x

Produk Camilan Pigela Chips/Doc: TEMPO

Iklan

Advist Khoirunikmah

advistkhoirunikmah
Bergabung Sejak: 9 Maret 2022

Kamis, 15 Juni 2023 19:58 WIB

Muhammad Zainudin Pembuat Camilan Pisang Kriuk Penuh Makna

Mengolah buah menjadi aneka makanan ringan memang bukan hal mudah. Terlebih jika tujuan utamanya untuk membantu lingkungan sekitar. Tapi tidak bagi Muhammd Zainudin. Laki-laki ini berhasil membuat makanan ringan dengan tujuan membantu lingkungannya agar manatap masa depan yang lebih baik. Penghargaan SATU Indonesia Awards berhasil diperoleh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kaya akan vitamin dan serat, kalium juga cocok untuk diet. Buah pisang sangat digemari berbagai kalangan yang mempunyai tujuan agar tubuh tetap bugar menjalani hari.

Namun, di balik rangkaian gizi yang terkandung pada buah dengan ciri khas kulit hijau hingga kuning ini, ternyata memiliki harga jual yang relatif naik-turun.

Jika sudah datang musim kemarau berkepanjangan, biasanya harga jual buah pisang bisa melonjak tinggi. Pisang yang bagus pun sulit diperoleh. Akhirnya mayoritas konsumen jarang membeli buah pisang saat harga sedang melonjak tinggi. Demi tetap bisa menyambung hidup, saat harga buah pisang sedang naik, petani pisang berganti profesi menjadi kuli bangunan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melihat fenomena tersebut membuat Muhammad Zainudin, laki-laki asal Surabaya sekaligus mantan manajer di sebuah perusahaan memiliki ide cemerlang juga penuh makna. Zainudin, sapaan akrabnya, membuat sebuah usaha bertema pisang dengan mengolah pisang menjadi camilan ringan.

Zainudin memulai langkah usaha camilan pisangnya itu pada tahun 2017 dengan mengusung nama Pigela Chips. Sebuah camilan ringan dari pisang yang dapat dijangkau semua lapisan masyarakat.

Modal awal Zainudin untuk usaha Pigela Chips sebesar Rp. 1.750.000. Sama seperti seluruh perintis usaha pada umumnya, pada saat awal membuka usaha camilan ini, Zainudin hanya mempunyai dua orang karyawan.

Tekad, semangat serta gigihnya Zainudin untuk terus menekuni usaha camilannya membantu petani pisang agar tidak terpuruk ketika harga buah pisang sedang melambung tinggi, maka lambat laun usaha camilan Pigela Chips semakin berkembang pesat. Karyawan terus bertambah menjadi 15 orang. Kini Zainudin berhasil mempekerjakan lebih dari 100 orang. Perkembangan Pigela Chips juga semakin dikenal oleh pasar mancanegara, diantaranya adalah Malaysia, China, dan Jepang.

Zainudin rupanya tidak hanya membantu petani pisang dalam hal pendapatan, namun juga membantu para Ibu Rumah Tangga, serta anak muda yang memiliki semangat untuk belajar melakukan wirausaha.

Memiliki energi semangat juang tinggi, serta membawa berkah serta dampak positif bagi lingkungan sekitar, Zainudin menjadi salah satu penerima SATU Indonesia Awards 2022.

Bagi pembaca yang mempunyai jenis usaha membawa perubahan positif bagi lingkungan sekitar, pembaca bisa mendaftarkan jenis usahanya melalui laman website: sia.astra.co.id. Jenis usaha tidak harus sudah besar seperti Zainudin. Beliau adalah contoh agar semangat usaha seperti Zainudin yang tak kenal lelah membantu lingkungan sekitarnya. Selamat menjadi penerus bangsa!

Ikuti tulisan menarik Advist Khoirunikmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

11 jam lalu

Terpopuler