dan keterlambatan 1 bulan, dikenakan denda Rp. 5.000 (Rp.100.000 x 5%). Jadi jumlah yang harus dibayar kemudian adalah Rp. 105.000.

Jika lebih dari 1 bulan maka denda akan bertambah 5% setiap bulannya. Misalkan pengguna terlambat 2 bulan, maka denda 10%, dan seterusnya.

Bagaimana dengan yang telat 1 hari? Itu juga termasuk keterlambatan per bulan. Jadi walaupun hanya 1 hari, konsumen akan didenda 5% dari total harga barang yang dibeli.

Cara Bayar Tagihan atau Cicilan SPayLater

Bagi pengguna Shopee PayLater yang masih bingung cara bayar cicilan atau tagihan. Kami sudah menyiapkan langkah-langkah yang bisa diikuti, berikut cara membayar denda atau cicilan di SPayLater.

  1. Buka Tab Saya dan pilih ShopeePayLater
  2. Klik jumlah yang harus dibayar
  3. Klik Lunasi Cicilan Sekarang
  4. Setelah tagihan muncul, pilih Lunasi Cicilan Sekarang
  5. Pilih Metode Pembayaran (ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret)
  6. Klik Konfirmasi

Cukup mudah bukan cara membayar cicilan Shopee PayLater? Usahakan tidak terlambat satu hari, karena 1 hari sama dengan denda 1 bulan.

Akhir Kata

Sekian informasi cara membayar cicilan spaylater, semoga dapat memberikan informasi yang Anda cari. Terima kasih karena sudah mengunjungi situs ini, dan jangan lupa untuk membaca lebih banyak artikel dari kami.

Ikuti tulisan menarik liga ponsel lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler