x

Foto Majalah Tempo

Iklan

Malik Ibnu Zaman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2022

Minggu, 9 April 2023 09:05 WIB

5 Jenis Keripik yang Cocok untuk Menjadi Pendamping Kopi

Sebagian orang menikmati kopi bertemankan rokok. Sebagian lagi menikmati kopi bertemankan snack atau makanan ringan. Snack yang biasa dinikmati sambil minum kopi adalah keripik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagian orang menikmati kopi bertemankan rokok. Sebagian lagi menikmati kopi bertemankan snack atau makanan ringan. Snack yang biasa dinikmati sambil minum kopi adalah keripik.

Keripik sendiri banyak jenisnya. Berikut 5 jenis keripik yang cocok menjadi pendamping kopi:

1# Keripik Sale

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama keripik sale. Bahan utama dari keripik sale adalah pisang. Paling enak jika pisang yang digunakan adalah pisang tanduk, dan menggunakan pisang yang matang di pohon. Cara membuat keripik sale sangat mudah sekali, pertama pisang diiris tipis, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Selanjutnya setelah kering digoreng, bisa digoreng langsung, bisa juga dilumuri adonan tepung.

Jika tidak mau ribet membuatnya, anda bisa membelinya sebab keripik sale dapat dengan mudahnya dijumpai baik di toko maupun online. Rasanya yang manis gurih membuat keripik sale sangat cocok disandingkan dengan kopi. Apalagi jika kopinya adalah kopi tubruk, tentu akan menambah cita rasa minum kopi ditemani keripik sale. Jika 

2# Keripik Pisang

Selanjutnya keripik pisang. Bahan utamanya adalah pisang. Hampir mirip dengan keripik sale, yang membedakan adalah rasanya kalau keripik sale manis, sementara keripik asin rasanya asin gurih. Selain itu yang membedakan adalah keripik sale dijemur terlebih dahulu. Ada juga keripik pisang yang manis, semuanya tergantung pada jenis keripik yang digunakan.

Keripik pisang sangat cocok disajikan untuk teman kopi. Paling nikmat dinikmati pada malam hari sambil nyantai bersama teman-teman di pos ronda. Kemudian juga berbagai jenis kopi tetap cocok dinikmati sambil ngemil keripik pisang.

3# Keripik Singkong

Berikutnya adalah keripik singkong. Bahan utama dari keripik ini adalah singkong yang diiirs tipis, lalu digoreng. Biasanya rasanya asin gurih. Tetapi sekarang ini banyak variasinya, ada yang rasa balado, cokelat, barbeque, dan lain sebagainya.

Varian keripik singkong juga harus disesuaikan dengan jenis kopinya. Kalau kopi hitam paling cocok dengan keripik singkong rasa balado, barbeque, pokoknya varian yang manis. Sementara kalau yang asin gurih paling nikmat disajikan dengan kopi luwak, kopi cappucino, kopi susu.

4# Keripik Tempe

Empat keripik tempe. Bahan utama dari keripik ini adalah tempe yang diiris tipis, dibumbui lalu digoreng. Keripik tempe sekarang ini pun memiliki banyak varian rasa, mulai dari asin hingga balado, dan lain sebagainya. Kemudian ada yang dibaluri tepung, dan ada juga yang tidak.

Keripik tempe ini sangat cocok disajikan bersama dengan segala jenis kopi. Serta di segala situasi, baik pagi, siang, atau malam.

5# Keripik Talas

Terakhir ada keripik talas. Bahan utama dari keripik ini adalah talas yang diiris tipis. Rasa keripik talas yang sering dijumpai di pasaran adalah rasa asin. Sangat jarang ada varian rasa lainnya.

Keripik talas ini sangat cocok disajikan bersama dengan kopi tubruk. Pokoknya rasanya sungguh nikmat sekali. Paling mantap kalau disajikan di malam hari.

Itulah 5 jenis keripik yang cocok untuk menjadi pendamping kopi.

 

Ikuti tulisan menarik Malik Ibnu Zaman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler