x

PSM Makassar

Iklan

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Rabu, 31 Mei 2023 07:42 WIB

PSM Makassar atau Bali United?

Pada tanggal 6 dan 10 Juni 2023 akan ada pertandingan play-off Kualifikasi Liga Champions Asia 2023/2024. Kedua tim ini menjadi peserta play-off berdasarkan hasil kompetisi 2021/2022 dan 2022/2023 dimana keduanya merupakan jawara Liga1 Indonesia di dua edisi terakhir. Menjadi menarik karena keduanya merupakan peserta AFC Cup 2022 dan PSM Makassar menjadi tim pertama Indonesia yang mampu mencapai partai final babak ASEAN sebelum kalah dengan tim asal Malaysia, Kuala Lumpur FA. Jadi, siapakah yang akan menjadi wakil Indonesia dikompetisi tertinggi Asia nanti?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pertandingan pertama nantinya akan diadakan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar pada tanggal 6 Juni 2023 dan tanggal 10 Juni 2023 akan dilaksanakan di Stadion Gelora B.J. Habibe, Pare-pare. Pertandingan play-off ini akan memunculkan pemenang yang nantinya berhak akan tiket Kualifikasi Liga Champions Asia 2023 tahap dua yang kemungkinan besar akan melawan tim Hongkong dengan sistem single match. Kedua tim ini adalah dua tim juara pada dua edisi Liga1 Indonesia sebelumnya yang rasanya keduanya akan saling hantam untuk meraih kesempatan bertanding ditingkat tertinggi kompetisi Asia.

Keduanya tim pun masih mempertahankan pemain-pemain kuncinya, seperti untuk Bali United masih adanya Ilija Spasocevic, Ricky Fajrin, dan komposisi pemain asingnya. PSM Makassar sendiri sudah mempertahankan semua pemain asingnya seperti Wilian Pluim yang menjadi pemain kunci sekaligus kapten tim, lalu Sayuri bersaudara serta Ananda Raehan, darah muda yang memiliki potensi untuk meledak di Asia. Kedua ini juga memiliki pengalaman yang luar biasa untuk bermain ditingkat Asia, dimana masing-masing sudah mewakili Indonesia sebanyak tiga kali semenjak Indonesia lepas dari sanksi FIFA tahun 2016 lampau.

Menariknya, PSM Makassar-lah yang lebih berprestasi ditingkat Asia daripada Bali United dengan bukti berhasil lolos ke babak semifinal AFC Cup 2019 dan final zona ASEAN AFC Cup 2022. Sedangkan untuk Bali United hanya mentok dibabak penyisihan grup selama keikutsertaannya, untuk tim yang lebih memiliki fasilitas yang mumpuni rasanya cukup aneh Bali United sulit bersaing ditingkat Asia. Tapi, hal ini bisa menjadi motivasi lebih untuk Bali United yang sebenarnya lebih berpengalaman daripada PSM Makassar ditingkat Asia, walau selalu mentok di Kualifikasi Liga Champions Asia ini pun menandakan Bali United sudah memahami bagaimana cara kerja sepakbola Asia ditngkat lebih tinggi, walau selalu apes di AFC Cup.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertandingan seru dan adu taktik antara Stefano Cugurra serta Bernardo Tavares layak untuk dinantikan, siapa yang mampu meraih hasil maksimal di dua pertandingan maka tim itulah yang berhak akan kesempatan bermain di Kualifikasi Liga Champions Asia 2023/2024 mewakili Indonesia. Kecenderungan untuk berprestasi setinggi mungki di Asia juga akan mempengaruhi ranking Liga Indonesia ditingkat Asia, semakin jauh melaju, semakin banyak nilai yang akan didapatkan Liga1 Indonesia kedepan. Jadi, siapakah Bali United dan PSM Makasaar mati-matian untuk mewakili Indonesia tahun 2023/2024 di Asia?

Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler