x

Iklan

andini putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2023

Rabu, 4 Oktober 2023 06:43 WIB

Mengenal Akuntansi bagi Pemula

Pada proses ini seorang akuntan akan melakukan analisis perbandingan, menganalisis kinerja perusahaan, dan memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengenal Akuntansi Bagi Pemula

1. Pengertian akuntansi
Akuntansi secara singkat dapat diartikan dengan suatu proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu entitas. Kegiatan ini bertujuan untuk menyajikan informasi atau data yang relevan kepada pihak- pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan serta sebagai bahan evaluasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Proses-proses dalam akuntansi
1) Pencatatan
Pencatatan merupakan suatu proses yang sangat penting dalam akuntansi. Mengapa penting? karena pencatatan merupakan kegiatan dokumentasi atau mencatat setiap transaksi yang ada baik masuk maupun keluar pada satu periode tertentu.

Pencatatan sering disebut juga sebagai pembukuan karena proses ini meliputi pencatatan seluruh transaksi yang ada dan akan dicatat ke dalam buku atau jurnal khusus.

2) Penggolongan dan peringkasan
Biasanya dalam proses pencatatan, data yang disajikan masih mentah. Karena itu, dalam akuntansi harus ada proses penggolongan dan peringkasan.

Pada proses penggolongan dan perigkasan ini, seluruh transaksi yang sudah dicatat sebelumnya harus digolongkan pada kategori-kategori tertentu dan diringkas. Proses ini bertujuan agar saat pembuatan laporan akan lebih mudah ketika sudah digolongkan.

3) Pelaporan
Proses pelaporan ini merupakan suatu kegiatan membuat laporan dari data yang sudah dicatat dan digolongkan sebelumnya.

Dalam akuntansi, jenis laporan akuntansi yang utama adalah laporan keuangan. Laporan keuangan ini dapat berupa neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan jurnal pembalik.
Laporan keuangan ini berisi data-data seluruh transaksi pada satu periode tertentu dan laporan keuangan diserahkan tiap bulan, tiap kuartal bulan, atau tahunan.

4) Menganalisis
Setelah seluruh proses sudah dilakukan mulai dari pencatatan atau pembukuan, penggolongan dan peringkasan,serta menyusun laporan, adapun proses terakhir yaitu menganalisis.

Pada proses ini seorang akuntan akan melakukan analisis perbandingan, menganalisis kinerja perusahaan, dan memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen dan pengambil keputusan yang strategis bagi perusahaan. Dari keempat proses akuntansi di atas dapat disimpulkan bahwa mempelajari dan memahami akuntansi itu sangat penting dan sangat berguna bagi kehidupan sehari- hari. Mengapa begitu? Karena dengan adanya ilmu akuntansi dan data-data yang disajikan dapat menganalisis seluruh perkembangan dan kemajuan perusahaan.

 

Andini Putri Erianti Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik andini putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler