x

Ilustrasi Persoalan Mate-matika. Ilustrasi oleh Mohamed Hassan dari pixabay.com

Iklan

Nugroho Dwi Saputro

Penulis Indonesia / UIN Walisongo Semarang
Bergabung Sejak: 1 November 2022

Selasa, 1 November 2022 11:19 WIB

Pengenalan Matematika Dasar Menggunakan Limbah Kardus


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Limbah merupakan permasalahan yang dihadapi hampir semua daerah. Namun, di beberapa daerah sudah menerapkan sistem pengolahan limbah yang baik. Oleh karena itu, pemanfaatan limbah menjadi sangat penting untuk mencegah bumi kita dari kotor dan kehancuran.

Permasalahan limbah ini pun dihadapi dimana-mana, banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengolah limbah terutama limbah kertas dan kardus. Limbah kertas atau kardus ini merupakan limbah yang sering dijumpai di rumah-rumah, dimana banyak kertas dan kardus tidak terpakai berasal dari koran. kertas HVS anak sekolah dan kardus bekas alat elektronik atau bahan makanan. Limbah kertas dan kardus yang menumpuk dan tidak diolah dengan baik dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Dampak negatif ini dapat diatasi dengan mengolah limbah kertas dan kardus menjadi produk yang ekonomis dan ramah lingkungan. Selain itu, limbah kertas memiliki keunggulan daya serap air yang tinggi, sehingga tanaman tidak mudah mengalami kekeringan. Kemudian, kekurangan dari limbah kertas adalah miskin akan unsur hara sehingga limbah kertas dapat dicampurkan dengan bahan organik lain seperti sisa tanaman atau kotoran hewan yang dapat dijadikan pupuk organik.

Limbah kertas tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik, melainkan limbah kertas dan kardus ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama untuk Ibu-ibu yang memiliki anak di taman kanak-kanak atau di tingkat sekolah dasar. Limbah kertas dan kardus dapat diubah menjadi media pembelajaran yang menarik untuk ibu-ibu dapat mengajarkan kepada anak-anaknya dalam upaya meningkatkan motivasi anak-anak belajar di rumah terutama untuk mengenalkan matematika sejak dini. Karena selain masalah limbah yang dihadapi. ibu-ibu juga suka mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak mereka terkait konsep pembelajaran Matematika di rumah. Ibu-ibu biasanya jarang mengajarkan secara langsung anak-anak mereka di rumah. Mereka lebih memilih mendatangkan guru les privat untuk mengajarkan anak-anak mereka. Padahal bila ibu-ibu dapat mengajarkan sendiri anak-anaknya. hal tersebut dapat menghemat anggaran guru les dan dapat lebih mengetahui progress belajar anak-anak mereka dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk mengatasi dua permasalahan tersebut diperlukan peningkatan pengetahuan tentang pemanfaatan limbah kertas dan kardus untuk diubah menjadi media pembelajaran dalam membantu ibu-ibu memberikan pemahaman konsep matematika kepada anak-anak mereka di rumah. Ibu berperan penting untuk membentuk watak. Karakter dan pengetahuan bagi anak-anaknya. Penerapan belajar dengan media limbah kertas dan kardus ini dalam memahami konsep matematika di rumah dapat membuat anak-anak belajar sambil bermain.

Beberapa benda yang dapat di buat dari bahan kertas dan kardus guna mengajarkan matematika dasar kepada anak-anak. Contohnya jam kardus, bangun ruang yang terbuat dari kertas dan kardus, bangun datar dari kertas dan lain-lain.

Berikut adalah cara membuat jam yang terbuat dari kardus :

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jam dinding dari kardus bekas.

  • Kardus bekas
  • Mesin jam
  • Pensil
  • Gunting

Cara membuat

Langkah langkah membuat kreasi jam dinding dari kardus bekas adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan konsep

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep dan bentuk jam yang akan dibuat. Apakah anda ingin membuat jam dinding berbentuk bulat, kotak segi lima dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena berpengaruh terhadap kelancaran pembuatan jam.

  1. Membuat pola pada kardus

Dengan menggunakan pensil mulailah membuat pola pada permukaan kardus. Jika anda ingin membuat jam dinding berbentuk lingkaran, anda harus menggambar lingkaran pada permukaan kardus.

  1. Memotong kardus

Dengan menggunakan gunting atau cutter yang tajam, potong kardus sesuai dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya. Pemotongan harus di lakukan dengan hati hati agar hasilnya rapi.

  1. Membuat angka pada kardus

Langkah selanjutnya ada membuat angka pada permukaan kardus. Dengan menggunakan spidol buatlah angka layaknya pada jam dinding buatan pabrik. Pastikan angka terletak pada posisi yang benar agar jam dinding bisa menunjukan waktu yang tepat

  1. Pemasangan mesin

Agar jam dinding bisa berfungsi dengan sempurna, kita harus memasang mesin jam pada bagian belakang kardus. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil di tengah lingkaran tempat penggerak jarum bisa di masukan. Ketika anda mulai memasang jarum pastikan arah jarum jam sesuai dengan waktu yang dimaksud.

Ikuti tulisan menarik Nugroho Dwi Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler