Pulau Libong di Belitung: Keeksotisan yang Mengingatkan akan Keindahan Maladewa di Indonesia

Selasa, 23 Mei 2023 18:04 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan puluhan ribu pulau. Salah satu pulau yang termasuk dalam wilayahnya

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan puluhan ribu pulau. Salah satu pulau yang termasuk dalam wilayahnya adalah Pulau Libong yang terletak di Pulau Belitung, di Provinsi Bangka Belitung. Daerah ini dikenal dengan kegiatan pertambangannya, tetapi di dalamnya terdapat keindahan alam yang mempesona dan eksotis yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan internasional yang banyak mengunjunginya.

Tempat ini hampir sempurna dalam keindahannya, bahkan dianggap oleh banyak orang sebagai surga kecil di wilayah Indonesia. Keindahan tempat ini tercermin dalam pasir putih yang terhampar dengan rapi di tepi pantai, warna biru lautan yang meluas sejauh pandangan mata, dan keindahan yang terdapat di kedalaman laut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang dilansir syair SGP hari ini Pulau Libong dianggap memiliki kemiripan dengan Maladewa Indonesia oleh sebagian orang, karena keindahan lautnya, pantai yang menakjubkan, dan keberagaman hutan bakau yang hampir serupa. Jika Anda ingin menikmati pesona Maladewa namun terbatas oleh waktu, biaya, atau faktor lainnya, janganlah berkecil hati, karena Pulau Libong dapat menjadi alternatif yang memuaskan.

Daya Tarik Pulau Libong

Setiap individu akan menikmati keindahan, pesona, dan eksotisme alam yang ada. Menghadapi keberagaman karakter alam dapat memberikan kepuasan, ketenangan, dan kedamaian bagi jiwa. Terlebih lagi, panorama alam yang menyatu, melengkapi satu sama lain, menjadikan tempat tersebut sempurna. Fenomena alam yang menarik perhatian di sana menjadi daya tarik yang memikat bagi para wisatawan.

Dikelilingi oleh mangrove

Pemeliharaan keseimbangan ekosistem alam menjadi hal yang penting, karena kelalaian dalam menjaga ekosistem tersebut dapat mengakibatkan gangguan dan kerusakan alam yang serius. Hal ini juga berlaku untuk ekosistem laut, di mana kehidupan laut dapat terganggu jika tidak diberi perawatan yang baik.

Sebagaimana yang terlihat di Pulau Libong yang dikelilingi oleh hutan bakau, keindahan alam di sini tidak hanya menjadi fokus, tetapi juga menjaga keseimbangan ekosistem dengan baik. Bukti yang jelas adalah keberagaman spesies ikan dengan warna yang beraneka ragam, keberadaan terumbu karang, dan keindahan alam lainnya yang dapat ditemukan di sini.

Maladewa Indonesia

Melakukan perjalanan liburan atau refreshing merupakan salah satu cara untuk mencapai ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian jiwa. Untuk mencapai tujuan tersebut, banyak individu yang bersedia menginvestasikan waktu, energi, bahkan sumber daya finansial. Sebagai contoh, liburan ke Maladewa atau Maldives, di mana perjalanan tersebut dapat menghabiskan biaya puluhan juta rupiah per orang.

Biaya yang dibutuhkan untuk sekadar bersantai tidaklah sedikit, dan hal tersebut semata-mata untuk memenuhi kepuasan batin. Namun, saat ini telah tersedia destinasi liburan berkualitas di Indonesia yang menawarkan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Salah satu tempat tersebut adalah Pulau Libong, yang sering disebut sebagai "Maladewa Indonesia".

Pasir putih bersih

Keberadaan pasir putih memiliki daya tarik yang khusus bagi pengamatnya, karena hanya dengan melihatnya, mata akan merasakan ketenangan, kesegaran, dan keberlangsungan kesehatan. Terlebih lagi, jika pemandangan hamparan pasir putih di tepi pantai ini dikelilingi oleh pohon-pohon hijau, seperti pohon kelapa, bakau, dan berbagai jenis pohon lainnya.

Anda akan dapat menyaksikan dan menikmati panorama alam yang memukau saat berada di pulau yang indah ini. Terdapat pasir putih yang bersih di tepi pantai, serta berbagai jenis pepohonan hijau yang setia menemani pemandangan. Selain itu, keindahan air laut yang berwarna biru yang menyatu dengan langit yang cerah, serta hembusan angin yang menambah suasana semakin nyaman dan menenangkan.

Rumah Pohon dengan Pemandangan Pantai

Rumah pohon merupakan pilihan penginapan yang unik, menarik, dan mengasyikkan. Saat menginap di sana, Anda dapat menikmati keindahan sekitarnya dan merasakan hembusan angin yang lembut. Terlebih jika rumah pohon tersebut berlokasi di tepi pantai, pastinya semua orang akan menginginkan pengalaman menikmati suasana yang disajikan oleh tempat tersebut.

Di Pulau Libong, terdapat fasilitas rumah pohon tepi pantai yang siap menyambut kedatangan wisatawan. Tempat ini menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas, panorama lautan biru yang membentang sejauh mata memandang, angin lembut yang berhembus sepoi-sepoi, serta pepohonan hijau yang berayun-ayun seperti teman lama yang telah lama tidak terlihat.

Gazebo di atas laut

Adalah hal yang umum melihat adanya arbor di kafe atau restoran, serta keberadaan banyak gazebo di taman atau lokasi lainnya. Namun, yang tidak biasa adalah ketika arbor terletak di atas lautan. Anda akan menemukan gazebo ketika berada di pulau yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis ini.

Tempat ini sungguh unik, dengan suasana yang menyenangkan dan menarik. Menikmati momen santai di dalam gazebo, sambil memandang lautan yang luas dan langit yang biru, memberikan kepuasan yang tak ternilai dengan materi. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Pulau Libong terletak secara spesifik di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, di wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya sekitar 3 km dari pantai Pulau Belitung. Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari Tanjung Pandan.

Untuk mencapai tempat ini, tersedia berbagai sarana transportasi yang dapat digunakan. Namun, yang disarankan adalah menggunakan transportasi laut melalui kapal ferry. Selain lebih ekonomis, moda transportasi ini juga lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk mencapai lokasi ini, perjalanan dilakukan melalui berbagai jenis kendaraan, seperti dalam sebuah petualangan. Dalam proses ini, dibutuhkan pengeluaran uang untuk memenuhi persyaratan pembayaran berbagai macam tiket. Beberapa tempat yang harus dilewati dan harga tiket yang perlu diperhatikan adalah menyewa speedboat dari pelabuhan menuju pulau dengan biaya sekitar Rp. 50.000 per orang.

Harga tersebut belum mencakup biaya masuk sebesar Rp 50.000, yang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ketika Anda berada di lokasi dan ingin memanfaatkan fasilitas tambahan, Anda dapat membayar langsung sesuai dengan harga yang tertera. Demikian pula, jika Anda berencana untuk menginap, tersedia berbagai jenis vila dengan harga sekitar Rp 4.800.000 per malam.

Kegiatan yang menarik

Suasana yang tenang, deburan ombak yang mempesona, pasir pantai yang putih dan bersih, serta pepohonan hijau yang memukau, membuat Pulau Libong menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan tanpa kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sana. Terlebih lagi, dengan adanya fasilitas yang beragam. Berikut ini beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dinikmati di pulau ini!

1. Naik dengan dayung

Tidak perlu mengundang seorang pesulap, karena di pulau yang indah ini Anda dapat berdiri di tengah laut atau di tepi pantai dengan duduk di atas papan berdiri. Fasilitas tersebut tersedia di tempat yang cantik ini. Berdiri sambil mendayung, menikmati pemandangan alam yang indah, dan menghirup udara segar serta kaya oksigen adalah aktivitas yang sangat menarik. Selain itu, ombak di sana tidak terlalu besar, dengan karakteristik yang menenangkan.

2. Snorkling

Snorkeling atau diving adalah kegiatan lain yang menyenangkan untuk dinikmati. Di sini, terbentang luas laut biru yang diapit oleh hutan bakau yang lebat, memberikan kepastian akan keindahan kehidupan bawah air. Pulau ini menjadi rumah bagi beragam makhluk laut dan tumbuhan, seperti terumbu karang yang memukau, ikan dengan warna-warni yang beragam, serta berbagai hewan laut lainnya. Semua ini dapat diamati dan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Berenang di Pulau Libong

Selain untuk kegiatan menyelam, Pulau Libong juga menawarkan pengalaman berenang yang sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati keindahan laut, kejernihan air, dan kesegaran yang luar biasa dengan ritme yang sesuai. Sensasi berenang di tempat ini adalah pengalaman yang tak dapat ditemukan di tempat lain.

4. Kenikmatan matahari terbenam

Menyaksikan sunset di puncak bukit adalah hal yang umum, namun menyaksikan sunset di pantai dengan keindahan alam yang hampir sempurna memberikan pengalaman yang luar biasa. Ketika keindahan alam berpadu dengan sinar matahari yang cerah, secara perlahan terbenam ke arah Anda, berubah warna menjadi nuansa jingga yang memukau, hingga akhirnya matahari meredup dan menyisakan langit yang gelap dan penuh pesona.

5. Mainkan voli pantai

Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut yang terbentang di tepi pantai bukan hanya menjadi pemandangan yang indah, namun juga memberikan kesempatan yang ideal bagi para penggemar olahraga voli. Tempat ini sangat cocok untuk berlatih dan bermain voli. Ketika Anda mengunjungi pulau ini bersama keluarga atau rekan kerja, olahraga ini akan memberikan kegembiraan, menjaga kesehatan, dan membantu mengurangi stres.

6. Bersepeda

Salah satu olahraga menarik di Pulau Libong adalah bersepeda. Anda dapat dengan perlahan menikmati keindahan tempat ini di setiap sudutnya, sambil menikmati hembusan udara segar dan angin yang menyejukkan. Aktivitas bersepeda ini tidak hanya memberikan sensasi kesehatan yang baik, tetapi juga memberikan pengalaman yang berbeda dalam menjelajahi pulau ini. Lebih menyenangkan lagi, kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman dan keluarga tercinta, menjadikannya momen yang tak terlupakan.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Menjadi tujuan wisata kelas dunia merupakan sebuah tanggung jawab yang berat serta tantangan yang signifikan. Apabila pelayanan yang diberikan tidak mencapai tingkat kepuasan yang diharapkan, hal ini menjadi sebuah beban yang berdiri sendiri bagi pengelola. Namun, apabila fasilitas yang tersedia mampu memenuhi harapan para wisatawan, hal tersebut menjadi sebuah sumber kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Demikian pula dengan Pulau Libong, di mana fasilitas utama yang telah terpenuhi membuat pengelola merasa senang dan puas.

Dukungan juga diberikan oleh berbagai perangkat lain yang meningkatkan kelengkapan dan kualitas dari fasilitas yang ada. Sebagai contoh, disediakan toilet khusus untuk para wisatawan dan kamar mandi untuk pengunjung yang merasa tidak puas dengan situasi dan kondisi sebelumnya. Selain itu, tersedia juga ruang bilas untuk pengunjung setelah mereka selesai berenang atau menyelam.

Keberadaan mini market yang berlokasi dekat dengan objek wisata utama menjadi pelengkap dari fasilitas yang telah disediakan. Pengunjung dapat membeli makanan ringan bersama teman-teman mereka sambil bersantai di pantai atau di tepi laut. Selain itu, terdapat pula fasilitas tempat ibadah dan beragam akomodasi yang menawarkan paket menarik khusus bagi para wisatawan.

Hanya dengan biaya liburan di Maladewa, Anda sudah bisa membiayai liburan bagi sekitar sepuluh orang di Pulau Libong. Meskipun ini hanya merupakan perbandingan kasar, kualitas pengalaman tidak terlalu berbeda. Jika Anda harus memilih antara dua tempat ini, disarankan untuk memilih liburan di Pulau Libong, Indonesia, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ruqyah Cirebon

Jurnalistik

0 Pengikut

img-content

Budaya dan Pesona Pulau Seribu Masjid, Lombok

Kamis, 8 Februari 2024 19:11 WIB
img-content

Strategi Sukses Mengimpor Barang ke Hongkong

Senin, 5 Februari 2024 16:05 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler