x

DD Volunteer mengajak masyarakat untuk menggunakan wadah dari daun, besek, anyaman bambu, dan ragam wadah ramah lingkungan lainnya yang mudah terurai. Langkah tersebut sudah DD Volunteer gulirkan beberapa tahun belakangan

Iklan

Gheffira Devi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Rabu, 2 November 2022 07:11 WIB

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

                                                                               Kerja Bakti dan Menanam Tanaman di Taman Warga   

Untuk mengatur kelangsungan kehidupan makhluk-Nya di muka bumi, Tuhan memberikan kepercayaan kepada manusia untuk memakmurkan dan mengolahnya dengan cara yang baik sehingga tidak terjadi bencana di muka bumi. Memakmurkan bumi pada hakikatnya adalah pengelolaan lingkungan secara benar dan dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang. Manusia sebagai makhluk hidup mempunyai pengaruh besar untuk menjaga kesehatan lingkungan hidup.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Secara langsung maupun tidak langsung manusia mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menjaga keseimbangan lingkungan antara kehidupan manusia dan alam sekitar. Oleh karena itu kita harus berperan bersama dalam menjaga lingkungan dan menjauhi perilaku buruk yang dapat menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan sekitar. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan baik di darat, laut, maupun udara agar terhindar dari persoalan lingkungan hidup.

Permasalahan atau persoalan lingkungan hidup merupakan persoalan yang bersifat global dan universal, karena persoalan yang membahas tentang lingkungan hidup tersebut menyangkut tentang kehidupan seluruh umat manusia di muka bumi. Masalah maupun persoalan lingkungan hidup yang seringkali atau umum terjadi biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, karena sebuah peristiwa ataupun kejadian alam tersebut adalah fenomena alami yang harus terjadi karena adanya suatu proses yang terjadi dari alam itu sendiri.

Sedangkan yang kedua dapat disebabkan oleh perbuatan atau ulah dari tangan manusia itu sendiri, kemudian terjadilah kerusakan lingkungan yang mengakibatkan terjadinya banyak bencana. Dari sekian banyak persoalan tentang kerusakan alam, ternyata peran manusia sangat besar dalam membuat kerusakan tersebuat, akibatnya manusia yang menanggung akibatnya. Untuk menghadapi berbagai persoalan lingkungan tersebut manusia perlu melakukan upaya pelestarian alam, contohnya dengan menggunakan barang-barang ramah lingkungan dan melakukan upaya menghemat energi.

Selain menjaga kelestarian lingkungan, kita juga harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Lingkungan yang bersih membuat siapapun yang memandangnya bukan hanya  menjadi merasa aman dan nyaman. Lingkungan yang bersih merupakan sebagian dari iman, dan lingkungan yang bersih juga akan memberikan manfaat yang banyak, termasuk dalam pengendalian penyakit. Karena kita tahu bahwa lingkungan yang kotor adalah tempat berkembang biaknya banyak bakteri berbahaya.

Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan taman. Ketika kita menjadi lebih terbiasa untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan kita, kita menjadi semakin terbiasa untuk membersihkan lingkungan kita dan juga menjaga kebersihan diri sendiri. Masih banyak  cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, melakukan penghijauan atau menanam pohon, memilah sampah berdasarkan jenisnya, memperbanyak tong sampah, serta melakukan penyuluhan atau sosialisasi yang bertujuan agar orang-orang mengetahui bagaimana pentingnya upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Di Indonesia, masalah kesehatan lingkungan selalu menjadi sumber permasalahan dan pembahasan utama. Permasalahan terkait masalah kebersihan lingkungan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Lingkungan bersih sendiri dapat diartikan sebagai kondisi dari kawasan bersih, sehingga daerah tersebut terbebas dari berbagai penyakit dan nyaman untuk dihuni. Orang jika tinggal dalam lingkungan bersih dan sehat akan jauh lebih bahagia dan tidak mudah terserang penyakit dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan kotor dan kumuh.

Berikut beberapa dampak positif jika lingkungan sekitar kita bersih selain hidup sehat yaitu lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, mencegah terjadinya bencana banjir, lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk ditempati, jauh dari berbagai macam resiko penyakit, meningkatkan kesehatan baik jasmani maupun rohani, dan lain sebagainya.  Menimbang manfaat positif dari menjaga kebersihan lingkungan maka mulai dari sekarang kita harus mulai menanamkan kesadaran serta kepedulian yang tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

 

 

Ikuti tulisan menarik Gheffira Devi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

7 jam lalu

Terpopuler