Timnas U-16 Lawan Vietnam; Jangan Panik - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Timnas U-16 Saat berlaga di Piala AFF di Yogyakarta, Indonesia. Foto: Antara

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Jumat, 5 Agustus 2022 11:26 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Timnas U-16 Lawan Vietnam; Jangan Panik

    Timnas U-16 Indonesia saat ini memimpin klasemen grup A Piala AFF. Indonesia hanya butuh hasil imbang atas Vietnam Sabtu nanti untuk menjadi juara grup. Tapi Indonesia diharapkan bisa menghempaskan Vietnam. Mampukah?

    Dibaca : 410 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Skor 9-0 adalah hasil yang sangat memuaskan, dimana Indonesia memberikan perlawanan tanpa ampun melawan Singapura, Rabu malam, lalu. Kemenangan ini bukan hanya tentang mendapatkan poin, namun juga memberikan tekanan kepada Vietnam berkat unggul selisih gol atas Vietnam, saat ini Indonesia memuncaki klasemen grup A sementara. Dengan begitu, pada pertandingan terakhir nanti Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mampu lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup A.

    Dengan posisi di atas angin itu, tentu harapannya Timnas U-16 Indonesia mampu bermain lebih tenang. Tim juga diharapkan menampilkan permainan terbaik serta mengaplikasikan strategi pelatih dengan jitu. Apalagi pelatih Bima Sakti sudah menekankan kepada para suporter Indonesia untuk tidak terlalu memuji Timnas U-16 Indonesia secara berlebihan. Pelatih menganggap para pemain masih memiliki banyak kekurangan. Melawan Vietnam, Bima Sakti berjanji akan mengedepankan sikap saling menghormati dan mati-matian agar mampu mengamankan satu tiket ke semifinal. 

    Fokus adalah kunci agar Timnas U-16 Indonesia mampu melaju ke babak selanjutnya. Tidak perlu takut melawan Vietnam. KIta tau Timnas Indonesia senior, U-22, dan U-19 di bawah pelatih Shin Tae-yong tidak pernah mennag melawan Vietnam. Imbang dan kalah dengan skor mencolok adalah hasil yang lebih sering kita derita semenjak 2021-2022.

    Apalagi, pada ajang sebelumnya yaitu Piala AFF U-19 Indonesia tidak dapat lolos ke babak selanjutnya karena hanya mendapatkan hasil imbang lawan Vietnam. Padahal pada saat itu, Timnas U-19 mendapatkan banyak peluang namun tidak dapat memanfaatkan dengan baik. Catatan ini yang harus dipecahkan Timnas U-16 Indonesia, yakni harus mampu mencetak gol, bagaimanapun caranya.

    Bima Sakti sebagai pelatih kepala Timnas U-16 pasti sudah menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain tenang dan mencari solusi untuk mencetak gol. Walaupun hasil imbang cukup membuat Indonesia lolos ke semifinal, terciptanya gol akan membuat Indonesia bermain lebih nyaman. Karena kita ketahui Timnas Vietnam adalah salah satu negara yang mampu mengangkat emosi pemain dan suporter apabila saling bertemu. Persaingan kedua negara cukup ketat beberapa tahun terakhir. Nabil Asyura, Hanif Ramadhan dan kawan-kawan tetap harus mempertahankan mental serta membawa semangat kemenangan lawan Singapura di laga terakhir.

    Pengalaman Bima Sakti pun tidak main-main. Pada ajang Piala AFF U-15 2019 Indonesia mampu mengalahkan Vietnam dua kali. Sata itu timnas diperkuat Marselino Ferdinand, Marcell Januar dkk. Pada pertemuan di grup, Indonesia mengalahkan Vietnam 2-0 dan pada perebutan tempat ketiga Indonesia kembali menang, meskipun lewat adu pinalti. Saat itu hasil akhir 3-2.

    Kemenangan (lagi) Timnas U16 atas Vietnam dirasa penting. Karena ini akan membuat Indonesia kembali percaya diri apabila ketemu Vietnam di ajang lainnya. 

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.