x

Alam semesta

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Senin, 1 Mei 2023 15:59 WIB

Planet Langka Ukuran Dua Kali  Bumi Ditemukan

Ada lebih dari 5.300 exoplanet yang ditemukan, tetapi hanya sedikit yang cocok dengan deskripsi TOI-733b yang baru direkam. Arare Planet, nama temuan baru planet tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Arare Planet atau Planet  Arare telah ditemukan ratusan tahun cahaya jauhnya, dan ini bisa menjadi kunci pemahaman kita tentang formasi planet di luar sana di alam semesta.

Ada lebih dari 5.300 exoplanet yang ditemukan, tetapi hanya sedikit yang cocok dengan deskripsi TOI-733b yang baru direkam.

Ditemukan 245 tahun cahaya, TOI-733b berukuran hampir dua kali ukuran Bumi dan mengorbit matahari sedikit lebih kecil dari Matahari kita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laman Indy 100, meskipun ada banyak exoplanet, ada sejumlah kecil yang mengejutkan yang berada antara satu setengah dan dua kali radius Bumi, dan ukurannya yang membuatnya sangat menarik bagi para ilmuwan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim astronom yang dipimpin oleh Iskra Georgieva dari Chalmers University of Technology di Swedia. Itu diterima untuk publikasi di Astronomi dan  Astrofisika.

Tim fokus pada TOI-733b setelah data di planet tersebut dikumpulkan oleh teleskop NASA TESS.

Kepadatan planet menunjukkan dua hal – planet ini tertutup air sepenuhnya, atau kehilangan atmosfernya sama sekali.

Petunjuk menunjukkan gagasan atmosfer TOI-733b perlahan menipis. Itu karena kedekatan planet dengan bintangnya, yang mengorbit hanya dalam waktu 4,9 hari. Jika atmosfernya habis terbakar, artinya bisa segera berubah menjadi planet batuan.

Kemungkinan lain menunjukkan bahwa planet ini telah kehilangan hidrogen dan heliumnya, sambil mempertahankan atmosfer yang penuh dengan uap air.

“Menjawab pertanyaan apakah TOI-733b memiliki atmosfer sekunder atau merupakan planet samudra bermuara pada membedakan antara planet mirip Neptunus yang kehilangan ∼10 persen H/He untuk meninggalkan atmosfer uap volatil yang lebih berat, dan salah satu yang terbentuk dan tetap relatif sama sepanjang evolusinya," tulis penelitian tersebut.

 

"Sementara berada di luar cakupan kajian ini, peneliti menemukan jawaban atas pertanyaan ini akan memiliki implikasi luas pada pemahaman ilmuwan tentang planet ekstrasurya."

 

Tim melanjutkan untuk menulis: "Dengan semua akun TOI-733 b tampaknya menjadi planet yang menarik dan berpotensi menjadi bagian kecil tapi kunci untuk memecahkan teka-teki besar dalam ilmu planet ekstrasurya.

 

Dengan analisis teoretis mendalam yang semakin meningkat dan janji tindak lanjut presisi tinggi oleh fasilitas saat ini dan yang akan datang, tampaknya berada di jalur yang tepat untuk menemukan jawaban atas pertanyaan besar yang berkaitan dengan pembentukan dan evolusi planet.***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler