x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Rabu, 7 Juni 2023 20:34 WIB

Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Terkoneksi di Android

Di zaman sekarang ini, kita dapat dengan mudah menemukan koneksi WiFi. Bahkan hampir setiap tempat yang dikunjungi pasti memiliki jaringan ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di zaman sekarang ini, kita dapat dengan mudah menemukan koneksi WiFi. Bahkan hampir setiap tempat yang dikunjungi pasti memiliki jaringan ini. Bisa dalam bentuk berbayar dimana Anda harus membeli voucher untuk terhubung, dan ada juga yang dibagikan secara gratis. Apalagi sekarang hampir semua aktivitas kita harus diselesaikan secara online. Sehingga membuat koneksi internet menjadi kebutuhan yang penting. Dan bagaimana jika Wifi Yang Tidak Bisa Terkoneksi ke ponsel Android.

Dengan banyaknya pengguna yang membutuhkan koneksi WiFi, kita dapat dengan mudah memilih penyedia layanan ini. Ada yang menggunakan Indihome, Wifi.id, Bizznet, dan masih banyak provider lainnya.

WiFi yang Tidak Bisa Terkoneksi ke Ponsel Android

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika Wifi Yang Tidak Bisa Terkoneksi ke ponsel Android Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memperbaikinya. Berdasarkan uji coba tim Droila, berikut langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut.

Pastikan Anda Telah Mengaktifkan Wifi Di Ponsel Anda

Ya, ini adalah hal paling mendasar yang harus Anda pastikan. Jangan panik dan kemudian Anda lelah mencari cara yang rumit. Padahal, solusinya ada di pengaturan koneksi WiFi yang belum diaktifkan. Untuk mengaktifkan fitur koneksi WiFi di HP Android cukup mudah. Anda dapat menggesek jendela utama dari atas ke bawah. Geser hingga jendela pengaturan muncul. Kemudian, ketuk ikon Wi-Fi. Biasanya, tanda saat WiFi menyala adalah ikon yang berubah warna.

Jika demikian, sambungkan ke jaringan WiFi yang tersedia. Baik itu jaringan WiFi di rumah, sekolah, atau kafe tempat Anda bisa hang out bersama teman-teman. Tunggu beberapa saat, lalu lihat apakah koneksi sudah terjalin. Jika tidak, lanjutkan langkah-langkah di bawah ini.

Hubungkan Kembali Wifi Dengan HP Anda

Oleh karena itu, coba putuskan sambungan lalu ketuk menu Lupakan Jaringan. Selanjutnya, sambungkan kembali perangkat ke jaringan WiFi itu. Ketik ulang kata sandi, lalu tunggu hingga ponsel benar-benar terhubung ke jaringan.

Jika tidak ada metode di atas yang berfungsi, mungkin Anda perlu me-restart perangkat router. Matikan saja dan biarkan selama sepuluh detik. Kemudian, hidupkan kembali router. Terakhir, periksa apakah perangkat terhubung ke WiFi atau tidak.

Solusi Terakhir, Reset Pabrik

Seperti yang dijelaskan pada sub-judul di atas, ini adalah langkah terakhir. Langkah yang bisa Anda coba jika tidak ada cara di atas yang berhasil mengatasi masalah Wifi Yang Tidak Bisa Terkoneksi. Ada beberapa pro dan kontra saat melakukan reset pabrik pada perangkat. Dari sisi pro, metode ini dapat menyelesaikan sebagian besar masalah dengan ponsel Anda. Mulai dari WiFi tidak bisa konek, HP mudah panas dan boros, performa lemot, hingga perangkat sering lag saat digunakan untuk gaming.

Sayangnya, cara ini juga memiliki kekurangan. Pasalnya, factory reset akan mengembalikan ponsel ke kondisi semula. Kondisi perangkat masih bersih dari data yang Anda simpan. Baik itu data aplikasi, chatting, hingga video atau foto.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah mencadangkan semua data ponsel Anda sebelum melakukan reset pabrik. Anda dapat mencadangkan data ponsel Anda melalui Google Drive, Google Foto, atau mentransfernya ke flash drive dan laptop.

Jika sudah, kamu bisa menjalankan langkah factory reset HP Android. Mudah. Buka menu Setting, lalu cari menu Backup and reset. Ketuk menu, lalu geser ke bagian atas layar ponsel Anda. Ketuk menu Factory Reset, lalu klik menu tersebut.

Selanjutnya akan muncul jendela notifikasi yang berisi peringatan bahwa langkah ini akan menghapus semua data perangkat. Ketuk tombol OK, lalu tunggu beberapa saat hingga sistem operasi selesai melakukan tugasnya.

Hubungi Service Center Resmi

Hanya saja, surganya para pencari internet gratis tentu tidak akan ada artinya jika perangkat Anda Wifi Yang Tidak Bisa Terkoneksi ke ponsel Anda. Artinya ponsel yang digunakan gagal terhubung ke jaringan. Kondisi ini tentu tidak kita harapkan. Soalnya, itu cenderung menghabiskan banyak uang dan memakan banyak waktu. Bisa berhari-hari. Ini juga bisa memakan waktu hingga beberapa minggu. Tergantung pada jenis kerusakan perangkat.

Namun, menghubungi pusat layanan dapat menjadi solusi yang paling memenuhi syarat. Setidaknya, Anda tidak perlu khawatir akan merusak perangkat Anda. Apalagi sekarang ini masing-masing vendor sudah memiliki service center yang resmi. Namun, pusat perbaikan biasanya hanya tersedia di kota-kota besar.

Demikianlah artikel tentang Wifi Yang Tidak Bisa Terkoneksi di Android Bagaimana Cara Mengatasi seperti yang dilansir link gacor , semoga bermanfaat terimakasih

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu