x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Kamis, 4 Mei 2023 13:32 WIB

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati

Tape mobil yang tidak berbunyi biasanya karena kelalaian pemiliknya. Pasalnya, salah satu fitur hiburan pada kendaraan ini telah dirancang agar awet dan tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tape mobil yang tidak berbunyi biasanya karena kelalaian pemiliknya. Pasalnya, salah satu fitur hiburan pada kendaraan ini telah dirancang agar awet dan tidak mengalami kerusakan yang berarti. 

Namun jika audio system pada kendaraan kesayangan anda tidak bisa digunakan, maka pasti ada hal-hal yang menjadi penyebabnya, dimana faktor utamanya adalah karena pemakaian. Lalu, bagaimana cara memperbaiki Tape Mobil yang mati? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Tape Mobil

Tape mobil atau disebut juga dengan head unit merupakan inti dari sound system mobil yang biasanya terletak di tengah dashboard. Tape mobil merupakan paket elektronik yang terintegrasi dengan segala fitur yang ada di dalamnya. Head unit ini terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan ukurannya. Yang pertama adalah single DIN dan yang kedua adalah double DIN. Setiap jenis head unit memiliki fungsi dan cara pemasangan yang berbeda, termasuk cara pemasangan double din car tape.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi yang belum tahu, DIN adalah ukuran standar head unit yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi nasional di Jerman dan semua pabrikan mobil harus mengikuti ukuran standar ini. Single DIN biasanya digunakan untuk tipe mobil lawas, sedangkan tipe double DIN digunakan untuk mobil keluaran terbaru dengan cara menempelkan car tape pada rumah yang berbeda.

Tape mobil ini salah satu perangkat yang akan membuat perjalanan Anda tidak membosankan dengan berbagai fitur yang disediakan. Di dalam perangkat ini terdapat berbagai fitur menarik mulai dari pengatur kualitas suara, pengatur audio bass dan berbagai fitur menarik lainnya. Secara umum alat audio atau tape pada mobil terdiri dari beberapa komponen utama yaitu sumber bunyi, pembangkit bunyi atau loudspeaker dan amplifier atau penguat bunyi.

Penyebab Tape Mobil Mati

Tape mobil terdiri dari berbagai instalasi listrik yang saling mendukung fungsi. Jika salah satu rusak, otomatis akan mempengaruhi bagian lainnya. Sebelum mencoba memperbaiki Tape mobil yang mati, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakannya.

Debu Menempel Pada Sistem Audio

Meski terdengar sepele, debu yang menumpuk di sistem audio mobil bisa berdampak fatal pada performa tape. Bagaimana tidak, karena debu ini masuk ke dalam komponen audio dan mempengaruhi kualitas suara sehingga terdengar lebih kecil. Jika dibiarkan, debu akan menempel pada komponen penting seperti kabel, speaker, bahkan power unit yang kemudian menyebabkan tape mati.

Terjadi Kesalahan Pada Sistem Instalasi

Pernahkah Anda memodifikasi atau menambahkan komponen pada audio mobil atau speaker? Jika iya, mungkin kesalahan saat pemasangan bisa menyebabkan tape mobil mati. Misalnya penempatan kabel listrik yang tidak sesuai atau penempatan komponen tambahan yang tidak sesuai. Akibatnya, alat tape mobil Anda rusak.

Cara Penggunaan Yang Salah

Kerusakan Tape mobil bisa disebabkan oleh diri Anda sendiri karena perawatan yang tidak tepat. Misalnya menghidupkan dan mematikan perangkat audio secara paksa di luar prosedur yang berlaku. Akibatnya, perilaku ini akan menyebabkan komponen Tape cepat aus karena menerima aliran listrik dalam jumlah besar.

Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati

Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa mencoba cara memperbaiki Tape mobil yang mati. Sebelum membawanya ke bengkel, coba lakukan hal berikut:

Rajin Membersihkan Komponen Tape

Kaset yang tiba-tiba tidak berbunyi bisa jadi karena perangkat tertutup oleh debu yang menumpuk. Pada akhirnya, suara yang dihasilkan kecil, nyaris tak terdengar. Jika demikian, coba bersihkan audio mobil Anda dengan kain atau lap yang lembut. Mulai dari head unit, kemudian ke speaker, power unit, kabel dan sambungan kabel yang saling berhubungan untuk menghasilkan suara yang jernih.

Pilih Jenis Flashdisk Berkapasitas Besar

Cara memperbaiki tape mobil yang mati terkadang bisa sesederhana memilih jenis flashdisk dengan kapasitas besar. Ini karena flash drive berkualitas rendah dapat mengalami masalah saat menghubungkan file audio dengan speaker. Namun, jangan pernah menyimpan data audio yang terlalu besar di flashdisk karena berisiko merusak head unit.

Periksa Bagian Sekering Audio

Agar berfungsi, audio kendaraan membutuhkan listrik dari sekring. Jika kabel putus, pasti akan menyebabkan audio tidak menyala. Namun, anda tenang saja, karena cara memperbaiki Tape mobil mati seperti ini mudah kok. Cek saja seluruh sekring mobil, lalu cari bagian yang rusak. Biasanya sekering yang bermasalah terletak di bagian bawah kemudi dan di dekat aki.

Demikian ulasan tentang Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati seperti yang dilansir sbobet88, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler