x

Iklan

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Minggu, 26 Juni 2022 11:58 WIB

Mahasiswa KKN Unej Lakukan Pembuatan Briket Atasi Limbah Daun Tebu di Desa Sudomukti


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN Universitas Jember melaksanakan kegiatan percobaan pembuatan briket limbah daun tebu, Rabu (13/06/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Balai Desa Sidomukti yang diikuti seluruh mahasiswa KKN Universitas Jember.

Percobaan pembuatan briket ini dimulai karena kurangnya pemanfaatan limbah daun tebu kering oleh masyarakat Desa Sidomukti ini. Keberadaan limbah daun tebu yang melimpah menjadikan alasan utama pengangkatan daun tebu kering sebagai bahan baku briket ini. Tidak hanya itu, daun tebu kering ini juga nantinya digunakan sebagai media tanam dan pupuk organik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kegiatan dilakukan dengan melakukan pengadaan limbah daun tebu yang berada di lahan tebu Dusun Ledok Desa Sidomukti. Daun tebu kering dimasukan dalam karung yang berikutnya akan dilakukan proses pembakaran. Hasil pembakaran daun tebu kering itulah yang nantinya digunakan sebagai bahan baku briket dan campuran media tanam dan pupuk organik. Praktik percobaan pembuatan briket yang dilakukan mahasiswa kkn menggunakan bahan tambahan juga yang mudah didapatkan disekitar masyarakat seperti tepung kanji dan air.

Diharapkan melalui keberhasilan kegiatan ini mahasiswa KKN UNEJ dapat memberikan pelatihan  pembuatan briket kepada masyarakat dan nantinya dapat menjadi tambahan ekonomi bagi masyarakat. Selain itu, masyarakat juga dapat menggunakan arang daun tebu sebagai tambahan atau campuran media tanam dan pupuk organik.

 

Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler