x

Iklan

Heidy Destriani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Minggu, 1 Januari 2023 08:35 WIB

Penggunaan XBRL dalam Standar Laporan Keuangan

XBRL dapat meningkatkan efisiensi, kecepatan dan meng-otomasi pengolahan data laporan keuangan yang dapat menunjang proses analisa dan ketepatan informasi yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan perusahaan, termasuk semua transaksi yang terjadi di perusahaan selama periode waktu tertentu. Pencatatan ini digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan memiliki banyak fungsi, baik untuk perusahaan maupun pihak external yang terkait dengan perusahaan tersebut seperti misalnya para stakeholders. Salah satu fungsi laporan keuangan adalah untuk menganalisis kinerja perusahaan sehingga bisa membuat prediksi tentang arah masa depan perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga akan diberikan kepada investor, yang nantinya menentukan apakah investor tertarik untuk menanam modal di perusahaan tersebut atau tidak.

 

Pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan karena sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan, terutama yang berhubungan dengan keuangan atau kelangsungan hidup perusahaan. Selain itu, kredibilitas perusahaan juga meningkat jika laporan keuangan perusahaan stabil dan baik. Itu tandanya suatu perusahaan berhasil mengelola keuangan dengan apik. Maka dari itu, dibutuhkan sistem untuk memaksimalkan penggunaan informasi dalam laporan keuangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

XBRL merupakan singkatan dari eXtensible Business Reporting Language yaitu standar perangkat lunak pelaporan bisnis berbasis bahasa XML yang digunakan untuk mengelola informasi keuangan perusahaan berdasarkan standar keuangan internasional. Menurut Financial Accounting Standards Board, XBRL digunakan untuk memastikan transparansi dan aksesibilitas informasi bisnis menggunakan format yang seragam. XBRL sendiri dibuat dan dikembangkan untuk representasi digital dari laporan bisnis, laporan keuangan, dan pajak. Laporan keuangan perusahaan merupakan sumber informasi utama perusahaan. Karena dengan bantuan laporan keuangan, seluruh pemangku kepentingan perusahaan bisa mendapatkan gambaran perjalanan bisnis perusahaan. XML sendiri adalah singkatan dari Extensible Markup Language yaitu adalah bahasa komputer yang dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk menyederhanakan proses pertukaran dan penyimpanan data.

 

Fungsi atau pentingnya XBRL yaitu merealisasikan Good Corporate Governance yaitu upaya perusahaan untuk menciptakan pola hubungan yang kondusif antar pemangku kepentingan dalam perusahaan dalam hal keadilan, transparansi, dan akuntabilitas. Data lebih akurat dan valid, serta data dapat diakses dengan mudah oleh investor bahkan investor luar negeri karena bahasa di XBRL baku digunakan di Internasional.

 

Pada akhirnya inti penggunaan XBRL dapat meningkatkan efisiensi, kecepatan dan meng-otomasi pengolahan data laporan keuangan yang dapat menunjang proses analisa dan ketepatan informasi yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan. XBRL sudah mulai digunakan diberbagai lembaga di Indonesia karena data XBRL bisa meningkatkan transparansi dan kepatuhan pelaksanaan keuangan.

Ikuti tulisan menarik Heidy Destriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler