x

Gerakan latihan yang sebenarnya (GELAYS) sebagai wujud aksi peduli lingkungan yang timbul dari kesadaran akan pentingnya memiliki mental berlombah yang seiring sejalan dengan mental peduli.

Iklan

desi nur faizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 November 2022

Senin, 14 November 2022 14:47 WIB

Aspek dan Nilai Islam Terhadap Kesehatan Lingkungan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lingkungan merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari manusia sehingga secara alamiah manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Manusia terkadang memengaruhi lingkungan, dan terkadang lingkungan yang memengaruhi manusia. Manusia sebagai khalifah di bumi tentunya memiliki kewajiban menjaga dan mengelola lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat sehingga lingkungan dapat mendukung kehidupan manusia.

Kebersihan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau.manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar supaya tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mapun bagi orang lain. Jadi, kebersihan lingkungan adalah kemampuan seseoang untuk mengerti atau memahami untuk menciptakan lingkugan yang sehat, aman, bersih, dan sejuk sehingga tidak mudah terserang dari berbagai penyakit.

Islam merupakan agama yang mengatur semua aspek kehidupan di muka bumi, termasuk mengenai bagaimana manusia menjaga kebersihan lingkungan. Dalam sumber ajaran islam yaitu al-Qur‟an dan al-Sunnah diterangkan bagaimana ajaran Islam menyoroti masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa kebersihan sangat diperhatikan dalam Islam baik secara fisik maupun jiwa, baik secara tampak maupun tidak tampak. Dianjurkan pula agar memelihara dan menjaga sekeliling lingkungan dari kotoran agar tetap bersih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pandangan Yusuf al-Qardawi ia menyebutkan bahwa perhatian as-sunnah alnabawiyah terhadap kebersihan muncul dikarenakan beberapa aspek, yaitu : Pertama, Sesungguhnya kebersihan adalah sesuatu yang disukai Allah swt. Sebagaimana dalam firman-Nya Q.S al-Baqarah ( 2) : 222. Dengan demikian sebagai umat Islam sudah seharusnya menerapkan ayatayat Allah dalam kehidupan bermasyarakat, dan ayat di atas mmenyatakan bahwa Allah menyukai orang yang mensucikan diri, sebagaimana telah diketahui bahwa syarat sahnya salat adalah bersih atau suci dari hadas dan najis.

Kedua, kebersihan itu adalah cara untuk menuju kepada kesehatan badan dan kekuatan. Sebab hal itu merupakan bekal bagi tiap individu. Disamping itu, badan adalah amanat bagi setiap muslim. Dia tidak boleh menyia-nyiakan atau menyepelekan manfaatnya, jangan sampai dia membiarkan badannya diserang oleh penyakit. Ketiga, kebersihan itu adalah syarat untuk memperbaiki atau menampakkan diri dengan penampilan yang indah yang dicintai oleh Allah swt dan Rasul-Nya.Keempat, kebersihan dan penampilan yang baik merupakan salah satu penyebab eratnya hubungan seeorang dengan orang lain. Ini karena orang sehat dengan fitrahnya tidak menyukai sesuatu yang kotor.

Berdasarkan ajaran islam, rumah yang suci adalah rumah yang terawat, bersih, dan lingkungan sekitar yang bersih. Ada beberapa sistem nilai dalam islam yaitu : nilai akidah, nilai sosial, nilai akhlak,dan nilai ibadah.

  1. Nilai Akidah

Akidah sebagai dasar utama ajaran islam bersumber pada Al-quran dan sunnah. Akidah islam mengikat seorang muslim sehingga ia terikat dengan segala aturan hukum yang datang dari islam. Oleh karena itu, menjadi seorang muslim berarti meyakini dan melaksanakan segala sesuatu yang diatur dalam ajaran islam, seluruh hidupnya didasarkan kepada ajaran islam.

  1. Nilai Sosial

Menurut kaca mata islam nilai sosial Berkaitan dengan bidang sosial kemasyarakatan Nilai sosial dalam islam yaitu berberilaku baik kepada sesama, dalam artian membantu orang yang dalam kesusahan, dan ini telah dijelaskan dalam penggalan ayat Qs Al-maidah: 2. Maka sungguh tepat apa yang dipaparkan al-quran bahwa manusia tidak akan pernah rugi selama mereka menegakkan nilai-nilai islam saling tolong menolong disamping beriman, beramal shaleh, dan bertakwa kepada Allah Swt. Dengan demikian menolong dalam berbuat kebiakan tidak hanya berdampak bagi orang lain namun juga diri sendiri. Contoh dari nilai sosial adalah budaya gotong royong.

  1. Nilai Akhlak

Akhlak atau khalaq adalah sifat tertanam dalam jiwa manusia, Adalah suatu perangat keyakinan sebagai suatu identitas yang memberikan corak yang khusus kepada pola pemikiran. Dengan demikian sudah sepatutnya kita menjaga lingkungan, salah satunya contohnya yaitu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarangan tempat. Membuang sampah pada tempatnya adalah perilaku yang bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain, sebagaimana rasulullah saw. telah mencontohkan hal tersebut. Sebagaimana diketahui, berdasarkan definisi kamus besar bahasa indonesia sampah adalah sebagai barang yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya. Perhatian semacam ini telah di sampaikan.

  1. Nilai Ibadah

Dalam Syariah Islam, semua perlaksanaan tanggungjawab seseorang itu terhadap tuntutan islam sama ada dalam bidang ibadah, muamalat dan sebagainya, semuanya mendapat pahala daripada Allah mengikut setakat mana keikhlasan anda menunaikan ibadah tersebut. Sholat adalah rukun Islam yang penting. Tanpa adanaya sholat, ibadah yang lain tidak diterima Allah SWT. Sholat juga memisahkan antara iman dari kekafiran. Karena tanda orang beriman adalah melaksanakan sholat, dan tanda kekufuran adalah meninggalkan sholat. Ibadah sholat ibarat hubungan antara seorang hamba dengan Allah SWT. Karena ketika kita sholat, kita sedang berbicara dan berdialog dengan Allah SWT. Seseorang yang menghargai sholat berarti dia telah menjalani hidup ini dengan benar. Karena sholat mengajarkan kita bagaimana mengatur waktu kita.

Maka dari itu, menjaga lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup untuk makhluk hidup yang ada di dalamnya, terutama manusia dalam menjalani hidup sangat bergantung pada alam. Manusia telah hidup berdampingan dengan alam dan lingkungan sejak lahir. Lingkungan memiliki arti penting bagi manusia untuk hidup saling ketergantungan. Lingkungan yang bersih dapat membuat penghuninya pun nyaman untuk tinggal. Sebagai bagian dari alam, keberadaan manusia di alam saling bergantung dan terjalin dengan makhluk hidup lainnya. Dengan hadirnya Islam, alam ini akan terus berkembang dan menopang kehidupan manusia. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman bukanlah persoalan ynag sulit. Masyarakat dapat melakukannya dengan membersihkan rumah secara rutin setiap hari dan juga jangan membuat sampah sembarangan. Jika lingkungan sudah tidak bersih lagi maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan penghuninya. Maka dari itu masyarakat harus menjaga hal tersebut agar beberapa penyakit tidak bersarang di tubuh akibat lingkungan yang kotor.

 

Desi Nur Faizah Kurniawan_P07133122089_D3 Sanitasi_1B

Ikuti tulisan menarik desi nur faizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 jam lalu

Terpopuler