x

Window of the World, Shenzen.

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 7 Juni 2023 20:26 WIB

Memaksimalkan Persiapan Wisata Manca Negara

Ketika akan berwisata ke manca negara Anda harus menyiapkan bahnyak hal. Apa saja? Ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memaksimalkan Persiapan Wisata Manca Negara

Bambang Udoyono

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika akan berwisata tentu Anda harus melakukan persiapan, apalagi bewisata ke manca negara.   Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan.  Ada persiapan fisik dan ada juga persiapan non fisik.  Apa saja rincinya?  Berikut paparannya.

 

Persiapan fisik

 

Persiapan fisik pertama adalah pakaian.  Sesuaikan pakaian dengan cuaca di destinasi wisata Anda.  Apalagi kalau tujuan Anda adalah negeri dengan empat musim.   Lebih baik Anda ikut rombongan yang dikelola oleh biro perjalanan wisata. Anda akan mendapat informasi penting tentang berbagai hal. Termasuk soal pakaian.

 

Tour leader akan memberitahu Anda pakaian macam apa yang tepat dibawa. Sesuaikan dengan musim dan acara.  Jangan sampai Anda membawa pakaian musim dingin di musim panas dan sebaliknya.  Hal ini perlu ditekankan karena kita terbiasa hanya satu musim saja. Sepanjang tahun kita terbiasa dengan cuaca panas.

 

Persiapan fisik kedua adalah soal ponsel. Pastikan pnsel Anda memiliki memory yang cukup banyak. Karena di manca negara Anda akan mengambil banyak sekali video dan foto.  Jadi kalau perlu siapkan kartu memory tambahan atau bahkan external hard disk. Jangan lupa penyimpanan di cloud.

 

Pastikan juga baterai Anda masih baik sehingga tahan dipakai seharian. Jadi Anda tidak membutuhkan power bank lagi. Hal ini perlu ditekankan karena di pesawat tidak diijinkan membawa power bank lebih dari 10k mAh. Lebih baik tidak membawa power bank sekalian, asal kondisi baterai Anda masih baik.

 

Kemudian soal sim card.  Tanyakan kepada tour leader Anda sim card apa yang perlu disiapkan.  Nanti dia akan memberi tahu kepada Anda. Biasanya di bandara tujuan dia akan mengantar Anda membeli sim card lokal.

 

Jangan lupa siapkan juga guide book alias buku panduan untuk destinasi Anda.  Saat ini sudah banyak tersedia buku panduan wisata dalam bentuk ebook.  Buku saya Panduan Melancong ke Guangdong juga dalam bentuk ebook.  Buku ini sangat praktis karena bisa dibaca di ponsel. Anda tidak perlu repot membawa buku tebal ke mana mana.

 

Charger jangan lupa dibawa.  Jangan lupa bawa juga colokan.  Tapi tanyakan dulu ke tour leader Anda soal ini.  Tanyakan apakah di negara tujuan Anda memakai colokan dua kaki atau tiga kaki.  Jangan khwatir sekarang di pasaran banyak tersedia colokan dengan kaki ganda. Ia punya kaki dua dan kaki tiga.

 

Meskipun demikian dalam pandangan saya hal terpenting yang harus disiapkan adalah persiapan non fisik.

 

Persiapan non fisik

 

Apa yang saya maksud dengan persiapan non fisik ini adalah persiapan mental.  Tujuannya agar anda mendapat manfaat maksimal dari liburan Anda ke manca negara.  Berikut ini yang harus disiapkan.

 

Sikap mental terbuka.  Anda harus memiliki sikap mental terbuka kalau ingin mendapat insights dari destinasi yang dituju.  Anda harus terbuka terhadap berbagai aspek kebudayaan mereka.  Misalnya kepada terhadap makanan, pakaian, Bahasa, tata cara, dan  adat istiadat mereka.  Anda sudah jauh jauh pergi dan mengeluarkan uang banyak, apa gunanya kalau hanya bertemu dengan makanan Indonesia lagi?   Kalau minta makanan halal okelah, itu kewajiban muslim.  Tapi senyampang berada di manca negara, nikmati saja hidangan lokal.

 

Anda akan mendapat paparan dari tour leader dan guide tentang sejarah, kondisi sosial budaya dan politik.  Tidak perlu mempertanyakan kenaa mereka begini dan begitu.  Tidak perlu menghakimi.  Tidak perlu menyalahkan. Maka Anda akan mendapat masukan yang sangat berharga.  Itulah oleh oleh tak benda yang besar sekali manfaatnya kalau Anda lihai mengolahnya. 

 

Jadi sikap mental menghargai kebudayaan lokal adalah sangat penting.

 

Kemudian sebaiknya Anda tidak suka mengeluh.  Perbedaan antara Indonesia dengan manca negara sangat banyak.  Jadi Anda harus mampu toleransi dengan semua kondisi yang ada.  Kalau sedikit sedikit Anda mengeluh maka bukan kesenangan dan pelajaran yang Anda dapatkan.  Tentu saja Anda boleh dan bahan memiliki hak complain kepada penyedia jasa jikalau ada layanan yang di bawah standard yang disepakati.  Tentu harus ada bukti yang kuat, bukan hanya berdasar perasaan dan penilaian subyektif.

 

Jangan pakai jam karet.  

 

Waktu kita terbatas, jadi harus betul betul on time.  Perusahaan travel dengan tour leader sudah mengatur waktu dan kegiatan yang akan dijalani. Semuanya sudah tertulis rapi dalam itinerary.  Semuanya bisa berjalan lancar apabila Anda on time.  Tinggalkan kebiasaan jam karet.

 

Biasakan memakai waktu dengan efektif dan efisien jauh sebelum Anda pergi bersafari ke manca negara.  Biasakan alokasikan waktu tertentu untuk melakukan kegiatan belanja, selfie dll.  Tour leader dan guide lokal akan memberitahu Anda kapan berangkat, kapan pulang, berapa lama waktu untuk berada di sebuah destinasi, belanja dsb.  Ikutilah dia dan taati dia agar semuanya berjalan lancar dan selamat.

 

Berikut ini ada beberapa gambaran.

Di beberapa destinasi seperti mall, bus diparkir agak jauh.  Kita wisatawan turun di tempat tertentu kemudian bus parkir jauh.  Setelah dua jam misalnya, bus akan menjemput kita di tempat penjemputan. Di sisi mall biasanya.  Bus cuma punya waktu sepuluh menit untuk menaikkan penumpang. Dia tidak boleh ngetem lama. Jadi tidak bisa nunggu kita. Akibatnya kalau pada  jam yang ditentukan kita belum ada maka dia akan meninggalkan kita.

 

Maka tamu yang belum siap harus menyusul atau pulang ke hotel dengan  taxi. Atas biaya sendiri. Tour Leader tidak bisa dikomplain karena bukan salah dia.  Tour leader pasti sudah memberitahu dengan jelas.  Itu adalah kesalahan si tamu sendiri. Maka dia sendiri yang harus menanggung akibatnya. Seperti bayar taksi dll.

 

Salah satu alasan orang yang tidak sampai ke tempat penjemputan adalah tidak tahu jalan keluar mall. Untuk mengantisipasi hal ini, tour leader sudah pasti memberitahu jalan menuju tempat penjemputan.  Dia akan memberi peta dengan share location. Dia juga akan beri foto jalan menuju ke sana. Antara lain tulisan kanji dengan terjemahannya.

 

Persiapan mental ini sangat penting. Lebih penting daripada persiapan fisik seperti baju.  Sebab hanya dnegan persiapan mental yang matang Anda akan mampu mendapat manfaat maksimal dari liburan. Kalau tidak baik maka Anda tidak akan mendapat manfaat maksimal. Misalnya sikap mental tertutup, suka ngaret, suka complain dll.  Sikap mental negatof itu seperti filter yang menutupi masukan yang baik.

 

Jadi latihlah sikap mental yang positip.  Kalau sudah memiliki sikap mental positip Anda sudah siap bersafari ke manca negara.  Segera siapkan fisik dan mental.   Jelajahi seluruh penjuru bumi dan dapatkan manfaatnya. 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB