Pembuktian Kedua Shin Tae-yong - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Timnas U-19 di Korea Selatan. Foto: PSSI

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Kamis, 18 Agustus 2022 09:05 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Pembuktian Kedua Shin Tae-yong

    Timnas U19 Indonesia akan segera menghadapi laga resmi selanjutnya pada bulan September nanti, yaitu kualifikasi Piala Asia U20 2023. Berlaku sebagai tuan rumah, tentu Indonesia berhasrat untuk lolos ke Piala Asia U20 2023, mampukah Shin Tae-yong membawa anak asuhnya lolos ke Piala Asia setelah sebelumnya berhasil membawa Timnas senior Indonesia lolos ke Asia?

    Dibaca : 1.357 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada bulan september, pada tanggal 14-18 nanti Timnas U19 Indonesia akan menghadapi laga resmi bertajuk kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang akan diadakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Dengan kembali menjadi tuan rumah, Timnas U19 tentu dituntut untuk dapat mengeluarkan segala kemampuan secara maksimal dan mampu lolos ke Piala Asia U20 2023. Karena lolosnya Indonesia ke Piala Asia U20 2023 juga merupakan bukti bahwa semenjak 2018 Indonesia selalu lolos ke Piala Asia, yaitu 2018 dan 2020. Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U20 2023 sendiri bisa menjadi prestasi tersendiri bila benar terjadi, yaitu tiga kali berturut-turut lolos Piala Asia U20 2023, baik melalui kualifikasi ataupun sebagai tuan rumah.

    Ajang kualifikasi Piala Asia U20 2023 juga menjad ajang pembuktian untuk Shin Tae-yong bahwa dirinya adalah pelatih berkelas. Karena pada kualifikasi Piala Asia untuk Timnas senior Indonesia, dirinya telah mampu meloloskan Indonesia sebagai salah satu runner-up terbaik. Tentu prestasi ini ingin diulang oleh dirinya, apalagi Timnas U19 Indonesia ini adalah cikal bakal dari skuad yang akan tampil di Piala Dunia U20 2023 nantinya. Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U20 2023 bukan hanya tentang gengsi, namun untuk menantang diri sendiri apakah Indonesia mampu bersaing di Asia sebelum berlaga diajang prestisius sekelas Piala Dunia U20 2023 ke depannya.

    Apalagi diajang sebelumnya, Piala AFF U19 2022 pada bulan Juli sebelumnya Timnas U19 Indonesia hanya mampu menempati peringkat tiga setelah sebelumnya kalah Head to head oleh Thailand dan Vietnam sebagai juara serta runner-up grup. Dengan modal diajang Piala AFF yang tidak sempurna, tentu Timnas U19 Indonesia ingin meningkatkan kemampuan dan mampu membalas Vietnam di kualifikasi Piala Asia U20 2023, dikarenakan Indonesia dan Vietnam kembali bertemu dalam grup yang sama bersama dengan Hongkong dan Timor Leste. Berharap Indonesia mampu menyapu bersih dua laga awal, lawan Vietnam nantinya Indonesia hanya perlu hasil imbang atau menang tipis tehadap Vietnam.

    Tapi, misi besarnya tentu bukan sekedar menang namun dapat membuat Timnas Vietnam tidak lolos ke Piala Asia U20 2023 nanti adalah misi utama. Karena dendam para pecinta sepakbola tanah air yang menganggap ada main mata antara Vietnam dan Thailand pada ajang Piala AFF U19 masih sangat membekas oleh para pendukung sepakbola tanah air. Ditambah pula, tidak ada alasan untuk Timnas U19 Indonesia untuk tidak lolos ke Piala Asia U20 2023, karena dukungan dari dana, pelatihan keluar negeri hingga isu akan mendatangkan pemain naturalisasi keturuanan akan dipenuhi oleh PSSI dan pemerintah. Sehingga tuntutan kepada Shin Tae-yong untuk berprestasi dikancah Piala Asia dan Piala Dunia bisa dikatakan hal wajar.

    Tentu Shin Tae-yong juga tidak mau malu, karena akan mempengaruhi kredibilitasnya sebagai pelatih yang pernah membawa Korea Selatan menang melawan Jerman pada Piala Dunia 2018 di Rusia saat itu. Pasti Shin Tae-yong akan berusaha maksimal untuk mampu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia dan mampu berprestasi di Piala Dunia U20 2023 ke depannya. Karena untuk Piala Asia U19 2018 dan 2020 yang diasuh oleh pelatih lokal Indonesia mampu berprestasi lolos sampai delapan besar dibawah naungan Indra Sjafri serta back to back lolos Piala Asia U19 lewat asuhan Fahcri Husaini. Tentu kami bisakan, pelatih Shin Tae-yong?

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.