x

Mebel, salah satu jenis jasa yang dibangun oleh Sudiarto/DOC: TEMPO

Iklan

Advist Khoirunikmah

advistkhoirunikmah
Bergabung Sejak: 9 Maret 2022

Rabu, 30 Agustus 2023 16:15 WIB

Sudiarto Cetak Kader Pemberdayaan Pemuda Desa di Lombok

Pengangguran adalah salah satu permasalahan terbesar yang ada di Indonesia. Banyak pihak perlu bekerja sama mengatasinya. Sudiarto, pemuda asal Lombok, mempunyai semangat juang tinggi membasmi pengangguran di sekitarnya. Atas kegigihannya, ia pun menjadi salah satu penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2021.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Atasi Pengangguran  di Lombok, Sudiarto Ciptakan Kader Pemberdayaan Pemuda di Desa

Mencari pekerjaan ibarat mencari titik terang dalam goa yang sangat gelap. Ini sangat sulit dan membutuhkan banyak perjuangan. Agar tidak semakin banyak pemuda menjadi pengangguran, Sudiarto,  pemuda asal di Molek, desa Montong Baan Selatan, Lombok, Nusa Tenggara Timur memiliki kepepeduli tinggi mengatasi hal ini. Ia ingin para pemuda memiliki keterampilan juga pekerjaan untuk menghidupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pada 2011, Sudiarto bertekad mengumpulkan modal sebesar Rp.50 juta memulai membangun usaha pembuatan mebel dan laundy. Ia juga berusaha memiliki kios.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karena produk ia hasilkan berkualitas dan berbeda dibanding lainnya, para penduduk desa Molek berbodong-bondong mengikuti pelatihan yang digelar Sudiarto. Pada 2017 sekitar 40 orang dari pelatihan ini berhasil mendirikan usaha pribadi. "Mereka juga mulai menjual jasa dan keterampilan," kata Sudiarto.

Harapan Sudiarto sejak awal mambangun pelatihan Pemberdayaan Pemuda di Desa, hanya satu. Ingin membantu masyarakat sekitar agar mempunyai pekerjaan.

Atas aksi yang baik itulah, Sudiarto layak menjadi salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2023. Sebuah langkah luar biasa untuk menjadikan Indonesisa menjadi lebih maju.

Mari bergabung menjadi bagian dari SATU Indonesia Awards 2023 dengan cara mengunjungi tautan link https://www.satu-indonesia.com

 

Ikuti tulisan menarik Advist Khoirunikmah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu