x

Iklan

Ariyo Rizky Valentino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 September 2022

Jumat, 16 Juni 2023 13:11 WIB

Layanan Perahu pintar Membantu Anak-anak Meningkatkan Pendidikan Literasi dan Kesehatan

Berkat kontribusinya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia, komunitas Sultra Island Care, dengan progaramnya yang diberi nama Layanan Perahu Pintar ini mendapat penghargaan SATU Indonesia Award dalam bidang pendidikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Layanan Perahu Pintar adalah program dari sebuah organisasi inovatif yang didedikasikan untuk membantu masyarakat di area pesisir Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 2019 lalu, komunitas Sultra Island Care (SIC) meluncurkan inisiatif terobosan yang menggabungkan literasi dan pendidikan kesehatan.

Melalui program ini , Layanan Perahu Pintar bertujuan untuk membantu mencerdaskan dan meningkatkan literasi dan kualitas kesehatan masyarakat daerah pesisir. Mereka sering mengadakan kelas-kelas bimbingan, seperti kelas buta aksara, pemeriksaan kesehatan, Penyuluhan kesehatan, inklusi sosial dan pelatihan IT dasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdirinya Program Layanan Perahu Pintar

Awal mula berdirinya program Layanan Perahu Pintar adalah kekhawatiran terhadap rendahnya minat baca penduduk Sulawesi Tenggara, khususnya daerah pesisir.

Maka, pegiat Literasi Perpustakaan Pandre Dilao, Sultra Island Care mencetuskan ide untuk mendirikan program yang dinamai Layanan Perahu Pintar ini.

Dalam rangka merealisasikan ide ini, maka diadakan bentuk kerjasama dengan beberapa pihak demi terlaksananya program, yaitu pihak Perpustakaan dan masyarakat sebagai pemilik kapal yang akan digunakan sebagai media transportasi.

Selain itu, progaram Layanan Perahu Pintar ini juga bertujuan untuk memberi dampak pada kesehjahteraan dan kesehatan sosial guna memberi solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat, yakni mendapatkan solusi dari permasalahan kesehatan masyarakat, memberikan akses informasi yang berisi pengetahuan yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat, dan tujuan utama, yakni memberikan kesempatan kepada masyarakat pesisir terbebas dari buta aksara.

 

Manfaat Terbentuknya Program Layanan Perahu Pintar

Adapun manfaat yang disumbangkan oleh Sultra Island Care dalam programnya yang bernama Layanan Perahu Pintar adalah sebagai berikut:

  1. Membantu masyarakat dan anak-anak pesisir terbebas dari buta aksara.
  2. Menyediakan bahan bacaan.
  3. Akses layanan pemeriksaan kesehatan dasar, penyuluhan kesehatan, inklusi sosial dan pelatihan IT dasar.

Dari pengakuan masyarakat setempat, mereka merasa sangat terbantu dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan yang jauh lebih baik, saluran sanitasi yang membaik, dan penggunaan air bersih.

 

Bagaimana Perkembangan Layanan Perahu Pintar Saat Ini?

Pendiri Sultra Island Care berharap dengan adanya program ini, masyarakat di daerah pesisir mendapatkan perkembangan yang baik dan merubah pola pikir juga lingkungan hidup masyarakat.

Para pegiat program Layanan Perahu Pintar ini juga memiliki rencana pengembangan inovasi yang dibagi menjadi dua, yakni pengembangan inovasi jangka panjang dan jangka pendek.

Adapun rencana pengembangan inovasi dalam jangka panjang ialah:

  1. Layanan Perahu Pintar diharapkan bisa mencakup seluruh wilayah pesisir yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara demi memajukan literasi masyarakat di daerah pesisir
  2. Pegiat literasi berharap memiliki perahu sendiri sebagai media transportasi dalam menjalankan program kegiatan.
  3. Layanan Perahu Pintar bisa menjadi media yang bisa menyediakan akses internet ke daerah-daerah pesisir yang telah menjadi sasaran pelaksanaan program.

Sedangkan Rencana pengembangan inovasi dalam jangka pendek ialah:

  1. Menambah satu atau dua daerah pesisir sasaran baru yang menjadi target pelaksanaan Layanan Perahu Pintar. 
  2. Mencapai harapan-harapan yang telah digadang
  3. Mengadakan kerja sama ataupun mencari donatur yang dapat menyokong serta memfasiliasi rencana lanjutan dari program Layanan Perahu Pintar ini.

Berkat kontribusinya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia, komunitas Sultra Island Care, dengan progaramnya yang diberi nama Layanan Perahu Pintar ini mendapat penghargaan Satu Indonesia Award dalam bidang pendidikan.

 

Penghargaan ini pastinya membuat semangat komunitas semakin membara untuk berkontribusi mengembangkan Layanan Perahu Pintar sekaligus mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Tertarik dengan penghargaan SATU Indonesia Award? Anda juga bisa mendaftarkan kelompok atau usaha anda pada Satu Indonesia Award 2023. Anda juga bisa mendaftarkan kelompok atau usaha milik keluarga, teman, atau gebetan.

Yuk daftar disini

Ikuti tulisan menarik Ariyo Rizky Valentino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 jam lalu

Terpopuler