x

Dokumentasi kegiatan Sosialisasi Ketahanan Pangan bersama warga RT 01 RW 06 Gading Kasri pada Minggu, 7 Maret 2021

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Selasa, 11 Oktober 2022 07:03 WIB

Mengenalkan Organisasi Kepada Masyarakat

Semua organisasi baik perusahaan, ormas, orpol atau apapun membutuhkan komunikasi dengan masyarakat. Komunikasi lisan saja tidak cukup. Komunikasi tertulis juga dibutuhkan di jaman kekinian. Bagaimana caranya? Sila baca.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengenalkan Organisasi Kepada Masyarakat

Bambang Udoyono, penulis buku

 

Kemajuan perusahaan tergantung kepada masyarakat konsumennya. Sebagus apapun produknya kalau dia tidak dikenal oleh masyarakat ya pasti akan gulung tikar. Artinya perusahaan membutuhkan komunikasi dengan masyarakat. Demikian juga dengan orgasisi lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sekarang ini ada frasa komunikasi korporat. Frasa komunikasi korporat mewadahi gagasan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan. Bisa juga oleh organisasi lain.  Komunikasi yang terjadi bisa di dalam perusahaan atau antara perusahaan dengan pihak lain misalnya perusahaan lain, pelanggan, pers, pemerintah, dan masyarakat.

 

Komunikasi adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam perusahaan, dalam politik dan dalam keluarga.  Karena itu sejak awal unsur ini harus dimasukkan dalam rencana strategis perusahaan, keluarga atau partai.  Tokoh utama harus memiliki kemampuan ini jika ingin organisasinya maju.

 

Komunikasi internal mudah dijalankan ketika perusahaan atau organisasi masih kecil.  Si tokoh utama harus bisa menjalin komunikasi efektif dengan semua karyawannya.   Dia harus memiliki hubungan baik dengan semuanya.  Tanpa kemampuan ini maka gagasan si boss tidak akan sampai ke anak buahnya.  Akibatnya rencana tidak akan berjalan dengan baik.

 

Visi perusahaan, business plan harus disampaikan dengan gamblang dan rinci.  Verba volant scripta manent, kata pepatah Latin.  Artinya kata kata terbang tapi tulisan tetap ada.  Jadi komunikasi antara bos dengan semua karyawan tidak cukup secara lisan.  Semuanya harus ditulis.  Dengan cara itu gagasan pokok pak boss bisa dipahami dengan baik. Tanpa itu mustahil ide bagus bos dipahami dengan baik apalagi dipraktekkan dengan benar.

 

Ketika perusahaan atau organisasi sudah besar maka urusan komunikasi ini semangkin njlimet dan menyita waktu.  Maka harus ada sebuah unit sendiri yang mengurusinya.  Tidak sedikit perusahaan yang mempekerjakan orang untuk menulis majalah internal atau paling tidak semacam buletin untuk kalangan sendiri.

 

Untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat dan pelanggan perusahaan, ormas atau orpol membutuhkan buku semacam biografi perusahaan atau organisasi.  Buku semacam ini sangat bermanfaat untuk mempekenalkan atau memperkuat kesadaran masyarakat tentang layanan yang diberikan oleh perusahaan.  Masyarakat  jadi tahu apa yang bisa diharapkan dari perusahaan tersebut.  Sekarang tidak sedikit perusahaan yang mempekerjakan seorang penulis untuk menyusun buku semacam itu. 

 

Jika perusahaan atau organisasi Anda ingin memperkokoh eksistensi di masyarakat langkah ini sangat penting.  Jadi Anda perlu merekrut seorang penulis professional. Mungkin tidak perlu sebagai karyawan tetap. Anda cukup memberinya order saja.

 

Selain menulis buku tentang sebuah perusahaan dan tokoh, bisa juga penulis menulis tentang sebuah organisasi massa atau bisa juga organisasi politik. Pekerjaan ini belum banyak dilakukan di Indonesia. Sedangkan ormas dan orpol juga memiliki kebutuhan komunikasi dengan masyarakat.

 

Buku yang ditulis semacam biografi ormas dan orpol. Tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat layanan yang diberikan oleh ormas atau orpol Anda. Masyarakat juga butuh tahu apa yang bisa diharapkan dari organisasi Anda.    

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu