x

Sumber: Foto Penerima Satu Indonesia Awards 2021

Iklan

Dessya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2022

Selasa, 1 Agustus 2023 13:15 WIB

Vinri, Penggagas Air Bersih di Tanah Papua

Pamsimas adalah program penyediaan air minum berbasis masyarakat yang di gunakan untuk membangun sistem penyediaan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat Papua. Lewat kepeduliannya ini membawa Vinri meraih apresiasi Satu Indonesia Awards 2021.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua makhluk hidup sangat membutuhkan air bersih untuk menjalani kehidupannya sehari-hari salah satunya adalah manusia. Manusia begitu membutuhkan air bersih dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Seperti kita ketahui pengertian air bersih merupakan air yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat-syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Namun, tidak semua masyarakat dapat menikmati air bersih, terutama di dearah-daerah terpencil atau tertinggal.

Banyak masayarakat yang tinggal di pelosok atau daerah tertinggal kesulitan mendapatkan air bersih. Terkadang mereka menggunakan air seadanya saja atau terkadang menggunakan air yang tidak bersih. Air yang kurang bersih jika digunakan pada kehidupan sehari-hari akan memberikan dampak yang kurang baik, khususnya bagi kesehatan tubuh kita. Dikutip dari situs WHO International pada Selasa, 9 Juli 2019, air yang tidak bersih dapat menyebabkan penularan penyakit seperti kolera, diare, disentri, hepatitis A, tipus, dan polio ketika masuk ke tubuh.

Pentingnya air bersih dan sanitasi yang layak bagi masyarakat membuat perempuan asal Makale membuat program Pamsimas. Program ini dibuat berawal dari Vinri Panggoa yang mempunyai kepedulian kepada masyarakat Papua. Ia melihat daerah papua yang memiliki kondisi, situasi, dan kebutuhan mendesak masyarakat akan air bersih. Vinri berfokus pada lima desa yang ada di Papua, yaitu Desa Ayapo, Desa Puai, Desa Asei Besar, Desa Asei Kecil dan Desa Ninggali. Sejauh ini, program baru berjalan di Desa Asei Besar dan Asei Kecil. Rerata, minimal ada 50 keluarga yang menerima manfaat dari program Pamsimas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program Pamsimas itu apa ya? Pamsimas  adalah program penyediaan air minum berbasis masyarakat yang di gunakan untuk membangun sistem penyediaan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat Papua. Program ini digagas oleh Vinri Panggoa, lulusan Teknik Sipil. Program ini dijalankan dengan bantuan dari masyarakat setempat. Sanitasi dibuat dengan menggunakan pipa yang dialirkan ke bak penampung untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat. Pamsimas sendiri berdiri sejak 2012, namun program sanitasi baru berjalan dari Desember 2018.

Mengutip dari cerita Vinri sebagai penggagas air bersi di tanah Papua, bahwa program Pamsimas ini dapat dijalankan untuk masyarakat umum di beberapa desa di Papua. Pamsimas

dijalankan setiap hari, dan Vinri melakukan kunjungan setiap 2 minggu sekali. Manfaat berupa air bersih dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat. Penggunaan air sungai sebagai air utama untuk minum dan kebutuhan memasak sudah berkurang. Dalam menjalankan program tersebut, tranportasi masih menjadi kendala utama. Jarak antar desa masih sangat jauh dan susah untuk diakses. Tidak ada jalur darat, Vinri hanya bisa menggunakan transportasi perahu untuk bisa menyeberangi danau dan sungai. Waktu yang dibutuhkan untuk meneyeberangi danau dan sungai mencapai maksimal 2 jam perjalanan. Namun, hal tersebut bukanlah halangan untuk Vinri dalam langkahnya menebar kebermanfaatan. Vinri pun berharap kedepanya program Pamsimas bisa terus berjalan dan berkelanjutan. Kebutuhan air minum dan air bersih untuk masyarakat bisa tercukupi dan terpenuhi. Perempuan kelahiran Makale, 25 Januari 1988 ini juga berkomitmen penuh untuk terus menjalankan program. Regenerasi belum disiapkan. Vinri masih menjalankan program ini seorang diri, dibantu secara penuh oleh masyarakat sekitar.

Berkat Pamsimas, membawa Vinri meraih Apresiasi Satu Indonesia Awards tahun 2021 atas usahanya memberikan dampak positif di kalangan masyarakat Papua terkait air bersih. Sebenarnya apa itu Apresiasi Satu Indonesia Awards? Apresiasi Satu Indonesia Awards adalah Apresiasi Astra bagi Anak Bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan melalui bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi, serta satu kategori kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Untuk pembaca setia Indonesina yang memiliki awerness dan memberikan dampak positif serta kebermanfaatan pada masyarakat sekitarnya di kelima bidang tersebut mari segera mendaftar sebagai calon penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards 2023. Mungkin kamu adalah penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards 2023 selanjutnya. Buruan, ya. Jangan sampai tertinggal untuk mendaftar, ya!

Ikuti tulisan menarik Dessya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

12 jam lalu

Terpopuler