Berlatih Tanpa Batas Jadi Atlet Esport Profesional - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Atlet Esport Nasional Sumber Foto by tempo.co

Teddy Rustandi

cidyrus
Bergabung Sejak: 16 Maret 2022

Jumat, 22 Juli 2022 07:36 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Berlatih Tanpa Batas Jadi Atlet Esport Profesional

    Ingin menjadi Atlet ESport yang sukses kuncinya berlatih tanpa batas. Harus disiplin, konsisten, komitmen, dan memiliki semangat yang tinggi.

    Dibaca : 1.073 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Siapa sih yang tidak suka main gim? hampir semua orang baik laki-laki atau perempuan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai permainan gim karena gim buat saya sendiri sekedar meluangkan waktu senggang atau menyalurkan hobi. Namun, era disrupsi teknologi saat ini, Gim Elektronik lebih mudah dimainkan. Kalau zaman dulu harus menggunakan PC atau laptop, zaman sekarang cukup lewat mobile atau smartphone sudah bisa.

    Gim masih menjadi momok bagi sebagian orangtua. Itu wajar menurut saya. Kenapa?! karena takut anaknya kecanduan main gim lalu jadi malas belajar. Ada juga yang diperbolehkan namun dengan catatan diatur waktunya. Saya setuju, saya sendiri sebagai orang tua memperbolehkan anak saya main gim tapi diatur waktunya dan didampingi. Minimal tahu gim apa yang sedang dimainkan karena Gim tidak selalu berdampak negatif. Hal positif nya bagi anak yang bisa dirasakan adalah menambah dan mengasah aktivitas otak. Terutama, otak kanan lebih dominan berkaitan dengan kreativitas. Sebab main Gim Elektronik butuh strategi, kekompakan, dan lain-lain.

    Apa sih Esport itu? singkatan dari Elektronik Sport, atau jenis olahraga yang menggunakan elektronik. Bisa menggunakan HP, Laptop/PC, atau konsol game seperti PlayStation, Xbox, dan sebagainya.

    Esport saat ini berkembang pesat kemajuannya. Industri esport sebenarnya sudah berkembang sejak awal 2012. Namun, masih lingkup komunitas atau tim-tim kecil. Kini, perkembangan begitu pesat ketika tim esport naik ke level profesional sekaligus dikelola dengan baik. Apalagi saat ini sudah masuk ke cabang olahraga yang dipertandingkan.

    Saatnya Berlatih Tanpa Batas melalui LEAD National Series

    Perkembangan pesat Gim elektronik atau esport sudah menjadi industri yang menjanjikan apalagi didukung Pemerintah. Bahkan, cabang olahraga yang sudah diakui baik Nasional hingga Internasional.

    Menjadi seorang atlet esport saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Para penguasa jaringan fast internet ini sudah dianggap atlet olahraga pada umumnya. Belum lagi setiap turnamen esport hadiahnya bikin menggiurkan. Mulai dari ratusan juta hingga miliaran. Makanya tidak heran banyak kalangan muda yang ingin berkarier dan cita-cita jadi atlet esport profesional.

    Walau tidak mudah untuk jadi atlet esport profesional, ada beberapa yang harus kalian ketahui untuk memulai karier sebagai atlet esport, diantaranya:

    1. Fokus dengan satu gim yang Kamu tekuni, Seperti hal atlet olahraga profesional, kamu hanya fokus berlatih satu cabang olahraga saja. Dengan fokus satu gim, kamu dapat berlatih strategi, meningkatkan level. Sebab setiap gim elektronik punya kompetisi atau liga sendiri-sendiri.
    2. Rutin Latihan, Jadi Atlet Profesional memang tidak mudah, namun dengan tekad dan semangat tinggi, kamu pasti bisa. Caranya, dengan latihan rutin yang wajib secara disiplin. Hal ini untuk meningkatkan skill gim sekaligus merancang strategi baru.
    3. Ikut Komunitas, Dengan kamu bergabung di komunitas, selain menambah pertemanan juga bisa bertanya, sharing, dan dapat info terupdate seputar tips atau trik yang sedang populer.
    4. Jaga Kesehatan, Jadi seorang atlet profesional tidak hanya cukup jago skill, tetap jaga kesehatan. Caranya dengan olahraga, asupan makanan, dan pola hidup sehat yang terjaga. Sebab main gim butuh konsentrasi. Tidak harus berjam-jam atau main gim secara berlebihan. Paling penting ada jadwal dan konsisten.
    5. Bergabung dan belajar langsung dari yang berpengalaman, Setelah jago skill gim elektronik, seorang atlet esport tentu butuh pendamping atau pelatih yang sudah berpengalaman agar dapat diarahkan jadi atlet profesional yang siap bertanding tidak hanya nasional namun internasional. Dengan kita sering ikut turnamen mental dan skill akan terlatih.

    Di negara Indonesia, dukungan terhadap esport sangat positif. Bisa kita lihat dengan banyak diadakan kompetisi dan turnamen gim elektronik. Kabar baik bagi yang ingin mewujudkan karier jadi atlet esport profesional, IndiHome kembali menggelar LEAD National Series 2022 yang merupakan seri ke 2 setelah sukses event LEAD by IndiHome Session 1. Tournament yang diselenggarakan di 7 regional wilayah Telkom atau seluruh Indonesia ini menyediakan total hadiah 100 juta.

    Salah satu agar jadi Atlet Esport profesional tidak cukup dengan mengandalkan skill gim saja. Kamu juga butuh pendamping, coach berpengalaman, mental, dan latihan tanpa batas agar terlatih sehingga siap bertanding pada kompetisi bergengsi.

    Salah satu wadah yang ada di Indonesia adalah LEAD (Limitless Esport Academy) by IndiHome. Ini merupakan wadah calon atlet esport tanah air dalam mengembangkan potensi hingga menjadi pemain profesional dan berkompetisi sebagai wakil Indonesia di kejuaraan dunia.

    Jika kalian ingin bergabung bersama LEAD by IndiHome. Ikuti infonya diakun instagram @leadindihome

    Maka, bagi rajanya pengguna fast internet yang ingin berkarier jadi Atlet Esport Profesional, tentu konsisten, komitmen, dan semangat tinggi harus dimiliki. Selanjutnya, bergabunglah di tempat yang tepat dari yang sudah berpengalaman. Semoga Para Atlet Esport Profesional tanah air semakin banyak lagi dan dikenal hingga ke mancanegara. ***

     

    Ikuti tulisan menarik Teddy Rustandi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.









    Oleh: Michael HB Raditya

    Rabu, 10 Agustus 2022 16:50 WIB

    Ronaldo, Penjual KW, dan Cuan

    Dibaca : 326 kali