x

Piazza del Popolo. Gambar oleh Berthold Warner dari Wikipedia

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 5 Juli 2023 20:48 WIB

Roma Tidak Dibangun Dalam Sehari

Roma tidak dibangun dalam sehari. Demikian kata orang Barat. Apa makna peri bahasa ini kalau dikaitkan dengan perenting?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mari kita belajar dari budaya manca negara untuk meluaskan cakrawala pemikiran kita. Dalam Bahasa Inggris ada sebuah proverb yang sangat terkenal.  Rome was not built in a day.  Roma tidak dibangun dalam sehari.  Demikian arti harafiahnya.  Apa maksudnya?  Mari kita bahas dalam perspektif parenting.

Peribahasa ini mengutarakan bahwa keberhasilan seperti pembangunan kekaisaran Romawi membutuhkan waktu, tenaga, ihtiar yang tidak sedikit.  Artinya keberhasilan dicapai dengan mengerahkan segenap sumber seperti dana, pikiran, keuletan, kesungguhan, dan kerja keras.  Keberhasilan tidak bisa dicapai hanya dengan rebahan dan sikap mental jalan pintas.  Jadi intinya peri bahasa ini menekankan keseriusan dalam berihtiar.

Peri Bahasa ini esensinya anjuran agar tidak bermental jalan pintas.  Kita harus membangun karir dengan sabar, karena keberhasilan membutuhkan tenaga, pikiran dan waktu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Artinya keberhasilan dicapai oleh orang yang memenuhi syarat yaitu karakter yang kuat.  Orang yang memiliki karakter kuat akan mampu melakukan upaya yang konsisten, dan ulet, alias pantang menyerah.

 

Kaitan dengan parenting.

Mari sekarang kita kaitkan dengan parenting.  Sebagai orang tua kita tentu ingin agar anak anak kita memiliki karakter kuat seperti itu agar bisa sukses.  Pertanyaannya, bagaimana membentuk kepribadian anak agar memiliki karakter kuat?

 

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh orang tua.  Pertama memberi contoh dan kedua  memberi masukan dengan wacana.

 

Tindakan pertama atau contoh pertama dan mungkin utama, adalah Anda sendiri juga harus memiiki mentalitas kuat dan tidak memiliki mentalitas jalan pintas.  Anda sendiri jangan sekali sekali memberi contoh mencari jalan pintas.  Jadi ketika mencari sekolah anak jangan melalui jalan yang tidak benar seperti ‘minta tolong.’  Demikian juga ketika anak sedang mencari pekerjaan. Anda harus tidak ‘mencari koneksi’ kepada orang.

 

Sejak anak anak kecil beri contoh sikap dan perbuatan mandiri. Jangan biarkan anak anak mengandalkan pembantu dan sopir.  Ketika mereka mulai mampu berbuat sesuatu,  di usia sekitar tiga tahun, ajari mereka memakai pakaian sendiri, mandi sendiri, makan sendiri, menaruh pakaian pada tempatnya, dll.

 

Wacana apa yang perlu disampaikan kepada anak?  Anda perlu memberi pengertian bahwa orang sukses memiliki sifat unggul. Mereka memiliki karakter kuat sehingga mereka mampu bekerja keras. Mereka ulet dan pantang putus asa. Mereka mencapai sukses dalam waktu yang cukup lama. Keberhasilan tidak dicapai seketika.  Sampaikan bahwa sukses adalah hasil sebuah proses panjang yang membutuhkan enerji, pemikiran, dana, tekad kuat, pendidikan, dan waktu,  dsb.

 

Tunjukkan dengan bukti bukti nyata.  Tidak hanya orang yang Anda kenal secara pribadi tapi juga dengan orang yang tidak Anda kenal.

 

Jangan kkn.   

Tunjukkan bahwa mereka mangandalkan karakter kuat dna kompetensi. Jadi temukan juga potens anak anda dan kembangkan kompetensinya dengan kombinasi antara Pendidikan keluarga seperti pembentukan karakter dengan Pendidikan formal.

Andalkan kompetensi.

Dalam perspektif parenting ajari anak anak Anda agar mereka memiliki karakter kuat dan kompetensi agar mereka mampu bersaing.  Sampaikan dengan bukti bukti bahwa orang yang memiliki karakter kuat itu tidak susah mencari kerja.  Setelah kerja mereka juga insya Allah akan mendapat posisi baik.  Sebabnya tiada lain karena orang seperti itu dibutuhkan dan dicari.  Jadi mereka  tidak susah mencari kerja.

 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu