Mungkinkah Indonesia Lolos Piala Asia U-20? - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Marselino Ferdinan. Dokumen: PSSI

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Selasa, 6 September 2022 17:46 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Mungkinkah Indonesia Lolos Piala Asia U-20?

    Timnas Indonesia U20 sudah melakukan persiapan jelang kualifikasi Piala Asia U20 di Surabaya, Jawa Timur. Namun, dua dari tiga hasil ujicoba melawan tim-tim lokal Indonesia belum meraih kemenangan, mungkinkah Indonesia akan gagal lolos ke Piala Asia U20?

    Dibaca : 883 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan dimulai pada tanggal 10 September nanti. Namun, untuk grup F dimana Indonesia berada, kualifikasi akan dimulai pada tanggal 14-18 september di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Lawan-lawan Indonesia dalam grup F ini ada Hongkong, Timor Leste, dan Vietnam. Tentu walaupun di atas kertas Indonesia akan mampu menghadapi Hongkong dan Timor Leste serta butuh usaha lebih untuk mendapatkan tiga poin dari Vietnam, Indonesia pantang kendor menghadapi siapapun lawannya nanti.

    Sebagai tuan rumah penyelenggaraan kualifikasi Piala Asia U20 2023, tentu Indonesia cukup berambisi untuk mampu lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara grup, karena hanya 10 juara grup dan lima runner-up terbaik yang yang lolos ke babak final nantinya. Dengan persiapan panjang yang sudah dimulai dari awal tahun hingga pemusatan latihan terbaru saat ini, Timnas Indonesia U-20 diyakini sudah mampu memahami apa yang diinginkan oleh pelatih Shin Tae-yong dalam membentuk sistem permainan yang dia mau. Apalagi nama-nama seperti Kakang Rudianto, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Muhammad Ferrari sudah cukup lama bermain bersama selama tim ini dibentuk.

    Tapi, Shin Tae-yong sendiri seperti kurang beruntung ketika bertemu dengan Vietnam, dirinya dan tim selalu kesulitan untuk meraih kemenangan. Hal tersebut terlihat pada pertemuan terakhir di Piala AFF pada bulan Juni-Juli lalu dimana dirinya hanya mampu meraih hasil 0-0 ketika melawan Vietnam dan hasil tersebut membuat Indonesia akhirnya gagal lolos ke babak semi final Piala AFF. Padahal pada penyelenggaraan kemarin, Indonesia sudah menjadi tuan rumah dan masih belum mampu bermain secara maksimal. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh tim kepelatihan Indonesia, karena selain lolos sebagai juara grup ada tuntutan lain dari suporter untuk membuat Timnas Vietnam tidak lolos ke Piala Asia U20 2023 nanti.

    Kesempatan kembali datang kepada Shin Tae-yong dan semua jajaran di tim U20, bahwa lolos sebagai juara grup di babak kualifikasi Piala Asia U20 2023 adalah bukti tim ini siap naik level ke tingkat Asia hingga nanti siap untuk bersaing di Piala Dunia U20 2023 Indonesia nanti. Apalagi Stadion Gelora Bung Tomo yang menjadi tempat dimana laga kualifikasi berlangsung dikenal memiliki suporter yang militan yang setia mendukung Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia, yaitu Bonek alias Bondo Wani.

    Indonesia pun pada Piala Asia 2018 (tuan rumah) mampu lolos sampai delapan besar dan 2020 lolos lewat kualifikasi. Semenjak itu Indonesia tidak pernah absen pada Piala Asia U19/U20, walaupun untuk ajang 2020 harus dibatalkan karena adanya pandemi corona. Untuk itu, Shin Tae-yong pun pasti tahu rekor tersebut dan ingin membuat Indonesia mampu hattrick lolos ke Piala Asia U20.

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.